Skip to main content

LAKUKAN INI JIKA INDUK KELINCI AKAN MULAI BERANAK

Masukkan betina ke kandang jantan. Kalo sukses. Ini berarti Tanggal kawin. Catat. Biasanya hamil di hari ke- 30 s/d 33 dari tanggal kawin.

LAKUKAN INI JIKA INDUK KELINCI AKAN MULAI BERANAK
Hari ke-4 : Kalo belum bisa palpasi (meraba perut indukan untuk mengetahui ada janin kelinci) dan agak tega, masukin yg betina ke kandang jantan untuk dikawainkan lagi. Kalo bunyi dan kabur terus dan marah-marah, kemungkinan hamil.

Hari ke-11 s/d 14 : Lakuan Palpasi. Kalo emang positif, porsi makan diperbanyak  yang mengandung serat seperti rumpt,rumput ini juga berguna untuk si indukan membuat sarang apabila mendekati hari akan beranak.

Kalau di hari ke 14 s/d hari ke 17 udah bikin sarang, kemungkinan hamil palsu. Mendingan dikawinkan lagi

Hari ke-26 : Masukkan kotak sarang/nestbox. Ukuran jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil, kurang lebih satu setengah badan indukan. Isi sarang dengan : rumput kering atau jerami sebanyak-banyaknya. Taruh sarang di pojok kandang yg BUKAN area buang air si indukan. Caranya liat aja di bawah kandangnya pup-nya banyak ngumpul dimana. Kalo ditaruh di area pup, dijamin itu sarang bakal banjir kencing.

Baca juga : Produsen pelet kelinci  murah dan berkualitas

Hari ke-27 s/d hari ke 31. Periksa sarang, takutnya ada pup yg masuk. Buang apabila ada pup yg masuk. Porsi makan dikurangin, karena si indukan biasanya makan sedikit, takut jamuran. Rumput tetap dikasih banyak.

Hari H : Tergantung si indukan, biasanya indukan ngumpulin rumput dan dimasukin ke sarang, ngatur sarang buat anaknya, ditambah indukannya nyabutin bulu dari badannnya beberapa jam sebelum melahirkan. Kalo induknya pengalaman dan rumput-ya banyak, biasanya bentuk rumput di dalam sarang seperti sarang burung, agak tinggi di pinggir. Ada juga indukan yg H-4 sudah ngumpulin rumput dan nyabutin bulu.

BACA JUGA UKURAN NESTBOX UNTUK KOTAK BERANAK KELINCI

Sumber : peternak kelinci sumatra barat
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar