Skip to main content

Cara untuk pembekuan sayuran agar bisa disimpan lebih lama

Caranya adalah dengan menjaga sayuran tetap beku, pembekuan dilakukan agar kualitasnya tidak menurun karena pengeringan atau oksidasi. Dalam freezer, kesegaran dipertahankan dengan menghentikan aktivitas mikroorganisme yang mendegradasi sayuran dan membuatnya busuk, dan tergantung pada jenis sayuran, nilai gizinya lebih tinggi daripada pada suhu normal. Ada banyak manfaat lain, seperti bisa menggunakan semua sayuran yang sudah kita beli terlalu banyak jika kita menyimpannya dalam keadaan beku.


Penyimpanan beku sayuran berdaun

Sayuran daun keras direbus sedikit lalu dibekukan. Potong menjadi ukuran kecil dan bungkus. Tempatkan dalam  freezer dan bekukan dengan kedap udara. Saat menggunakannya, lebih baik langsung direbus.


Penyimpanan jamur beku

Untuk jamur yang tidak menyukai kelembapan, potong akar tanpa mencuci dan potong ke ukuran yang mudah dimakan, kemudian masukkan ke dalam kantong freezer dan masukkan ke dalam freezer.
Jamur lebih lezat jika dibekukan dan kemudian dipanaskan. Asam guanylic yang terkandung dalam jamur meningkat  ketika disimpan beku dan meningkatkan rasa jamur. Untuk jamur jika kita berencana untuk menggunakannya segera, kami sarankan  terlebih dahulu menyimpannya dalam freezer.

Penyimpanan beku tomat dan tomat ceri

Tomat dan tomat ceri dibekukan dalam kemasan freezer penuh tanpa dipotong. Jika dibekukan selama 10 hingga 20 menit, ia akan terkelupas secara alami dan mudah dikupas, sehingga berguna untuk membuat sup dan hidangan yang direbus. Saat memasak, air yang meleleh dari tomat mengandung banyak bahan umami, jadi jangan dibuang.

Penyimpanan bumbu

Berbagai bumbu seperti jahe, bawang putih, bawang merah dan peterseli dapat disimpan dalam keadaan beku. Bumbu-bumbu ini harus dicincang dan ditempatkan dalam wadah  lalu masukkan freezer.

Sayuran beku harus digunakan sesegera mungkin, kisaran waktu 2 minggu hingga 1 bulan. Tidak perlu khawatir tentang sayuran yang membusuk saat disimpan dalam waktu lama, tetapi setelah sekitar dua bulan, permukaan sayuran bisa mengering dan menjadi garing. Jika kita menuliskan tanggal dan waktu pada wadah yang berisi sayuran beku, akan lebih mudah untuk mengetahui kapan harus dimasak.