Widget HTML Atas

Cara merawat kucing anggora dari A sampai Z

Ada banyak sekali jenis anggora di dunia ini salah satu contohnya adalah American anggora, Turkish angora dan Jerman anggora namun yang menjadi spesies asli dari kucing anggora itu adalah Turkish angora atau anggora yang berasal dari Turki.

Menurut yang saya baca dari Wikipedia, Turkish angora itu adalah kucing yang dulunya hidup di hutan sekitaran Afrika kemudian mutasi gen dan terjadilah kucing yang mempunyai bulu yang lebih lebat dan lebih panjang dan halus seperti sutra.dan kenapa bisa dinamai kucing anggora, kucing anggora sendiri merupakan salah satu nama kota yang ada di Turki yaitu Angkara sedangkan untuk Turkish diambil dari nama negara Turki sehingga kucing ini disebut dengan kucing Turkish angora.


Setelah populer di Turki lama-kelamaan kucing ini mulai populer di daratan Eropa dan masuk ke benua Amerika pada tahun 1700. Akan tetapi karena kedatangan kucing yang berbulu lebat dari Persia maka kepopuleran kucing ini mulai redup.

Di Indonesia sendiri banyak orang atau pecinta kucing yang terkadang susah untuk membedakan mana kucing Persia dan kucing anggora karena perbedaan fisik keduanya hampir tidak jauh berbeda. TurkishTurkish angora yang asli berwarna putih bersih,

Beberapa karakteristik dari kucing anggora



Karakteristik pada kucing anggora ini harus kalian hafalkan. karena akan sangat percuma jika kalian mau tahu cara bagaimana merawat kucing akan tetapi tidak mengetahui karakteristik kucing anggora yang kalian pelihara. daripada nantinya kita memelihara dan salah penanganan jadi kita belajar dulu apa dan bagaimana kebiasaan hewan yang berbulu manis ini dan seberapa temperamen kah dia.

Kucing anggora sangat ramah

Kucing anggorakucing anggora ini termasuk kucing yang sangat ramah sekali dan tidak suka ribut jadi jika kita memelihara beberapa jenis kucing maka kita tidak perlu memisahkan dengan jenis kucing kucing yang lainnya. Kucing anggora juga sangat dominan sekali jika dalam satu rumah kalian ada beberapa jenis kucing maka kucing anggora dia akan menjadikan kucing lainnya sebagai bawahannya atau sebagai pengikutnya.

Kucinganggora ini sangat ramah sekali kepada manusia baik yang sudah dikenal maupun yang belum dikenal dan biasanya kucing anggora ini akan menjadi penyambut tamu jika ada tamu yang datang ke rumah.

Kucing anggora sangat haus akan perhatian

Kucing anggora ini sangat manja sekali dan dia akan melakukan tingkat tingkah lucu dan konyol agar selalu mendapat perhatian kita. Kucing anggora tidak seperti kucing yang lainnya dia harus membutuhkan perhatian yang ekstra, jangan membiarkan kucing anggora sendirian dalam rentang waktu yang lama. karena dia pastinya akan merasa bosan dan kemudian menjadi stres sekarang tidak ada teman bermain.

Kucing anggora sangat aktif dan pintar

Kucing ini memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar maka dari itu dia sering bermain dan sangat aktif sekali.

Kucing ini suka bermain pada tempat-tempat yang tinggi suka memanjat tempat-tempat yang lebih tinggi.karena mungkin dalam ketinggian itu dia bebas bisa mengawasi dari segala penjuru apa-apa yang ada di sekitar sekelilingnya bisa jadi itu ada tikus kecil atau hewan-hewan kecil lainnya yang mungkin akan dia buruh sebagai mangsa.


Cara merawat kucing anggora terlengkap

jika kalian memutuskan untuk memelihara kucing anggora apakah ada baiknya kalian harus mengetahui bagaimana cara memelihara kucing anggora yang benar sebab merawat kucing anggora itu berbeda dengan merawat kucing lokal.

Merawat kucing anggora itu gampang-gampang susah sebab kucing ini berbeda dengan kucing lokal yang mana kucing anggora memerlukan perhatian khusus karena ada bulunya jika kita lalai dalam merawatnya kucing anggora ini akan gimbal dan bulunya mulai kusam

Proses perawatan  harus mendapatkan perhatian yang ekstra karena kucing itu termasuk dalam golongan kucing yang sedikit manja.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk merawat kucing anggora agar terlihat tetap cantik dan bulu panjang yang indah menggemaskan.

Persiapan sebelum memelihara kucing anggora

Beberapa peralatannya diantaranya adalah

  1. Sisir bulu
  2. Makanan kucing baik itu yang basah atau yang kering
  3. Kandang
  4. Kotak pasir untuk tempat buang kotoran kucing
  5. Tempat makan dan minum untuk kucing
  6. Shampo khusus kucing
  7. Handuk
  8. Hair dryer
  9. Sikat gigi untuk kucing

Itu tadi beberapa alat yang kita perlukan sebelum kita melihara kucing anggora usahakan peralatan itu ada sebelum kucing yang ingin kita pelihara tiba.

berikutnya adalah kita akan belajar bagaimana cara merawat kucing anggora yang saya ambil dari beberapa sumber di internet

Gaya hidup kita harus sesuai dengan kucing anggora

Seperti pada penjelasan diatas kucing anggora itu termasuk kucing yang sangat aktif dan haus akan kasih sayang dan perhatian kita maka dari itu lihat perhatikan gaya hidup kita apakah kita bisa menyayanginya dan banyak memberikan waktu untuknya ataukah malah sebaliknya kita tidak punya waktu untuk memelihara kucing anggora,

jangan sampai dibiarkan kucing anggora itu kesepian dalam waktu jangka yang lama maka dia akan berubah menjadi kucing peliharaan yang sangat kasar dan tidak menyenangkan.

Oleh karena itu kita sebagai pemelihara nya harus mempertimbangkan bagaimana pola gaya hidup kita apakah cocok dengan kucing anggora atau tidak kalau misalnya kegiatan yang kita lakukan terlalu sibuk dan kita tidak punya waktu untuk merawat kucing anggora atau sekedar bercengkrama dengan nya lebih baik kita pikirkan lagi karena itu kucing anggora tidak cocok untuk kalian pelihara jika kalian terlalu sibuk dengan pekerjaan kalian masing-masing.

Sedang memelihara kucing anggora itu tidak hanya soal makanan dan kebutuhan fisiknya saja akan tetapi juga masalah mentaldan juga mengingat jenis kucing anggora ini sangat haus akan kasih sayang dan juga perhatian kita.

Pantau selalu pertambahan berat badannya.

Sama seperti bayi masih kecil maka dia akan selalu ditimbang pada saat waktu di imunisasi dan dicatat berapa pertambahan berat badannya, kucing anggora juga seperti itu kita harus memiliki catatan berat badannya, kucing anggora yang baik itu memiliki berat badan antara 3 sampai 5 kg, jika beratnya lebih dari 5 kg maka kucing anggora kalian masuk dalam kategori kucing yang kegemukan

jika di bawah 3 kg maka kucing anggora kalian masuk ke setting yang terlalu kurus dan dengan adanya pancatan ini kalian bisa menambah asupan makanan agar kucing anggora yang kalian pelihara memiliki bobot yang ideal dan sehat.

Sediakan tempat untuk memanjat

Setelah kita mempersiapkan kandangnya maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan tempat untuk dia sering memanjat karena kucing ini suka sekali memanjat bagian yang tinggi untuk mengawasi daerah sekitarnya. Angora termasuk kucing yang sangat aktif dan memiliki rasa keingintahuan yang besar dengan memanjat maka dia akan mengakses seluruh pandangannya dari atas dengan sangat baik. Kita juga bisa memberikan mainan yang berupa tikus mainan atau  bola karet untuk merangsang keaktifannya agar dia tidak bosan ketika kita pelihara di rumah.

Mandikan kucing anggora secara rutin

Pada umumnya sama kucing itu suka dengan air akan tetapi tidak ada salahnya kita rutin untuk memandikan kucing anggora itu dalam rentang waktu 1 kali dalam 2 bulan.
Tidak boleh memandikan kucing anggora terlalu sering karena kebanyakan kucing itu tidak suka dengan air dan jika terlalu sering dimandikan dia kan stres-stres, inilah yang menyebabkan kerontokan pada bulu kucing anggora.

Sediakan kandang yang pas

kandang kucing anggora itu jangan terlalu luas karena kandangnya hanya berfungsi sebagai tempat tidur saja dan untuk berlindung.

jangan terlalu sering menaruh kucing anggora di dalam kandang biarkan dia berlarian di dalam rumah yang penting masih dalam lingkungan rumah dan halaman rumah.

Akan tetapi jika di rumah kalian memiliki ruangan khusus yang didisain untuk memelihara kucing anggora maka kalian bisa menyediakan beberapa macam mainan untuk nya seperti tempat-tempat untuk memanjat dan melompat karena kucing anggora termasuk dalam suatu kode yang sangat aktif bergerak.

Rajinlah untuk memotong kukunya yang panjang

Kuku kucing anggora ini akan tumbuh terus secara terus-menerus maka tugas kita adalah membersihkannya dan memotong kukunya setidaknya beberapa minggu sekali atau 1 bulan sekali agar kukunya ini tidak melukai orang-orang yang menggendongnya.

Jangan memaksakan untuk memotong kuku kucing anggora pastikan kalian mendapatkan suasana yang nyaman dan kucing tidak agresif nah pada saat seperti itu kalian bisa memotong kukunya secara perlahan jika akan diskusi mulai tidak nyaman pas kalian ingin memotong kukunya yang terjadi adalah kalian akan terkena cakaran nya.

aduh takut sama laki2 bahaya ini...aduh jangan sampai menyalahi kodrat mb...yo wis kirim no rekeninge....

Sisir bulunya secara rutin

Disarankan untuk menyusun bulu kucing anggora itu setiap hari atau beberapa hari sekali agar bulu anggora tetap terawat dan tetap sehat.gunakan sisir khusus untuk menyisir bulu kucing jangan menggunakan sisir untuk menyisir rambut. Kalian bisa mendapatkan sisir metal yang khusus untuk kucing anggora di petshop.

Dengan sering merawat bulu kucing anggora maka kita akan menghindarkan kucing anggora terkena penyakit herbal atau kucing yang memakan bulunya sendiri dan berakibat pada penyumbatan di pencernaannya. karena bagaimanapun bulu kucing itu tidak bisa dicerna di pencernaan kucing dan pada akhirnya menyumbat pada pencernaan dan bisa berakibat fatal pada kematian.

Perhatikan makanan yang diberikan

Masalah utama pada pemeliharaan kucing anggora itu adalah masalah kegemukan badan atau obesitas karena kucing anggora itu nafsu makannya cukup banyak sekali.

Kucing anggora itu yang paling krusial adalah apa ada bulunya maka kita harus betul-betul menjaga asupan makanan yang diberikan kepada kucing anggora salah sedikit saja maka nutrisinya tidak akan tercukupi dan yang terjadi adalah kerusakan pada punya kucing anggora tidak akan terlihat cantik dan indah lagi jika ada beberapa nutrisi yang kurang pada asupan makanannya.

Biasanya jika kucing terlalu banyak diberikan makanan kering maka akan banyak bulunya yang rontok sebaiknya kita variasi antara makanan kucing yang kering dan makanan kucing yang basah.

Jangan berikan air minum kepada kucing anggora dalam posisi yang mentah atau air dari keran.
Kucing anggora peliharaan kita haruslah meminum air yang higienis atau air mineral atau kita bisa menggunakan air rebusan. jika kita hanya memberikan makanan kering kepada kucing anggora maka wajib hukumnya untuk menyediakan air minum kepada kucing jika tidak maka yang terjadi adalah penyakit pada saluran kencing nya.

Kenapa yang digunakan harus air matang karena untuk menghindari kontaminasi bakteri atau sumber penyakit yang mungkin bisa jadi berasal dari air mentah yang kita berikan kepada kucing.

Jika menggunakan pakan yang berasal dari toko maka disarankan untuk menggunakan kandungan protein di atas atau berkisar antara 40%.

Lakukan vaksinasi ada kucing anggora kita

vaksinasi yang dilakukan kepada kucing berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit dan virus yang menyerang.

Vaksin yang pertama bisa kita berikan saat kucing berumur 8 hingga 10 minggu atau setelah masa sapih kemudian vaksin yang kedua kita berikan kepada kucing ketika kucing berumur 14 minggu dan vaksin yang ketiga kita berikan pada kucing setelah dia berusia 16 Minggu.

 vaksin yang biasa diberikan kepada kucing adalah vaksin rabies dan vaksin vaksin lainnya untuk mencegah berbagai virus dan infeksi.


Bersihkan telinga kucing anggora secara rutin

Pada dasarnya kucing itu sangat suka dengan kebersihan dia bisa membersihkan telinganya sendiri dengan kukunya tetapi karena kukunya kita potong maka kitalah yang harus membersihkan telinga kucing anggora bersihkan telinganya paling tidak dua minggu sekali dengan bantuan minyak zaitun atau baby oil dan cotton bud.

Bersihkan gigi kucing anggora secara rutin.

Menyikat gigi kucing anggora itu sangatlah penting karena untuk menghindari penyakit pada gusinya.

jika gusinya mengalami bengkak maka yang terjadi adalah kucing anggora akan terus-menerus mengeluarkan air liurnya dan nafsu makannya juga akan terus-menerus menurun karena saat digunakan untuk mengunyah makanan giginya akan terasa sakit.

Beberapa penyakit sudah lama sekali menyerang kucing anggora

Jangan meremehkan penyakit yang menyerang kelinci anggora, jika kalian menganggap remeh dan tidak segera melakukan penanganan yang serius maka kelinci anggora kesayangan kalian akan menemui kematian kucing anggora itu berbeda dengan kucing kampung kucing ras lebih cenderung rentan terhadap penyakit.

Penyakit pada saluran kencing

Penyakit ini disebabkan karena makanan kucing yang banyak mengandung mineral terutama magnesium serta kucing jarang sekali diberikan air minum sehingga magnesium atau kalsium yang terkandung di dalam kencingnya mengendap dan menyebabkan gangguan pada saluran kencing nya.
ciri-ciri dari penyakit ini adalah kencingnya mulai berwarna merah atau seperti darah susah buang air kecil dan yang pasti nafsu makannya akan menurun.

Kucing muntah

kucing yang bisa muntah kemungkinan karena adanya bulu yang termakan olehnya, bulu ini sangat berbahaya jika tertelan maka dengan susah payah kucing akan mengeluarkan bulu yang tertelan.

selain karena bulunya kemungkinan kucing muntah adalah karena dari infeksi virus dan saluran pencernaan yang mulai bermasalah ciri-ciri kucing yang muntah adalah mulutnya oleh mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Parasit atau kutu

Penyakit ini penyakit yang paling lumrah atau paling umum yang menyerang kucing yang mempunyai pul panjang seperti kucing Persia dan kucing anggora. kutu yang menyerang gojeng ini disebabkan karena kondisi tubuhnya yang sangat jorok dan jarang sekali dibersihkan sehingga kutu besar-besaran pada bulunya jika populasi kota sudah banyak maka kucing akan sering menggaruk kulitnya dan yang terjadi adalah iritasi pada kulitnya kulit akan menjadi merah dan bulunya  akan menjadi rontok.

Merawat kucing itu butuh ketelatenan merawat kucing yang berbulu panjang itu kadang susah dan kadang juga mudah dilakukan ada tantangan tersendiri ketika kita melawan merawat kucing yang berbulu panjang.

memang merawat kucing itu gampang gampang susah, di perlukan perhatian yang khusus agar kucing kita senang tiasa dalam kondisi yang sehat.