Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

APA YANG HARUS DILAKUKAN KETIKA INDUK KELINCI TIDAK MAU MENYUSUI

Lakukan ini ketika induk kelinci kita tidak mau menyusui anaknya-Masih ingat post kami sebelumnya ketika induk kelinci tidak mau menyusui, kenapa dan mengapa produksi susunya bisa tergangu, silahkan dibaca ulang lagi ketika induk kelinci tidak mau menyusui. 

Setelah kita mengetahui penyebabnya, lantas apa yang harus dilakukan jika sudah terjadi, ini kadang yang membuat pelaku ternak kelinci jadi bingung.
KELINCI DIPAKSA MENYUSUI



Lihat gambar diatas kenapa saya beri tanda silang. Karena ini adalah sesuatu yang kurang pas. Karena susu yang diberikan biasanya susu formula untuk bayi manusia, yang kandungan nutrisinya tidak pas untuk ternak kelinci,  Apalagi susu kambing..ahduwwwh…





Berbeda lagi jika industry kelinci dieropa, Diprancis sudah ada peternak kelinci yang menjual DOR  (day old rabbit) anak kelinci  yang berumur sehari,atau jika dalam ayam potong namanya DOC, atau dalam peternakan bebek disebut DOD. 


Jadi dieropa ada spesifikasi peternak kelinci yang hanya breeding dan hanya menjual DOR dan satu lagi peternak yang hanya melakukan pembesaran ternak kelinci, jadi dia pelihara anakan kelinci dari umur sehari sampai usia potong. 

Jadi tidak memelihara indukan. Mereka menciptakan alat menyusui buatan seperti punya induk kelinci dengan susu formula yang diperuntukkan khusus untuk ternak kelinci. Ingat khusus untuk kelinci..broo…

Lalu yang jadi pertanyaan, “apakah tidak ada resiko kematian?”.  


Tentu ada, tapi dengan teknologi yang terus disempurnakan dan terus dikembangkan mereka bisa meminimalisir resiko itu, dan resiko itu tentu sudah dihitung dan dibandingkan dengan ternak kelinci  dengan indukan dan pejantan, dan akhirnya mereka memilih pilihan yang pertama.

Untuk menuju kesana peternak kita masih sangat jauh sekali.. 

lha wong pelihara pakai indukan saja masih pada ambuuurasut…haha..becanda Tapi dengan kita lebih giat belajar , perbaikan sana-sini , nanti kedepannya pasti kita akan menuju kesana..amin.

KELINCI DIPAKSA MENYUSUI


Kemudian lihat gambar yang kedua. Gambar yang kedua ini juga kurang pas. Bagaimana jika yang tidak mau menyusui itu ada belasan induk atau puluhan induk tentu ini akan sangat merepotkan. 


Dan juga ini adalah sesuatu yang salah,jika induk tidak mau menyusui ya sudah otomatis air susu induk itu tidak ada karena memang produksi air susu induk sedang terganggu,  karena buruknya pakan pada saat kehamilan.

seperti yang sudah dijelaskan dipost sebelumnya. Jadi bagaimana mungkin jika produksi susu tidak ada kemudian kita paksa induk kelinci untuk menyusui…saya ulangi lagi

 “JADI BAGAIMANA MUNGKIN JIKA PRODUKSI SUSU TIDAK ADA KEMUDIAN KITA PAKSA INDUK KELINCI UNTUK MENYUSUI”.. 

 
Ini sesuatu yang aneh..atau sesuatu yang konyol.. 


Kelinci itu dialam liarnya menyusui anaknya tidak hanya sekali tapi berkali2, karena memang ambingnya selalu penuh dengan air susu. 

ternak kelinci  bebas memilih makanannya dengan kualitas gizi yang baik nutrisinya/nutrisinya selalu terpenuhi,  dan akhirnya ambingnya akan selalu penuh dengan air susu induk.


Jika ambingnya penuh maka ternak kelinci  akan otomatis merasa tidak nyaman pada ambingnya dan akan segera menyusui anak-anaknya. 

Coba deh Tanya para ibu yang lagi menyusui jikalau pay*d*ranya penuh dengan ASI pastilah merasa tidak nyaman dan kepengen segera menyusui buah hatinya. Hayo langsung Tanya sama istri masing2….yang jomblo Tanya siapa?? hahaha


Coba lihat kenapa populasi kelinci dialam liar sangat cepat sekali perkembangannya, bahkan disebagian Negara, kelinci malah dianggap sebagai hama. Kelinci dialam liar beranak sepuluh sampai 14 ekor, padahal ambingnya rata2 hanya ada 8. 

Maka inilah yang diupayakan kelinci dialam liar selalu berusaha agar ambingnya agar selalu terisi, habis disedot kloter pertama langsung diupayakan segera terisi dan giliran kloter kedua, 

sehingga anakan yang jumlahnya banyak semua rata kebagian air susu induk.
Jika kita sebagai peternak bisa mencukupi kebutuhan nutrisi, maka ambing induk kelinci akan terus menerus terisi air susu tanpa kita paksapun ternak kelinci  otomatis akan menyusui anak-anaknya.

Kembali ke laptop! Lantas jika sudah terlanjur induk tidak mau menyusui apa yang harus dilakukan? Kita harus merangsang pembuluh darah disekitar ambing susu induk kelinci, caranya dengan mencabuti bulu disekitar ambingnya, kita harus tega mencabuti bulu siinduk, taruh bulunya kedalam nestbox. 

Dan segeralah pebaiki nutrisi pakan ternak kelinci  , pakan dengan kandungan protein dengan asam amino yang seimbang agar air susu segera diproduksi…jika pakai rumput maka perbanyak jumlahnya.

 
Jikalau ada yang share seperti gambar kedua di group2 ternak kelinci , kadang saya jadi GemeZZ..kalo dikasih tau malah marah2 gak terima…haduh bagaimana ya!!! gemes pooll..


Jika tulisan ini bermanfaat share digroup ternak kelinci  sesuai wilayah masing2..Semoga yang sering maksa2 induk kelinci buat nyusuin anaknya segera taubat, dan diampuni dosa2nya.. dholim tu sama ternak kelinci..

Yang setelah baca artikel ini gak terima dan jadi marah2..biarin aja marah2 sendiri.. banting aja tu androidnya hahaha..


Sampai ketemu dipost selanjutnya insyaAlloh nanti hari minggu ..saya post lagi yang lebih baru…
Baca Juga : Cara supaya produksi indukan kelinci melimpah