Skip to main content

Cara stek batang tanaman jambu air madu anti gagal

Jika kalian pernah praktek stek batang jambu madu delli dan belum pernah berhasil maka bisa coba tips berikut ini. Biasanya sih kegagalan itu dikarenakan media yang digunakan kurang bagus atau medianya tidak netral alias didalamnya banyak mengadung bakteri dan jamur yang menyebabkan batang yang kita stek akhirnya membusuk dan tidak keluar akar sama sekali.

Terkadang saya melihat rekan2 itu malah mengunakan  air panas guna menghilangkan jamur dan bakteri. Seriusan ini ada sebagian teman merebus media tanah agar bakteri dan jamurnya mati. Dan setelah di praktekkan dan taraaaa berhasil juga keluar akar pada stek jambunya.

*sumber : youtube.com

Tapi ya tidak usah pakai direbus2 segalah tu media tanah..coba bayangin jika kita mau produksi banyak stekan kan banyak tanah yang harus direbus dan dipanaskan. Padahal kita bisa menghilangkan bakteri pada media dengan membeli bakterisida ditoko pertanian dan untuk menghilangkan jamur kita bisa membeli pembasmi jamur atau fungisida juga di toko pertanian jadi ngapai  susah ngerebus tanah. Wkwkkw


Tapi saya salut dengan usahanya. Jika kalian tidak ingin menggunakan kedua obat pertanian  tersebut maka carilah tanah dibawah dengan cara menggali sedalam 75 cm. Tanah disekitar kedalaman itu biasanya jarang terdapat bakteri pembusuk dan jamur walaupun ada tapi jumlahnya sedikit. Saya terkadang menggunakan ini untuk media stek jambu madu.

Media yang kedua kita bisa menggunakan pasir yang ada disungai buka pasir kasar untuk bahan bangunan ya. Tapi penampakan pasirnya lembut kami di ponorogo biasanya menyebutkan dengan pasir wallet atau tanah walet.

Pasir ini juga bisa kita gunakan untuk media stek tanaman jambu mdh. Kemudian yang selajutnya adalah cara sungkupnya. Usahakan ketika kita menyungkupnya usahakan sampai tertutup rapat jangan sampai ada udara masuk yang mempengaruhi kelembapan didalamnya. Jika terjadi kebocoran udara maka ini akan mempengaruhi keberhasilan dalam stek tanaman jambu mdh.

Nah tips yang berikutnya adalah kegagalan saat pindah ke media yang lebih besar. Biasanya ini terjadi karena kita terlalu terburu2 ingin lebih cepat memindahkannya ke media yang lebih besar dan membuka sungkupnya. Padahal tanaman belum siap dengan kondisi udara luar. Jadi kalo bisa gunakan waktu 2 bulan untuk memindahkan hasil stek ke media yang lebih besar. Tempatkan selama sebulan ditempat yg teduh sampai akarnya kuat dan siap untuk di tempatkan langsung agar terkena sinar matahari.