Widget HTML Atas

Cara mengawetkan ampas tahu untuk pakan kelinci

FERMENTASI AMPAS TAHU
Ampas tahu, sampah dari pengerjaan tahu,jumlah banyak dan belum di optimalkan pendayagunaannya untuk perkembangan ternak. Dengan tehnologi simpel peranan peragian karena itu ke favorit nilai gizi ampas tahu bisa di optimalkan. Yang dapat di gunakan tidak cuma ampasnya dan juga air rendaman kedele bahan utama pengerjaan tahu dan tempe.

Konsep pengetahuan arah khusus reaksi peragian ini ialah tingkatkan TDN Totalt Digestible Nutrient, kurangi serat kasar hingga keseluruhan gizi yang teresap waktu absorsi gizi di organ pencernaan bekerja optimal, bahan sampah selaku kotoran persentase yang di buang turun.


Apa reaksi peragian ini tingkatkan persentase protein ? Itu pastinya, tetapi tidak dapat di sama ratakan pada tiap uji-coba, dengan alasan asal kualitas bahan yang lain.

Yang pasti, protein asal ampas tahu dengan di tolong mikroorganisme kapang yeast di ganti jadi Asam Amino, khususnya Lisin dan Metionin. di ganti jadi Enzim, Hormon perkembangan, mineral multivitamin dan Antibiotik alami. 

Pada cakupan universitas, peragian ampas tahu sudah di cermat selaku bahan pakan subtitusi, yang masuk ke formulasi pakan dari 5%, 10%, 15%, 20%, 25%, bahkan juga sampai 40%. Dan memberi hasil makin bagus pada kombinasi 40%, FCR turun dengan hasil berat akhir yang hampir sama dengan bahan pakan pabrik

Peningkatan protein range 5% - 15% sesudah peragian dengan pembanding bahan asal.

Nilai gizi ampas tahu :
protein : 24,5%
serat kasar : 23,6%
fat : 10,2%
abu : 3,51%
BETN : 38%
Ca : 1,1%
P : 0,88%
Energi Metabolisme : 2830 Kcal/kg


Bahan :
1. Ampas tahu 25 kg
2. Ragi tape 5 -7 butir atau Ragi tempe 2-3 helai
3. Mineral B12 atau mineral feed supplement A Medion 0,5 kg

Pengerjaan :
1. Ampas tahu di peras kandungan airnya sampai cepat pero waktu di kepal tidak keluar air kembali, lalu masukan dalam kukusan , masak 30 menit semenjak air mendidih lalu dinginkan, hamparkan ke lantai.
atau ampas tahu di kocori air panas 2 ltr setiap 25 kg ampas tahu,lalu tutup rapat diamkan 10-15 menit yang lalu ampas tahu dip eras kembali lagi.Hasil terhebat masih yang di kukus…….

2. Ampas tahu hangat tipiskan tebar rata , sebarkan mineral dan ragi tape lalu aduk adukmerata ,baru masukan dalam plastic drumatau ember peram 2-3 hari sampai keluar berbau harum, reaksi peragian usai.Bila tidak di keringkan, masih taruh dalam drum mengambil sedikit sedikit untuk diberikan ke ternak, ini bertahan sampai satu minggu asal kedap udara. Atau sesudah di peram selesei ampas tahu di keringkan atau di oven sampai dapat di taruh 2 bulan.