Skip to main content

Cara mengganti pot yang lama dengan yang baru

Semoga pengalaman ini bisa bermanfaat buat rekan-rekan semua yang pot tanamannya sudah penuh oleh akar dan sah tidak mampu lagi berkembang karena semua nutrisi media yang ada di pot semua sudah diserap oleh tanaman, pengalaman pada tanaman jambu madu saya yang saya tanam di planterbag, akarnya selalu tembus  ke tanah, lalu saya antisipasi dengan menambahkan batu bata akan tetapi karena kondisinya yang selalu lembab akarnya pun juga merambat disela-sela batu bata.

tokopedia

Mungkin sudah penuh akar dalam planterbag/pot tersebut, jadi mau tidak mau harus kita ganti dengan media yang baru atau di ganti dengan pot yang baru, jika pot yang kita pakai masih bagus maka yang di perlukan hanya mengganti media saja dengan media baru yang masih banyak nutrisi.
Akan tetapi jika pot atau planterbagnya sudah usah jebol dan tidak bisa di gunakan lagi ya mau tidak mau harus di ganti dengan yang baru lagi.

Usahakan dalam mengganti pot jangan sampai ada akar yang rusak, kalo toh harus memotong  akar maka usahakan jangan mengakas akar terlalu banyak karena akan membuat tanaman layu dalam beberapa hari.

Oke  kita langsung saja prosesnya jika pot ukurannya besar maka basahi media dalam pot sampai benar2 basah dan gulingkan saja untuk membuka planterbagnya, lakukan pelepasan tanaman dari palnterbagnya secara perlahan jangan sampai ada akar yang rusak, itulah kenapa saya membasahi dulu medianya karana jika medianya masih kering akan banyak akar yang rusak dan planterbag akan susah dilepas, tapi kalo kondisi planterbagnya memang sudah rusak dan mau diganti ya dirusak saja sekalian tidak perlu menggunakan metode membasahi media,

Saya membasahi media karena planterbag yang saya pakai selama 2 tahun kondisinya masih bagus dan masih baik untuk digunakan lagi.

Oke jika planterbag sudah lepas maka langkah selanjutnya adalah dengan mengurangi beberapa media yang menempel pada akar, caranya dengan menyiram air pakai selang, bersihkan media tidak usah terlalu bersih, yang penting sebagian media berkurang karena kita akan menggantinya dengan yang baru lagi.

Untuk media yang baru, gunakan saja campuran seperti awal yaitu tanah kemudian dicampur dengan kompos kotoran kambing yang sudah matang lalu tambahan sekam.

Ingat ya kondisi kompos harus sudah difermentasi sebelumnya jika menggunakan kotoran kambing yang baru diambil dari kandang maka akan menyebabkan media menjadi panas dan membuat akar tidak bisa berkembang dan tanaman akan menjadi layu.  Hal ini sering terjadi karena ke pengen buru2  mengganti pot padahal medianya belum siap dan yang terjadi adalah sampai 3 hari kondisi pohon masih layu, akhirnya kami  bongkar kembali untuk mengganti medianya, jadi kerja dua kali deh..