Widget HTML Atas

Bagaimana membandingkan madu alami dengan madu yg palsu

Bagaimana membandingkan madu alami 

Madu adalah varietas pangan yang dibuat lebah dari nektar bunga, untuk dikonsumsi manusia buat mendapatkan faedahnya. 

Sebab madu menolong menyembuhkan beberapa penyakit, atau hilangkan rasa sakitnya, dan dipakai perawatan di kulit, dan dipakai untuk mempermanis beberapa sajian makanan, namun pada pembikinannya, madu diikutkan dalam beberapa produk, seperti pelembab kulit, sabun , dan beberapa kosmetik. 


Madu bisa terkena pencemaran , baik itu sepanjang pemanennya atau produksinya, oleh beberapa pestisida dan sumber pencemaran yang lain , hingga umumnya dianjurkan tidak untuk memberinya ke bayi , untuk menghindar keracunan botulisme. 


Bagaimana membandingkan madu alami 

Ada langkah simpel yang dapat Anda lakukan di dalam rumah untuk membandingkan madu alami dari tipe yang lain yang beberapa salah satunya sudah terkontaminasi. Di mana madu bikinan, sirup gula, molase, sirup jagung , dan perasa dan aditif yang lain ditambah, dan dengan begitu madu palsu bisa di jual dan penampilannya mirip seperti madu asli


dan di saat yang serupa keuntungan penjual akan bertambah, dan di bawah ini menerangkan manfaat madu alami, dan test yang bisa dilakukan untuk membandingkannya dari beberapa macam yang madu alami dan palsu lain: 

Karakter madu alami 

madu alami tidak berbuih, padat, tidak gampang menetes, teksturnya lembut, tak pernah terpisah-pisah, dan diperbedakan dari baunya yang riil, sedang untuk madu yang tidak alami berbuih, cair dan gampang menetes, seperti kasar, menggumpal, gampang dipisah jadi beberapa susunan, dan kemungkinan tidak bau atau asam. 

Test untuk membandingkan madu alami Contoh test simpel yang bisa dilakukan untuk membandingkan madu alami dari madu palsu 

Test ibu jemari

Setetes kecil madu bisa ditempatkan di ibu jemari, maka bila tetes ini menebar di seputar ibu jemari, karena itu ini bermakna madu tidak asli, apabila tetes masih diam saja tanpa bergerak ini menunjukkan jika madu itu murni. 


Test air: 

Anda dapat masukkan satu sendok makan madu ke dalam cangkir berisi air. Sebab madu yang dipalsukan atau bikinan akan larut di air , sedang madu murni akan mengendap didasar cangkir. 


Tes cuka: 

Anda dapat menambah sedikit air dan 2-3 tetes konsentrat cuka ke dalam sedikit madu, lalu aduk sampai rata, bila kombinasi jadi berbuih, ini mengisyaratkan madu itu terkontaminasi.

Tipe madu 

Madu dibagi jadi beberapa macam, salah satunya: [3] 

Madu organik

Ini ialah madu yang dibuat oleh lebah dan bunga yang belum terkena pestisida atau bahan kimia. 

Madu mentah: 

Ini ialah madu yang didapat dengan mengekstraknya dari sarang madu dan menempatkannya di atas jala atau kain nilon untuk pisahkan madu dari kotoran, seperti lilin lebah dan lebah mati, tiada lewat proses pasteurisasi atau perawatan. 

Madu biasa: 

Madu yang alami proses pasteurisasi, yang disebut proses di mana panas tinggi dipakai untuk hilangkan ragi yang ada pada madu, untuk tingkatkan periode masa simpannya, sebab memberi struktur yang lembut, dan disaring, untuk hilangkan kotoran dan gelembung udara, dan dalam beberapa masalah saat proses pengemasan

Dengan menambah gula atau pemanis pada madu untuk kurangi ongkos/harga jual. 


Manfaat Madu 

Madu memberi banyak faedah untuk kesehatan badan manusia, yang paling penting salah satunya ialah: [1] 

Kurangi  batuk saat sebelum tidur, khususnya pada beberapa anak berumur 2 tahun ke atas,  sebab madu mempunyai rasa yang manis, yang bisa menggairahkan sekresi air liur di mulut, yang berperan untuk tingkatkan sekresi lendir, yang melembabkan aliran pernafasan, dan karena itu madu bisa menentramkan batuk, 1/2 sendok teh atau dua sendok teh madu dipakai waktu tidur. 

Beberapa riset memperlihatkan jika madu dapat berguna untuk pasien diabetes. Sebab mengkonsumsinya tiap hari menolong turunkan berat tubuh, kurangi gula dan cholesterol pada darah pasien penyakit ini. 

Kurangi resiko sariawan yang berasal dari therapy radiasi, atau yang disebutkan dengan mucositis; Di mana hasil studi medis memperlihatkan jika konsumsi 20 ml madu, atau memakai kasa madu secara tropis, bisa kurangi resiko sariawan, ngilu menelan, atau pengurangan berat tubuh yang berkaitan dengan therapy radiasi untuk kanker leher dan kepala. 

Madu bisa dipakai untuk menolong mengobati cedera, seperti cedera karena kecelakaan, luka borok kaki akut, cedera bakar, dan abses. Madu sudah memperlihatkan kekuatannya untuk kurangi bau atau nanah karena cedera itu , dan bisa dipakai untuk bersihkan luka, dan kurangi infeksi dan ngilu yang ditimbulkannya. 


untuk pengobatan orang dewasa bisa memakai 15-30 mililiter madu tiap 12-48 jam, memakai kain kasa steril, atau pembalut luka yang tepat. 

Nilai nutrisi madu 

Madu mentah lebih bergizi dibandingkan madu biasa, sebab memiliki kandungan bermacam jenis gizi dibanding madu biasa, madu memiliki kandungan banyak asam amino, selain  30 tipe senyawa tanaman bioaktif, yang berperanan selaku anti-oksidan, senyawa. Polifenol, dan gizi lainnya yg bermanfaat bagi kesehatan manusia