Widget HTML Atas

Bolehkah kelinci makan nasi dan semua yang perlu Anda ketahui tentangnya

Jika kalian memiliki hewan peliharaan terutama itu kelinci pasti yang kalian alami adalah ingin mengetahui lebih dalam apa yang bisa dimakan oleh hewan peliharaan kalian kemudian terpikirkan bagaimana dengan memberikan nasi pada kelinci ?apakah nasi itu aman dan sehat untuk dimakan oleh kelinci?beberapa waktu yang lalu saya melakukan sedikit pencarian tentang bagaimana nasi untuk kelinci dan hari ini saya akan membagikan kepada teman-teman di sini apakah kelinci bisa makan nasi.


Jadi jika ada pertanyaan kalian tentang bolehkah kelinci makan nasi jawabannya adalah tidak, kelinci tidak boleh diberi makan nasi walaupun itu yang sudah dimasak atau yang masih berwujud beras.

Akan tetapi jika bekatul atau kulit dari padi boleh diberikan kepada kelinci.

Alasan kenapa nasi tidak boleh diberikan kepada kelinci adalah karena kandungan patinya yang sangat tinggi dan menyebabkan gangguan pencernaan kelinci serta kurangnya kadar serat pada kandungan nasi

Pada nasi juga tidak ada nilai gizi yang ada adalah karbohidrat dan yang terlalu tinggi.


Alasan mengapa nasi sangat buruk bagi pencernaan kelinci.


Meskipun nasi adalah makanan pokok di banyak negara baik itu di Asia, timur tengah dan negara-negara Eropa akan tetapi nasi sangat berbahaya bagi kelinci dan akan lebih baik kita menghindari nasi untuk kita berikan kepada kelinci.

Nasi putih tanpa nutrisi dan tidak ada vitamin yang dibutuhkan untuk kelinci berkembang, nasi putih juga tidak mengandung serat, kelinci hidup tanpa serat maka pencernaannya akan merana.

Jika kita memberikan nasi kepada kelinci dalam jumlah yang sangat banyak maka akan terjadi loncatan insulin secara tiba-tiba dan akan membuat beban pada organ tubuh pada kelinci karena organ mereka tidak dirancang untuk makanan seperti itu.

Jangka panjang pemberian nasi pada kelinci adalah dia akan menderita gangguan pencernaan berupa gastrointestial.

Bolehkah kelinci makan beras


sebenarnya masih sama kelinci tidak boleh memakan nasi maka dia juga tidak boleh memakan beras karena memang biji-bijian ini tidak cocok untuk pencernaan kelinci.

Beras yang dimakan kelinci akan menyerap air yang sangat besar di pencernaannya bahkan tiga kali lipat dari berat dan volume beras, jika kelinci yang mengkonsumsi beras maka beras yang ada di pencernaan kelinci jika bertemu dengan air yang kelinci minum maka dia akan mengembang dengan cepat di pencernaan kelinci dan tentu ini akan sangat berbahaya bagi pencernaannya.

Walaupun beras itu sangat tidak sehat dan tidak direkomendasikan untuk kelinci tapi beras juga tidak beracun untuk kelinci akan tetapi jika terlalu banyak memberikannya akan berdampak pada kesehatan nya.

Beberapa makanan yang berbahaya untuk kelinci selain nasi


Perlu diingat bahwa sesuatu yang sehat bagi manusia itu belum tentu baik untuk hewan, jadi yang sehat untuk manusia jika diberikan kepada hewan akan menjadi racun jadi penting sekali kita belajar tentang kesehatan nutrisi hewan terutama kelinci yang kita pelihara.

makanan yang perlu dihindari oleh kelinci adalah sebagai berikut ini

Roti

Kelinci tidak boleh memakan roti atau produk karbohidrat lainnya, mereka tidak baik untuk kelinci dan alasan karbohidrat itu tidak bisa diserap atau dicerna secara baik oleh pencernaan kelinci. karena pencernaan kelinci itu sudah dirancang dengan makanan-makanan yang banyak mengandung serat.

Daging

Daging itu tidak bagus untuk kelinci karena kelinci itu termasuk herbivora murni dan tidak akan pernah memakan daging.

Kentang

Kentang tidak bagus untuk kelinci apakah itu posisinya sudah direbus digoreng atau kita panggang.

Bawang

Bawang adalah makanan yang sangat beracun bagi sebagian besar hewan peliharaan termasuk untuk kucing dan juga untuk kelinci.

jadi kesimpulannya adalah berhati-hati pada pakan yang kalian berikan kepada kelinci walaupun itu kelihatannya sangat bergizi jika dimakan oleh manusia tetapi itu belum tentu baik untuk pencernaan kelinci,  jadi jika kalian memberi makan kelinci dari limbah dapur atau sisa-sisa makanan dapur yang tidak habis dimakan maka pastikan itu sangat baik untuk dimakan kelinci jangan lupa untuk menambahkan kadar serat pada makanan kelinci agar mereka bisa hidup lebih panjang dan sehat serta memiliki kualitas daging yang bagus.