Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA DAHSYAT MENGOBATI KELINCI YANG TERKENA SEMBELIT

sembelit diindikasikan oleh gejala susah buang kotoran pada ternak kelinci. Beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya sembelit diantaranya adalah kurang konsumsi Serat kasar.jika seratnya kurang kenyamanan pencernaannya mulai terganggu,,

bahkan bisa mencret..mangkanya dia suka krikit2 kandang..(diluar pembahasan tentang gigi)..di mencari sumber serat dikandang untuk kenyamanan pencernaan yaitu bambu...lha yang gak boleh dia cari sumber seratnya dari bulu temennya ..

lha dengan makan itu pencernaannya akan nyaman kembali..tapi ujungnya si bulu ini akan menghambat diujung pencernaan. 

kelinci sehat



Untuk bulu yang termakan dalam jumlah kecil mungkin masih belum menimbulkan masalah karena masih terbawa (dibungkus dengan kotoran) dalam kotoran/feces.

Namun dalam jumlah banyak (dalam kasus Hairball/ ternak kelinci yang selalu memakan bulu) akan mempengaruhi proses pencernaan, karena bulu akan menghambat disaluran pencernaan.

Ya ..masalahnya ternak kelinci tidak bisa muntah sebagaimana kucing, sehingga hal inilah yang menjadi masalah.sembelit beda dengan kembung, kalau kembung adalah terjadinya timbunan gas dalam saluran pencernaan.

Gejala sembelit,

Penting untuk memahami gejala yang menjadi penyebab terjadinya sembelit pada ternak kelinci karena sembelit dapat menyebabkan kematian. 

Untuk itu selalu perhatikan kondisi ternak kelinci, minimal deteksi pakannya, kalau pakan yang diberi sesuai jatah hariannya tidak habis dimakan maka perhatikan fecesnya apakah normal (jumlahnya, besar dan bentuknya). 

Kalau lebih sedikit dari biasa, lebih kecil dari biasa terkadang seperti membuat untaian seperti untaian tasbih, dan terkadang ada campuran bulu, ternak kelinci biasa aktif tetapi menjadi lesu (wajar karena terjadi penyumbatan saluran pencernaan), maka dapat dicurigai sebagai gejala  sembelit.

Bagaimana Cara mengatasi Sembelit.

Hal yang terbaik sebenarnya dalah mencegah terjadinya sembelit dengan memberikan pakan yang benar dan sesuai dengan anjuran gizi ternak  kelinci

yaitu dengan pemberian serat kasar dalam kadar yang cukup.jangan sesuka hati menaik- turunkan kadar serat kasar pada pakan. 


Serat kasar dapat diperoleh dari rumput yang dikeringkan atau pellet yang mengandung serat kasar tinggi dikomposisinya.

Pengobatan sembelit disebabkan oleh hairball biasanya dapat diberikan  buah Nanas.atau papaya.Dikatakan bahwa pemberian perasan buah nanas atau papaya bisa melancarkan kembali pencernaan dan feces bisa keluar. 

Didalam buah Nenas terkandung enzym Bromelain dan pepaya mengandung enzym papain. Keduanya mempunyai fungsi membantu melembekkan feces dan menyebabkan metabolisme menjadi kembali lancar.


Baca Juga : Cara mengatasi induk kelinci yang tidak mau menyusui