Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai jenis daun-daunan untuk pakan ayam kampung

Sebetulnya jika kita memelihara ayam untuk tujuan pedaging maka sangat tidak disarankan untuk memberikan pakan ayam iku dedaunan kenapa,?


Karena dedaunan itu banyak sekali serat kasarnya sehingga akan mengurangi percepatan untuk ayam menjadi lebih berbobot jika kita misalnya memelihara ayam potong maka untuk tujuan pedaging sangat sangat tidak disarankan untuk memberi pakan ayam itu di tahunan titik parkir baru akan tetapi jika kita memelihara ayam kampung yang mana ayam tersebut bisa mencerna berbagai macam dedaunan dan mereka sangat suka sekali dengan dedaunan tersebut maka ini boleh terlebih lagi ayam kampung itu dijualnya tidak dengan menggunakan bobot titik parkir baru ada beberapa jenis di daunan yang ayam sangat suka sekali dan memberikan asupan nutrisi kepada ayam yang kita pelihara.


Kalau kita perhatikan ketika kita memelihara ayam dan kemudian kita lepas di pekarangan maka secara alami ayam itu akan mencari biji-bijian kemudian akan mencari daunan dan juga rerumputan untuk dimakan dan dikonsumsi.


Berapa berapa di bangunan berikut bisa kita berikan sebagai pakan ayam dengan dicampur dengan bekatul atau polar atau bahan lainnya yang pertama adalah daun bayam.




Daun bayam yang kita pilih haruslah daun bayam yang masih muda jangan menggunakan daun bayam yang sudah tua karena yang sudah tua biasanya mengandung oksalat yang sangat tinggi jadi teman-teman harus memilih daun bayam yang posisinya masih muda daun bayam memiliki banyak sekali kandungan zat besi yang sangat baik bagi hewan ternak seperti ayam kambing dan sebagainya. Parker baru kekebalan tubuh akan meningkat dengan adanya kandungan zat besi pada bayam.


Ada baiknya dan bayam ini direbus terlebih dahulu sebelum diberikan kepada ayam karena pada daun bayam ini terdapat anti nutrisi yaitu oksalat yang mempengaruhi penyerapan kalsium pada pencernaan ayam jadi sebelum diberikan kepada ayam ada baiknya kita rebus terlebih dahulu bersama dengan bekatul atau bisa ditambah dengan nasi sisa dari dapur.


Dedaunan yang kedua adalah daun pepaya



Dan pepaya ini adalah daun yang sering digunakan untuk pakan ayam karena banyak sekali di pekarangan jadi tinggal kita pakai saja kemudian kita iris iris kecil-kecil kemudian kita rebus bersama dengan bekatul dan juga campuran nasi basi atau nasi aking manfaat lain dari daun bayam adalah ah memiliki kandungan enzim papain yang sangat bagus sekali untuk pencernaan ayam dan pepaya juga terkandung antibiotik di dalamnya yang berfungsi untuk mengatasi serangan berbagai bakteri sehingga ayam yang kita pelihara tidak mudah terserang penyakit.


Dan dedaunan berikutnya yang sangat disukai ayam adalah daun sawi.



Karena di pekarangan halaman saya ini banyak sekali dan sekali dan juga kangkung karena pekarangan itu dimanfaatkan untuk menanam berbagai sayuran terkadang adalah sisa-sisa dari daun sawi yang sudah tidak kita masak dan ini bisa dipanen dan diberikan kepada ayam daun sawi terdapat kandungan vitamin A dan vitamin c dengan memberikan daun sawi kepada ayam maka ayam akan tidak mudah terserang penyakit serta bisa membantu untuk pertumbuhan sel pada tubuh ayam.


Teman-teman juga bisa mendapatkan daun sawi dari pasar tradisional, harganya sangat murah sekali jadi tidak akan membebani kantong teman-teman sekalian daun sawi ini biasanya digunakan sebagai campuran mie ayam atau bakso.


Daun yang berikutnya adalah daun singkong daun singkong ini juga pastinya banyak sekali di sekitaran temen-temen jika ada kebun singkong maka tidak ada salahnya untuk memanfaatkan beberapa daunnya sebagai pakan ayam dari beberapa studi yang telah dilakukan daun singkong ini bisa digunakan untuk sebagai sumber protein nabati bagi ayam daun singkong ini juga mengandung beberapa vitamin dan juga mineral dan tidak kalah pentingnya lagi yang seperti saya sebutkan tadi dan singkong ini mengandung protein.


Akan tetapi ada beberapa kekurangan dari daun singkong ini yaitu mengandung anti nutrisi atau hcn yang sangat tinggi


Solusinya adalah untuk menghilangkan accent tidak ada cara lain selain kita merebus terlebih dahulu sebelum diberikan kepada ayam.


Daun yang berikutnya adalah sayuran selada sayuran ini tentu sangat familiar ketika kita memakan ayam goreng atau bebek goreng kemudian selada ini biasanya digunakan sebagai lalapan banyak juga dijumpai di gado-gado. 


Daun ini ternyata juga bisa digunakan sebagai pakan tambahan untuk ayam saran saya ya kita tidak usah repot-repot untuk menanam selada lebih baik kita membelinya di pasar tradisional karena harganya sangat murah sekali dan daun selada ini tidak perlu direbus seperti dedaunan yang lainnya karena memang daun selada ini tidak memiliki anterin kursi dan bisa dimakan mentah secara langsung dengan selada ini memiliki kandungan asam folat zat besi vitamin k dan vitamin A serta beberapa vitamin lainnya.


Semua nutrisi yang terkandung pada daun selada ini bisa menambah stamina ayam.


Dan daun yang berikutnya adalah daun kangkung



Dan kanggo ini juga bisa diberikan kepada ayam namun syaratnya seperti dedaunan yang lainnya harus direbus terlebih dahulu karena daun kangkung ini sama seperti daun bayam mengandung oksalat yang sangat tinggi yang dapat mempengaruhi penyerapan kalsium pada pencernaan ayam.


dedaunan berikutnya yang bisa kita gunakan untuk pakan ayam adalah daun kelor. Paragraf harus daun kelor ini sangat terkenal sekali di kalangan masyarakat karena berbagai kandungan nutrisinya yang sangat bagus untuk pakan ayam tidak hanya ayam sih daun kelor ini terkadang juga sangat bagus untuk kesehatan manusia karena nutrisinya yang sangat komplit yang biasanya diolah sebagai sayur dicampur dengan bayam.


Jadi tidak ada salahnya jika temen-temen di sekitaran teman-teman berada ini terdapat daun kelor atau jika memang tidak ada teman-teman bisa menanamnya sendiri karena pohon kelor ini sangat mudah sekali tumbuh di arti lahan dan kemudian daunnya kita bisa manfaatkan untuk pakan ayam sebagai pakan alternatif campuran untuk pakan ayam di rumah.


Bagaimana cara membuat campuran pakan agar tetap awet 2 rukun sudah kita simpan selama 1 bulan caranya adalah dengan difermentasi jadi setiap hari kita tidak perlu membuat pakan ayam makan ayam cukup dibuat sekali saja dalam waktu yang sangat lama bisa kita simpan dalam waktu sebulan.


langkah pertama yang harus dipersiapkan adalah teman-temen harus mencari dedaunan dalam jumlah yang sangat banyak baik itu daun kelor daun pepaya, daun bayam kangkung,, dan daun lainnya yang saya sebutkan tadi di atas teman-teman bisa pilih salah satu menggunakan daun yang mana atau bisa menggunakan berbagai campuran daun-daun tersebut


Kemudian teman-teman potong kecil-kecil daun-daun tersebut agar lebih mudah saat proses kita melakukan fermentasi


Ada sebagian yang dijemur tapi saya lebih menyarankan untuk merebus semua dedaunan tersebut


Memang jika kita jemur ada kelebihan dan kekurangannya kalau kita jemur maka dedaunan ini akan bertahan lama tetapi nutrisi yang terkandung didalamnya ini akan sedikit berkurang bahkan akan hilang karena proses penjemuran matahari tadi.


Akan tetapi jika kita rebus untuk menghilangkan Andri nutrisinya kemudian di daunan tadi kita fermentasi dengan campuran EM4 peternakan kemudian ditambah dengan gula sebagai makanan bakteri yang ada di tempat kemudian kita tambahkan ampas tahu kalau ada di daerah kamu teman kemudian kita aduk sampai merata sampai semua bahan tercampur lalu kita masukkan ke dalam ember atau drum yang kemudian kita tutup rapat.





Untuk mengambil pakan fermentasi ini ke temen-temen bisa mengambil sedikit saja sesuai kebutuhan kemudian jangan lupa menutup kembali ember atau drum tersebut agar tidak terkontaminasi dari bakteri bakteri yang ada di luar tidak


Kemudian kita bisa menambahkan sedikit bekatul pada pakan dedaunan yang sudah difermentasi tadi dan kita bisa langsung memberinya kepada ayam.


Nah dibawah ini akan saya jelaskan beberapa manfaat daun-daunan untuk ayam.


Di tahunan itu sebagai sumber nutrisi yang sangat komplit sekali baru ada sebagian dedaunan yang bisa untuk mengobati ayam yang terkena cacingan


Di daunan juga bisa digunakan untuk melancarkan pencernaan ayam karena banyak akan kandungan serat di dalamnya


Di tahun ini juga bisa kita gunakan untuk menambah bobot ayam secara alami walaupun penambahan bobot nya tidak terjadi secara signifikan karena kandungan serat yang tinggi 


ayam ini juga bermanfaat untuk menambah nafsu makan ayam yang kita pelihara karena tentu dengan memakan dedaunan ayam kita akan terus terus merasa kelaparan.


Demikianlah berbagai manfaat dan informasi yang bisa kita sampaikan seputar jenis daun yang bisa kita gunakan sebagai pakan ayam dan semoga dengan adanya informasi diatas dapat bermanfaat bagi seluruh peternakan ayam yang ada di Indonesia.