Skip to main content

5 Hal Penting Seputar Sunglasses


Kacamata hitam atau sunglases merupakanaksesories yang  dipakai untuk melindungimata kita dari pancaran sinar matahari. Kacamata ini biasa dipakai ketika haji dan umroh atau ketika kita sedang pergi ke pantai. Selain untuk itu, ada hal penting yang harus kita ketahui sebelum kita ingin membelinya.

1. Harus UV protection
Supaya terhindar dari radiasi UVA dan UVB, sunglasses harus mempunyai lapisan pelindung UV dengan 100% kadar perlindungan. Selalu pastikan ada 100% UV protection pada label yang tertera di sunglases



2. Material lensa
Jenis bahan Lensa Yang biasa dipakai pada sunglasses ada 3 macam, yaitu.
- polycarbonate:  bahan lensa plastic yang sangat ringan dan tipis dari semua jenis lensa.
Walaupun tipis, polycarbonate termasuk dalam jenis lensa yang sangat kuat, oleh karena itu sangat cocok untuk aktivitas  olahraga
- CR-39: lensa jenis ini terbuat dari plastic polimer, dan kekuatannya dibawah lensa polycarbonate akan tetapi  jenis lensa ini mempunyai daya tahan terhadap bahan-bahan kimia dan memiliki lapisan anti gores.
- kaca: jenis lensa ini mempunyai daya tahan gores yang paling baik, tanpa harus diberi lapisan tambahan anti gores namun lensa ini mudah pecah dan sangat berat sat kita pakai.


3. Warna lensa
saat terkena sinar matahari  warna lensa pada sunglases berguna untuk menyerap cahaya dan membantu kita agar cahaya matahari tidak terlalu silau.
Beberapa warna yang jadi pilihan saat membeli sunglasses:
- Abu-abu dan hijau: dapat mengurangi pencahayaan dengan tidak merubah warna asli sehingga sangat nyaman dipakai untuk aktifitas seperti menyetir kendaraan.
- Cokelat: dapat mengurangi silaunya cahaya matahari yang disebabkan dari frekuensi sinar dari matahari dan bisa meningkatkan ketajaman  terhadap warna biru dan hijau seperti langit dan rumput. Sangat cocok untuk aktifitas diluar ruangan seperti bersepeda dan memancing.
- Kuning: meningkatkan ketajaman visual saat kondisi rendah cahaya dan saat berkabut sehingga objek yang kita lihat akan tampak lebih jelas baik ini diluar ruangan atau di dalam ruangan. Namun lensa dengan warna kuning  cenderung akan mengakibatkan perubahan pada warna aslinya.
- Rose/merah: dapat digunakan untuk memblokir pantulan dari cahaya warna biru pada sinar matahari, dapat meningkatkan ketajaman visual akan tetapi masih tetap nyaman untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama dibandingkan denga warna lensa yang lain, warna ini biasanya dipakai saat kita didepan computer untuk mengurangi kelelahan mata.

4. Polarized
Lensa dengan polarisasi berguna untuk mengurangi silau akibat pantulan dari cahaya matahari dari objek seperti jalan, air dan permukaan yang datar lainnya.
Selain itu juga dapat dikenakan di dalam rungan bagi kita yang sensitif terhadap cahaya,
Termasuk juga pada pasien bedah katarak.

5. Komposisi Frame
Bahan dasar frame biasanya terbuat dari titanium, plastic, alumunium, dan bahan dasar lainnya. Nah sebelum membeli, sangat dianjurkan untuk mencoba bermacam-macam frame agar kita dapat mengukur berat sunglases yang akan kita pakai.