Widget HTML Atas

Cara merawat ayam yang sedang sakit dengan menggunakan antibiotik

jika ayam yang kalian pelihara dengan metode sederhana di belakang halaman rumah dan kemudian di temukan ayam yang sakit maka yang bisa kita lakukan adalah mengidentifikasi penyakitnya dan tidak mungkin juga untuk memanggil dokter hewan.

jadi kita harus bisa merawat ayam yang sedang sakit dengan keilmuan yang kita miliki tanpa bantuan dokter hewan sekalipun.


ayam biasanya akan memberikan isyarat jika mereka dalam kondisi yang sedang sakit karena cuaca atau suhu temperatur yang tidak sesuai dengan biasanya, indikasi umum ayam yang sedang sakit adalah suka bersembunyi tidak aktif dalam bergerak, bulunya mulai pucat dan kotorannya tidak seperti biasanya, badan mulai lesu dan kurang nafsu makan serta produksi telur nya akan berkurang semua indikasi ini harus kita lakukan dengan pengamatan yang lebih teliti.

yang pertama jika kalian menemukan ayam yang sedang sakit adalah segera lakukan isolasi pisahkan ayam yang sedang sakit dengan ayam lainnya.

Dengan begitu kita akan bisa melihat dan mengamati dengan cermat dengan cara memisahkan dari ayam lain maka ayam yang sedang sakit tidak akan mengganggu atau dipatuk oleh ayam lainnya dan langkah ini juga cara untuk mencegah agar penyakit yang tidak menular.

langkah berikutnya adalah menjaga ayam jangan sampai dia kekurangan air walaupun ayam tidak mau minum air, kita bisa memberikannya dengan sendok atau suntikan yang berisi air, air ini gunanya adalah untuk menjaga metabolisme ayam jangan sampai suhu ayam berubah-ubah sehingga dia tidak bisa mencerna makanan, air juga berfungsi untuk menghilangkan racun dalam tubuh jika ayam tidak mendapat air yang cukup dia tidak akan bisa sembuh melawan penyakit.

jangan lupa untuk menambahkan suplemen vitamin atau elektrolit ke dalam air minum yang kita berikan kepada ayam selama satu atau dua hari untuk membantu ayam agar tetap memiliki cairan, kalian bisa menggunakan pocari sweat.

Jika ayam tidak memiliki nafsu makan karena sakit maka kalian bisa memberinya makan dengan menggunakan sendok atau jarum suntik yang dibuang jarumnya, pakan yang digunakan yang lembut ditambah dengan air bentuknya harus seperti bubur agar ayam mudah untuk menelan.

jangan memberikan pengobatan herbal seperti bawang putih, jahe, kunyit, kencur dan bahan herbal lainnya lebih baik kita menunggu ayam sehat terlebih dahulu baru kemudian kita memberikan bahan-bahan herbal tersebut untuk membantu sistem kekebalan tubuh mereka jangan memberikan obat-obatan herbal yg seperti yang saya sebutkan diatas tadi saat kondisi ayam sedang sakit.

antibiotik bisa diberikan kepada ayam banyak penyakit yang bisa disembuhkan dengan antibiotik yaitu penyakit penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus.

Berikut ini beberapa cara untuk mendeteksi ayam yang sedang sakit


  1. Berapa umur ayam tersebut
  2. Apakah ayam tersebut lebih kurus dari biasanya
  3. Adakah penambahan makanan baru ke dalam pakan ayam
  4. Adakah cedera atau memar atau penyakit lainnya pada badan ayam
  5. Apakah ayam makan dan minum secara normal.
  6. Apakah ayam memakan sesuatu yang beracun
  7. Apakah kotoran nya sama seperti biasanya atau berubah
  8. Apakah ada cacing di kotoran nya
  9. Apakah matanya berair atau berbuih
  10. Apakah hidung dan mulutnya mengeluarkan lendir.

setelah kalian mengetahui penyakit yang menimpa pada ayam kalian bisa melakukan perawatan atau pengobatan dengan antibiotik sesuai dengan penyakit yang menyerang ayam.

saya biasanya menggunakan medoxy la dengan tambahan vitamin b12 masing-masing sebanyak 1 cc