CARA MEMBUAT PERANGKAP TIKUS YANG MURAH UNTUK DI KANDANG KELINCI

CARA MEMBUAT PERANGKAP TIKUS YANG MURAH UNTUK DI KANDANG KELINCI


Bagi para pecinta kelinci khususnya peternak kelinci, keberadaan tikus terkadang membuat kerugian besar karena tikus-tikus ini merupakan predator alami kelinci apalagi bayi-bayi kelinci yang baru dilahirkan maka akan jadi sasaran keganasan hewan pengerat ini.
Terkadang para peternak frustasi juga untuk menanggulanginya, baik dengan cara racun, lem,dan lain-lain.
Namun kali ini Kami mengajak Anda semua untuk berkreasi membuat sendiri perangkap tikus yang ramah lingungan dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang mudah diperoleh disekitar Anda..




Pada gambar di atas, kita dapat memanfaatkan botol plastik/kaleng bekas yang dilubangi kecil untuk melewati kawat pada sisi bawah dan tutup botol. 




Kemudian botol diberi umpan seperti selai kacang dan keju yang dioleskan ke permukaan botol/kaleng untuk menarik perhatian tikus menaiki botol. Beri jalan menuju botol. Cara kerjanya adalah apabila tikus menaiki botol maka botol akan berputar dan kelinci akan jatuh kedalam tong dan terjebak didasar tong. Untuk tong dapat dimanfaatkan apa saja yang permukaannya licin seperti bekas kaleng cat yang 25 Kg dan lainnya.


Cara lain adalah dengan memanfaatkan seng dimana sisi pinggir dibuat lubang untuk menahan kawat yang nanti berfungsi sebagai engsel plat seng untuk berputar atau bergerak kebawah ketika ada beban/tikus yang bergerak ke bagian ujung. Untuk menarik perhatian tikus menuju ke ujung plat/seng maka gantungkan makanan yang berbau menyengat dan disukai tikus pada bagian ujung dengan cara digantung menggunakan kawat dan dibagian ujungnga diikat penjepit kertas yang dari besi. Cara kerjanya adalah ketika tikus bergerak kearah ujung plat maka plat akan berputar ke bawah yang akan melemparkan tikus kedalam tong.

Atau cara lain dengan memanfaatkan paralon atau bekas gulungan kertas berikut ini,


1. siapkan sepotong paralon atau gulungan kertas bekas

2. siapkan tong atau kaleng bekas cat 

3. Atur posisi paralon dengan keseimbangan dimana ketika tikus di posisi ujung maka tikus akan meluncur ke dalam tong. agar tidak bergerak lekatkan paralon dengan double tape

4. Beri umpan diujung paralon agar tikus bergerak menuju ujung






5. Tunggu datangnya mangsa..dan Hap..tikus jatuh


sumber : kelinci-wongkito.blogspot.com


Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar