Bolehkah kelinci dimandikan ?



Bolehkah kelinci di mandikan ? 


Kelinci, seperti marmut, musang dan kucing, tidak perlu mandi. Kulit mereka sudah kering dan dengan memandikannya secara teratur akan membuat kulit mereka semakin kering, yang akan sangat tidak nyaman bagi mereka.

Kelinci pada dasarnya adalah hewan yang bersih. Mereka sering merawat diri mereka sendiri. kelinci yang dipelihara didalam kandang  biasanya tidak perlu sering dimandikan.

sumber gambar youtube Fanny Lawrence

akan tetapi terkadang para pemilik kelinci, sangat tidak suka dengan bau kelinci yang apek dan bau kotorannya yang menempel di badan kelinci, sehingga mereka ingin memandikan kelinci.


Nah pertanyaanya adalah bolehkan kelinci dimandikan dengan mengunakan shampo atau sabun lainnya ?


boleh saja, tetapi hanya jika itu benar-benar diperlukan.
kelinci biasanya sudah bisa mandi sendiri, Mereka sering menjilat bulu mereka seperti kucing.

Jadi kita tidak perlu sering memandikan kelinci. Selain itu, kelinci memiliki bulu yang sangat halus dan lebat dan akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengering sendiri.

Jadi, setiap kali kelinci dimandikan , ia harus dikeringkan sesegera mungkin. akan tetapi kelinci juga sangat sensitif terhadap suhu yang pansa, dengan mengeringkan bulu kelinci mengunakan hairdriyer akan membuat kelinci merasa tidak nyaman dan mudah mengalami stress.

Tetapi jika ada saatnya kelinci sudah sangat kotor dan bau maka memandikannya sangat diperlukan, tetapi kita harus ekstra hati-hati.

Mintalah bantuan orang lain untuk memandikan kelinci 


Sebagian besar kelinci tidak mau mandi. maka kita akan membutuhkan seseorang untuk membantu Anda memastikan kelinci Anda tetap aman seandainya ia panik atau bereaksi keras atau berontak. satu orang harus memegang kelinci agar tidak berontak, saat kita memandikannya, dan gunakan saja air biasa jangan air hangat atau air yang dingin.

jangan merendam seluruh kelinci dalam air. tinggi air yang disarankan harus lebih rendah dari perutnya. Biarkan kelinci berdiri dengan kaki belakang saat Anda menopang tubuh bagian atasnya dari depan. Tunggu sampai kelinci nyaman dengan air. Kemudian kita bisa menggunakan gayung untuk membasahi tubuhnya.

Membilas bulu kelinci dengan bersih


Ingatlah untuk membilas bulu kelinci dengan bersih. Penting untuk membilas semua sampo dari bulu kelinci Anda karena ia mungkin menelan bahan kimia sampo ketika ia menjilati bulunya. Jangan pernah gunakan sampo yang dikhususkan untuk manusia.


Bahkan sampo bayi dapat membahayakan kulit kelinci. Gunakan hanya sampo berkualitas yang diformulasikan khusus untuk kelinci atau kucing.banyak sekali di toko hewan atau petshop.



Memotong kuku kelinci hias


dan jangan lupa untuk memotong kuku kelinci hias anda supaya tidak meluakai siapapun yang mengendongnya, usahakan untuk memotong kuku kelinci peliharaan kalian seminggu sekali saja.


Dalam mengeringkan bulu kelinci, menggunakan handuk jauh lebih bagus daripada pengering rambut. Pengering bisa berbahaya jika tidak digunakan dengan benar dan bisa membakar kelinci atau membuatnya stres dan membuatnya shock. Jika Anda perlu menggunakan pengering rambut, pastikan untuk hanya menggunakan pengaturan dasar - hanya hangat dan tidak panas.


Menjaga kandang kelinci tetap bersih juga penting


Kebersihan yang baik tidak hanya tentang memandikannya atau menyisir bulunya. Menjaga kandang yang bersih juga merupakan bagian dari itu. Bersihkan kotak kotoran secara teratur karena urin kelinci biasanya memiliki bau yang sangat menyengat.


Mandikan kelinci hanya ketika benar-benar diperlukan untuk memastikan hewan peliharaan kita bersih, aman dan sehat
LihatTutupKomentar