Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inovatif! Formula Puyuh Juoss: Pakan Self Mixing dengan Harga Terjangkau dan Hasil Memuaskan

Tidak dapat disangkal, puyuh menjadi salah satu ternak unggulan dengan manfaat yang menjanjikan. Untuk memastikan produksi yang optimal, formula pakan self mixing telah berhasil diujicoba di kedua daerah tersebut. Berbeda dari pabrikan, formula ini telah menghasilkan keberhasilan gemilang, dengan telur besar dan tingkat produktivitas mencapai 80%. Yang menarik, harga pakan per kg hanya Rp 4300/kg, menjadi solusi cerdas bagi peternak dalam meminimalisir biaya produksi.
Rincian dari ransum yang berhasil ini adalah sebagai berikut:

Katul/Kebi/Bekatul 150 kg
Sentrat 581 Gold Global / 124/144 Pokphand 50 kg
Top Mix 2 kg
Mineral B12 PT Eka / Mineral Feed Medion 2 kg
Tepung Ikan CP 55-60% 5 kg
Dari perhitungan di atas, dapat diketahui bahwa formula ini, terutama dengan menggunakan Sentrat 581 Gold Global, mengandung protein sebesar 19,3% dan energi metabolisme sebesar 2717 kcal/kg, yang dapat mendukung kesehatan dan produktivitas puyuh secara optimal. Selain itu, harga yang terjangkau dan asupan pakan yang efisien sebesar 2,5 kg/100 ekor/hari semakin menambah daya tarik formula ini bagi peternak.
Namun, perlu diperhatikan bahwa perubahan formula ransum sebaiknya hanya dilakukan dalam kasus-kasus tertentu, seperti saat puyuh baru memulai produksi, mengalami kondisi sakit, atau mengalami stres. Pada kondisi-kondisi ini, peternak berpeluang untuk mengganti ransum pakan guna memaksimalkan hasil produksi telur.

Percobaan dengan menggunakan Sentrat 124 atau 144 dari produk Pokphand menunjukkan hasil sedikit di bawah Sentrat 581 Gold Global. Perbedaan produktivitas telur terlihat dari konsentrat pabrikan yang digunakan. Peringkat teratas diisi oleh Konsentrat Global, diikuti oleh Konsentrat Itik Petelur RED Comfeed, Konsentrat Itik 144 Pokphand, dan Konsentrat Ayam 124 Pokphand.
Selanjutnya, ujicoba pada puyuh populasi 5000 ekor dapat menjadi langkah kreatif untuk mencari solusi terbaik bagi kelangsungan bisnis peternakan. Dengan semangat inovasi, jangan menyerah dalam menghadapi tantangan, termasuk harga pakan yang mahal. Dengan hitungan yang teliti dan formula yang tepat, kesuksesan finansial dalam usaha peternakan puyuh dapat menjadi kenyataan.