BERIKUT INI TIPS UNTUK MENYAPIH ANAKAN KELINCI

BERIKUT INI TIPS UNTUK MENYAPIH ANAKAN KELINCI


BERIKUT INI TIPS UNTUK MENYAPIH ANAKAN KELINCI

Menyapih merupakan suatu proses pembelajaran untuk kelinci kecil untuk hidup mandiri dan terlepas dari ketergantungan orangtuanya . Sebenarnya proses penyapihan itu  tidak perlu dilakukan secara manual karena secara otomatis sang indukan sendiri akan melakukannya jika ia merasa fisik naluri bahwa anak-anak mereka dapat mempertahankan kehidupan mereka sendiri dengan baik.


Tapi melihat seperti ada tujuan lain dari pemilik, terutama untuk mempercepat periode produksi dan anak-anak kelinci ini dapat segera dijual maka mau tidak mau proses penyapihan harus segera dilaksanakan. Dan biasanya para pemilik/peternak memiliki jangka waktu tertentu dalam menentukan waktu penyapihan, kira-kira pada kelinci anak usia 1-1,5 bulan. Alasan lain mempercepat penyapihan adalah keberadaan kondisi tidak aman untuk kelinci (dalam usia penyapihan). Contoh yang sering terjadi adalah bahwa orangtua atau indukan kelinci tidak ingin menyusui anaknya, atau meninggalkan anaknya pergi setelah kelahiran.


Kelinci dapat memulai penyapihan diusia 4 minggu, karena selama periode ini produksi susu dari ibu mulai sedikit dan sudah waktunya untuk mulai untuk memisahkan kelinci dari indukannya. langkah pertanma kali untuk memeulai penyapihan kelinci adalah pisahkan jenis kelinci dengan ukuran besar terlebih dahulu kemudian kelompokkan sesuai dengan ukurannya dan 2 gari kemudian pisahkan kembali kelinci yang lainnya. sampai akhirnya semua kelinci terpisah dari induknya.
Lakukan ini sampai semua anak kelinci terpisah dari induknya. Sekarang  kelinci kecil mulai belajar untuk makan dan minum sendiri. Pada titik ini perhatikan kondisi anak-anak kelinci masing-masing, jika  menemukan satu dari mereka memiliki kesulitan dalam hal makan dan minum sehingga akan mengganggu pertumbuhan yang kemudian kembalikan kepada ibunya dan membiarkannya sepanjang wakytu yang lebih lama dibandingkan dengan anakan yang lain.

Hal ini juga penting untuk dicatat adalah bahwa kelinci sangat rentan sekali terhadap diare. Kebersihan kandang, peralatan makan minum dan pakan yang diberikan harus diperketat. juga penting untuk memperhatikan tanda-tanda yang bisa diketahui apakah ini kelinci anak ada yang terserang diare.

Masa-masa kritis penyapihan  adalah sampai kelinci memiliki usia 2 bulan, jika mereka semua bisa melalui periode ini, maka risiko kematian akan menurun.

BACA JUGA CARA YANG PALING BAIK UNTUK BETERNAK KELINCI PEDAGING


Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar