Widget HTML Atas

cara mengobati kelinci mencret dengan bahan-bahan alami

penyakit kembung dan juga mencret atau diare saat ini menjadi penyakit yang menyerang kelinci paling umum bagi para peternak kelinci pemula. ke dua penyakit tersebut walaupun bukan termasuk penyakit yang berat namun menjadi salah satu penyakit yang banyak menyerang peternak kelinci. Permasalahan ini yang sering ditemukan yang menyebabkan kematian pada kelinci. Mari kita belajar bagaimana cara mengatasi kembung dan mencret apa saja penyebab bagaimana cara kita mengobatinya.

kelinci yang mencret atau yang terkena diare pastinya kita sebagai pemilih Kelinci akan merasa galau dan terus-terusan memikirkan Nya bagaimana cara mengobati kelinci mencret pada kelinci kesayangan kita. kelinci diare atau mencret penyebabnya cuma ada 3 karena kurang serat, karena bakteri dan karena stress. 


ciri-ciri kelinci mencret serta bagaimana cara mengobatinya berikut ini akan kami jelaskan di bawah  biar kalian semakin paham tentang bagaimana cara mengobati kelinci mencret.

kelinci yang terserang diare atau mencret memiliki beberapa ciri seperti berikut ini yang pertama gereja akan berkurang nafsu makannya.


  • Kelinci mengalami turun berat badan secara drastis.
  • Mata kelinci akan terlihat seperti tidak bersemangat.
  • terakhir kotorannya akan seperti cairan lembek tidak seperti biasanya yang bulat-bulat dan jatuh ke lantai.
  • Kotoran yang sangat bau sekali.

kembung dan mencret yang menyerang kelinci itu merupakan dua penyakit yang berbeda mereka tidak ada hubungannya satu antara yang lain, kembung memiliki penyebab sendiri sedangkan mencret juga memiliki penyebab sendiri.

kembung dan mencret tidak ada sangkut-pautnya mereka merupakan penyakit yang berbeda tidak ada hubungan. 

kembung paling banyak menyerang kelinci yang berumur dibawah 3 bulan karena memang daya pencernaan pada tubuh kelinci pada umur segitu belumlah sempurna setelah makan yang sembarangan ditambah nafsu makan kelinci yang sangat rakus membuat kelinci menjadi kembung. Biasanya kelinci yang paling banyak makan cepat mati duluan.

yang perlu diingat adalah konsumsi sayur yang banyak mengandung gas yang dapat menyebabkan kelinci menjadi kembung. jadi yang perlu diperhatikan adalah kita harus membuang gas yang terkandung dalam kandungan sayuran tersebut agar ketika dikonsumsi oleh kelinci tidak menimbulkan kelinci kembung karena sistem pencernaan kelinci itu berbeda dengan hewan pemakan rumput lainnya.

penjelasan tentang cara mengobati kelinci kembung kalian bisa membaca dia artikel postingan berikut ini. Cara mengobati kelinci kembung yang paling ampuh

Baca Juga : Cara mengatasi kelinci stress
kembung bukan merupakan penyakit yang menular yang menyerang Kelinci akan tetapi jika pola makan yang sama dalam satu kandang bisa jadi satu kandang akan mengalami kelinci kembung dan kematian serentak pada ternak kelinci.

sedangkan untuk mencret-mencret yang disebabkan oleh bakteri bisa saja bakteri yang dikeluarkan oleh kotoran kelinci kemudian dimakan oleh kelinci yang masih sehat, maka bakteri ini akan menular di peternakan kelinci yang membuatnya menjadi terserang diare atau mencret maka dari itu kalian harus memisahkan kelinci yang terserang diare atau mencret di kandang lainnya, jangan sampai kotoran kelinci yang terserang mencret ini menjangkiti kelinci yang masih sehat.

ada sebagian peternak kelinci yang menyarankan untuk memijat bagian perut kelinci yang terserang kembung supaya udara yang ada di perut kelinci itu bisa keluar tapi yang pasti pencernaan kelinci itu berbeda dengan pencernaan lainnya pencernaan kelinci itu bersifat mengunci dan memutar jadi percuma saja jika kita melakukan pengurutan pada perutnya udara juga tidak akan bisa keluar.

berikan pakan alami pada kelinci berupa rumput hijauan kering jika diare yang dialami kelinci disebabkan karena kelinci kekurangan serat. Kita bisa menambahkan hijauan yang sudah dikeringkan untuk diberikan kepada kelinci jika kelinci sudah mau makan dan kotorannya kembali normal berikan pakan pelet seperti biasanya.

bahan-bahan alami juga bisa digunakan untuk mengobati kelinci yang diare dan ini hanya bisa digunakan ketika kelinci diare dikarenakan terserang oleh bakteri karena ada sebagian bahan alami atau herbal seperti temulawak, bawang putih, dan jahe bisa digunakan untuk mengobati kelinci mencret yang disebabkan oleh bakteri, pada tanaman tersebut terkandung antibakteri yang bisa membunuh bakteri penyebab kelinci mencret. jika kalian tidak ingin ribet kalian bisa membeli biobig jamu herbal yang sudah dibuat dan tinggal memberikan saja ke kelinci kesayangan kalian.

penyebab kelinci mencret karena bakteri juga bisa diberikan obat kimia salah satunya adalah antibiotik untuk membunuh bakteri namun apabila kelinci sudah sangat lemas dan nafsu makannya berkurang kalian bisa mencampur antara antibiotik dengan vitamin b12. Kedua obat ini bisa kalian dapatkan di toko obat hewan.


kalian juga bisa menggunakan obat-obatan yang bisa digunakan untuk manusia contohnya seperti tolak angin madu dan obat-obatan herbal lainnya tapi harus diingat obat tersebut hanya menyembuhkan diare yang disebabkan oleh bakteri. 

untuk kasus lain seperti diaredisebabkan oleh stres dan juga kadar serat maka kalian harus mencari penyebab stres jika karena serat maka tidak usah diberi obat apapun kita hanya memberikan pakan dengan kadar serat yang cukup.

nah demikian artikel ini semoga artikel ini dapat memberi informasi yang bermanfaat bagi kalian bagaimana cara merawat kelinci yang menderita mencret dan kembung apabila pada kelinci kalian ditemukan ciri-ciri seperti yang telah disebutkan diatas semoga kotorannya bisa normal kembali dan kelinci anda menjadi sembuh dan sehat kembali.


Baca Juga : Abon kelinci yang enak