Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Zuperngebooster Berat Badan Kambing dan Sapi Pake Herbal Keren!

Dalam dunia peternakan ala desa, jangan sampai kita lewatin hal kece banget, yaitu memanfaatin tanaman obat ala nenek moyang kita. Mereka udah pakai ini sejak jaman batu, lho! Siapa sih yang kasih tau mereka soal kehebatan tanaman-tanaman ini buat tubuh kita, termasuk hewan ternak kita? Pada masa itu, gak ada ilmuwan yang bikin penelitian keren buat ngukur manfaatnya. Ini baru bener-bener warisan kebijaksanaan dari para leluhur kita, guys!


Sekarang, kita bisa coba resep-resep yang mereka tulis di batu, tulang, atau daun lontar. Gak cuma buat manusia, tapi juga udah diupgrade buat bikin hewan ternak kita lebih sehat. Nah, topik yang kita bahas kali ini adalah gimana caranya, guys.


Asam Jawa: 0,5 kg

Tetes Tebu: 1 kg

Jahe: 0,5 kg

Kunyit: 1 kg

Temulawak: 1 kg

Air bersih: 20 liter

EM 4: 250 ml

Daun Sirih: 1 kg


Cara Bikinnya:


a. Cuci bersih bahan herbalnya, guys.

b. Halusin atau parut semua bahan itu, termasuk asam jawa setelah bijinya diacak.

c. Campur semua bahan yang udah dihalusin tadi dalam wadah, lalu peras. Cairan yang keluar dimasukin ke wadah lain. Ekstrak dari perasan itu dicampur sama air bersih, ambil 1 liter dari 20 liter air, lalu peras lagi. Hasil perasan kedua dicampur ke hasil perasan pertama. Tanaman obat yang udah dua kali perasan ini dicampur dengan tetes tebu, dibentuk jadi butiran kecil sekitar 3-5 gram, trus dikeringin. Butiran ini bisa disimpan buat obat herbal ternak, daripada dibuang sayang, guys.

d. Campurin air bersih 19 liter dan EM 4 sebanyak 250 ml ke dalam hasil perasan (dua kali perasan). Masukin juga tetes tebu sebanyak 1 kg.

e. Tutup rapat wadahnya, trus biarin proses fermentasinya selama 20 hari. Tiap tiga hari sekali, aduk-aduk wadahnya buat keluarin gas hasil fermentasi.


Cara Pakenya:


Buat kambing, kasih 5-10 ml campuran herbal ini ke 1 liter air minum atau campurin sama pakan. Buat sapi, kasih 100 ml campuran ini tiap hari sama pakan. Bisa juga langsung dikasih ke hewan, buat kambing cukup 100 ml sekali seminggu, buat sapi 250-500 ml sekali seminggu juga.


Hasil uji coba pada kambing menunjukkan kalau gak pake herbal fermentasi, pertumbuhan cuman sekitar 2-3 kg per bulan. Tapi pake herbal ini, pertumbuhannya naik jadi 4-5 kg per bulan. Buat sapi (yang udah lewat 1 tahun), seperti sapi ongole atau yang turunannya, pertumbuhannya bisa sampe 1,05-1,1 kg per hari pake herbal ini, sementara tanpa herbal cuman 0,4-0,5 kg per hari. Buat sapi jenis Simmental atau Limousin, pertumbuhan bisa sampe 1,3-1,5 kg per hari pake herbal, sementara tanpa herbal cuman 0,8 kg per hari.


Herbal ini bikin daya tahan tubuh hewan ternak naik, risiko penyakit kembung dan cacing yang sering ganggu ternak juga jadi berkurang. Selain itu, bau kotoran dan urin hewan ternak juga jauh berkurang. Ini bisa terjadi karena metabolisme dalam tubuh hewan ternak bekerja dengan maksimal, guys.

Jadi, teman-teman, itulah cara jitu pake tanaman obat tradisional buat bikin kambing dan sapi kita jadi lebih berisi. Semoga bermanfaat buat kalian!