Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ternak Kelinci Potong di Tahun 2020 ( √ TERLENGKAP )

BUDIDAYA KELINCI PEDAGING

Di ibratkan budidaya kelinci itu seperti pohon maka

 1.      Akar = habit
 2.      Batang = Nutrisi
 3.      Cabang = Perlakuan untuk mengambil Gold/ Umur panen 
 4.      Buah = Gold/ Panen  Wool,Fancy,Food,Fur

Diibaratkan budidaya kelinci itu seperti pohon maka agar pohon ini kuat  dan kokoh, tumbuh besar , tidak tumbang ketika terkena badai, maka pohon ini haruslah memiliki akar yang kuat.

Dibudidaya kelinci juga seperti itu.Akar ini adalah habit kelinci di alam  liar.kita pelajari habit ini kemudian kita terjemahkan.





Cara Ternak Kelinci Potong Terlengkap

Habit Kelinci Habit kelinci adalah segala kebiasaan,tingkah, pola hidup kelinci di alam liar, apa-apa yang dibutuhkan kelinci di alam liar  kita masukkan kedalam kandang.

Memang tidak mungkin untuk murni 100%  diterapkan didalam peternakan, nah..disinilah pintarnya kita menterjemahkan habit kelinci dan segala bentuk rekayasa manusia pada kelinci diterapkan.

1.      Nocturnal (Hewan Malam)


kenapa sih kelinci itu bisa mengalami kembung, padahal kalo di alam liar kelinci itu tidak ada satupun loo yang mengalami kembung..kenapa setelah kita pelihara di dalam kandang di mengalami kembung dan mati...

nah ini jadi pertanyaan mendasar...dan jawabannya masih ada hubungannya dengan habit kelinci atau kebiasaan kelinci di alam liar

Kelinci itu nocturnal / hewan malam, nah..disinilah yang aneh begitu pula keistimewaan kelinci.Kenapa kelinci nocturnal/hewan malam.

Padahal hewan nocturnal itu hewan pemangsa tapi ini aneh hewan herbivore  tapi tergolong  nocturnal, walaupun kelinci hewan herbivora tapi kelinci beda dgn ruminansia/ sapi,kerbau dll.

 Pada hewan ruminansia makanan akan dikunyah masuk rumen diteruskan ke reticulum dan dibentuk seperti bolus atau bola2 kecil dan dimuntahkan ke mulut untuk dikunyah kedua kali/memamah biak.pada proses ini  apabila terdapat  gas yg ikut tertelan maka akan dikeluarkan bersama bolus2 tadi.pada kelinci tidak terjadi mekanisme semacam ini.

apabila hijauan masih mengandung gas maka tidak bisa dikeluarkan dengan  mekanisme bertahak/sendawa,sehingga akan menyebabkankembung.


Kelinci juga tidak bisa kentut, karena gerak jonjot usus dalam  memeras makanan disertai dengan gerakan memutar dan mengunci sehingga fases bisa  berbentuk bulat ,

sehingga angin pun akan tertahan dirongga perut.adanya keterbatasan ini maka kelinci memilih makan dimalam hari dimana proses fotosintesis sudah selesai shg hijauan yang dikonsumsi  sudah tidak lagi menggeluarkan gas.ini penggertian nocturnal pada kelinci.

 Masih tentang habit kelinci masuk ke pembahasan kembung karena semua ini masih saling terkait seperti pohon tadi. Fotosintesis daun

 REAKSI KIMIANYA : 6C02 + 12H2O + ENERGI CAHAYA >>>>>>>>6 (CH20) + 6O2 + 6H20.

secara naluri kelinci itu menghindari rumput yang masih berproses fotosintesis.maka dari itulah rumput harus dilayukan.rumput harus dilayukan dulu supaya kadar airnya berkurang, karena kadar air yg tinggi bisa menyebabkan kembung, itu salah besar !!

Yg benar adalah :karena proses photosintesa sudah selesai. Cholophyl sudah tidak aktif, proses pembentukan gas sudah berhenti. Harus diingat bahwa proses photosintesa bisa berlangsung kalau ada air dan sinarmatahari. Itulah sebabnya pada rumput yg sudah dilayukan apabila kena air,

apakah itu urine atau air lainnya, maka chlorophil akan aktif kembali dan proses photosintesa akan berlangsung, akan menghasilkan panas + gas dan apabila dimakan oleh kelinci bisa mengakibatkan kembung. Proses photosintesa terjadi setelah pemotongan (diarit) itu masih akan berlangsung antara 3 sampai 6 jam kemudian.


Itulah sebabnya mengapa proses pelayuan harus dilakukan minimalnya 6 jam, dan tumpukan rumput harus dibolak balik agar sisa gas yg dikeluarkan bisa keluar semua tidak terperangkap didalam sela2 rerumputan yg mungkin akan termakan oleh kelinci kita.

Oleh sebab itu mengapa pemberian rumput pada malam hari akan jauh lebih aman ketimbang diberikan pada siang hari.

 Reaksi enzimatik


 Rumusnya : 6 (CH2O) >>>>2C2H5OH + 2CO2 + ENERGI

Yang masuk disini adalah rumput yang ditumpuk bagian tengah tumpukan terasa panas dan hangat.saking panasnya bikin daunnya jadi kuning.

Ampas tahu >>basi,ransum yang basi..yang biasanya dikasih air..tidak habis termakan dibiarkan sampai sore…jika terkontaminasi bakteri ato microganisme kemudian jadi basi dan kemudian dimakan .reaksinya seperti proses enzimatik.


Jamur>>sedikit apapun harus kita hindari..jamur tersebut prosesnya sama menghasilkan panas dan gas. fur eating habbit>>kebiasaaan memakan bulu baik itu bulu sendiri atau bulu tetangga..

disebabkan karena rendahnya kadar serat dpakan, bulu yang dimakan akan membentuk gumpalan menjadi hairball kemudian menyumbat saluran pembuangan semakin menumpuk menekan diafragma menekan paru2 kemudian sesak nafas dan mati Pakan yang tidak ajeg,gonta ganti pakan.

Kelinci bukan manusia. Dia tidak butuh variasi. Kalau lengkap dalam artian pemenuhan kebutuhan protein, lemak, energi, viamin/mineral dan serat kasar itu betul.

Tapi tidak diberikan secara variatif, sekarang ini besok itu. Justru perlakuan semacam inilah yang membuat pencernaan kelinci menjadi tidak nyaman, sering menjadi kembung dan lucunya yg disalahkan cuaca.

Padahal akar permasalahannya pada perlakuan pakan yg tidak ajeg tsb. Kata kuncinya adalah pada kadar serat kasarnya.

Kadar serat kasar yg berubah-ubah inilah yg menjadi biang terjadinya stress pada Ini hanya penyebab kembung tambahan,khusus pada anakan yang berumur 2- 3bulan memang sangat rentang terhadap penyakit kembung..

ketika mulai belajar makan, nafsu makan yang berlebih tapi belum diimbangi perkembangan hormonal dan enzim2nya. Solusinya adalah pola makan >>sedikit , sedikit tidak akan mati dan ini lebih baik dari pada kenyang.

2. Daya Perlawanan Kelinci (Self Defence)



Kalau kita perhatikan binatang lain,kucing misalnya. Kucing kalau ketemu anjing pasti takut. Tapi apakah dia akan lari begitu saja? Ternyata tidak, karena dia punya daya perlawanan.

Dia akan menyeringai, menunjukkan taringnya sambil melengkungkan badannya. Itu semua merupakan daya perlawanan. Nah kelinci tidak punya itu.

Dia hanya bisa lari dan sembunyi. Terlepas larinya zig zag atau tidak, tapi yg jelas hanya itu yg dia sanggup lakukan. Kelinci yg tidak punya daya perlawanan terhadap predator inilah yg menyebabkan mengapa dia mudah  stress.

Apa2 yg dirasakan sebagai hal yg tidak biasa, akan dianggap sebagai predator , sesuatu yg membahayakan jiwanya, sesuatu yg membuat tidak nyaman.

3. Pakan kelinci dialam liar


Hijauan yang baik untuk kelinci adalah semua tumbuhan atau hijauan yang mempunyai daging daun yang lunak dan atau yang berbulu halus. Daging daun yang lunak dan atau yang berbulu halus artinya boleh berbulu halus boleh tidak, ini prinsip utama.

 Jadi kalo ada pertanyaan daun mangga , daun nangka boleh tidak diberikan kepada kelinci? Tentu jawabanya adalah “tidak”, karena dari kedua daun tersebut daging daunnya keras.

Hijauan-hijauan yang baik yang bisa membuat kelinci hidup, tumbuh dan berkembang, hidup dalam artian hudip dan sehat, tumbuh artinya bertambah besar dan berkembang artinya bisa beranak pinak dengan banyak.

Hijauan yang berbulu halus akan membuat pencernaan kelinci semakin nyaman sedangkan yang berbulu kasar mengindikasikan kadar silica (Sio2) yang sangat tinggi, Kadar silika yg tinggi ini didalam usus kelinci akan berakibat seperti ampelas.

Dinding usus akan mengalami iritasi terutama mucosa ususnya. lama kelamaan usus akan menjadi berlubang-lubang yang berkelanjutan pada kematian.

Hijauan yang termasuk berbulu kasar ini antara lain adalah daun bambu, daun padi dan juga alang2. Jadi itulah alasannya mengapa alang-alang tidak baik untuk kelinci, bukan karena alasan bergetah karena alang-alang memang tidak mengandung getah.

Disamping prinsip utama diatas ada prinsip lain yang logis yaitu dengan mengembalikan ke habitnya. Kalau saja kelinci ini dilepas liarkan apakah dia bisa memakan daun nangka? daun mangga atau daun lain yg letaknya jauh diatas ? kalau tidak berarti daun-daun  itu bukan pakan alami kelinci.

Itu adalh prinsip-prinsip  dasar kita memilih hijauan yg baik sebagai pakan utama kelinci kita. Tapi tidak semua hijauan yang lunak dan berbulu halus itu baik untuk kelinci, kesemuanya harus pilah lagi, ada jenis rumput yang memabukkan ada juga yang beracun ada juga yang mengundung anti nutrisi.

 Antinutrisi adalah zat- zat yang bisa mengakibatkan terhalangnya penyerapan bahkan terkadang bisa menjadi racun pada kelinci.

Oksalat Oksalat yang tinggi akan mengikat kalsium dalam dArah sehingga kelinci akan  mengalami kekurangan kalsium, akibatnya pembentukan tulang akan tergangu, tulang akan menjadi lemah dan kurang padat, bahkan sering terjadi kelumpuhan/ngesot akibat struktur tulang yang kurang baik. 

Contoh oksalat : Rumput setaria,bayam, daun katuk dan kankung.

Mimosin Mengakibatkan kerontokan bulu rontok,pemberian pada kelinci bunting dibawah 10 hari dapat mematikan embrio sehingga kelinci gagal bunting.

Contoh : lamtoro, jenis putri malu, petai cina, daun turi

Tanin Pada tanaman merupakan zat pertahanan untuk mempertahankan diri dari cuaca  ataupun predator herbivore, biasanya berupa getah yang sepet dan cenderung pahit.

Contoh tannin  : gedebok pisang

Anti tripsin Anti tripsin menghalangi proses pemecahan protein  oleh enzim tripsin menjadi asam amino.biasanya berbau langu. Contoh : kedelai  Asam sianida Contoh  : daun ketela pohon

4. Kotoran dan fases


Kalau kita memelihara kelinci dalam kandang ya artinya  kita akan memindahka segala aspek kehidupannya kedalam kandang, jadi apa- apa yang tidak bisa dia dapatkan didalam kandang tugas kitalah yang merekayasanya.

 Contohnya kalau dialam liar kelinci bisa lari dan sembunyi dari predator dan ini tidak bisa dia dapatkan didalam kandang karena terbatasnya ruang maka predatornyalah yang kita hilangkan, segala bentuk ganguan harus kita cegah.

 Dialam liarnya kelinci itu tidak pernak ketemu dengan fases kan bau kencingnya sendiri, tapi didalam kandang kita suguhi dia bau pesing dan bau kotoran tiap hari,......

...... dan apa yang terjadi jikalau seperti ini, karena terus-terusan menghirup bau amoniak akibatnya terjadi iritasi disaluran bronchitisnya / saluran pernafasan, terjadi reaksi alergis, akibatnya akan keluar sekresi akibat dari reaksi tadi.

Hidung kelinci meler.pada umumnya para peternak kelinci  salah mendiagnosa sebagai kelincinya terkena pilek/kena flu.dan celakanya  pemberian antibiotic langsung dilakukan, antibiotic yang tidak hanya bekerja disaluranpernafasan atas tetapi juga pada system pencernaan, .......

......akibatnya bukan bakteri jahatnya saja yang musnah tapi bakter baikpun juga ikut mati, terjadi ketidak seimbangan microganisme didalam usus kelinci, bakteri baik yang tadinya bisa menstimulun beberapa vitamin akhirnya jadi hilang, nafsu makan jadi hilang,dan akhirnya jadi mati.

5. Kelinci beranak banyak


dalam setiap perk*winan kelinci ada sekitar 60- 70 sel telur yang dibuahi, dan lihat putting susnya rata2 ada 8 , jadi kilinci bisa melahirkan anak rata2 8 ekor atau lebih bahkan ada yang sudah mencapai 14 ekor.

Tapi littersize  peternak kelinci berkisar 6 ekor kebawah bahkan ada yang 2 ekor  saja. Masalah jumlah anak sepenuhnya dipengaruhi induk betinanya, jadi anakan sedikit atau banyak karena kondisi sel telur atau oviduknya, penyebab kelinci beranak sedikit  sangat banyak salah satunya karena postur kelinci yang pendek

Teorinya mengatakan “ Kalo punggung kelinci lurus maka tempat untuk berkembangnya janin lebih longgar sehingga kapasitasnya jumlah anaknya lebih banyak.” Untuk mentreatmen agar  tulang punggungnya agak lurus, tidak melengkung caranya adalahkelinci harus selonjoran terus, satunya cara adalah usunya harus terisi penuh, untuk membuat  usus kelinci terisi peneh kelinci harus terus-terusan makan.

Nah untuk membuat agar kelinci selalu makan tanpa henti, teorinya mengatakan, “ Kelinci akan berhenti makan kalau energy/ kaorinya sudah tercukupi”.

Jadi supaya kelinci makan terus, maka kita kasih pakan yang berenergi rendah disamping kadar serat yang tinggi, dengan demikian kelinci akan makan dan makan lagi karena dia merasa energinya belum tercukupi. Kadar serat yang tinggi akan memperpanjang massa transit makanan diusus, kondisi ini akan membuat postur juga ikut memanjang.

Lihat gambar! Semakin punggung kelinci  itu lurus dan panjang maka tempat untuk berkembangnya janin lebih panjang. Reproduksi kelinci Sepenuhnya reproduksi kelinci dipengaruhi oleh gizi dan pola pakan Masa bir@hi kelinci Tergantung masing- masing individu, rata- rata antara 4 sampai 11 hari.

Jikalau lebih dari 14 hari ini berarti ada yang salah dengan gizi dan pola pakan.bisa diberi daun wortel. Daun wortel mengandung paspirine yang bermanfaat untuk merangsang kelenjar pituitary grand atau kelenjar bawah otak, kelenjar yang berperan penting dalam memberikan pesan untuk pelepasan hormone  jadi paspirin berguna untuk menyuburkan system repproduksi.


Tapi yang lebih penting lagi adalah memperbaiki kualitas mutu pellet kelinci kita. Terjadinya pembuahan pada kelinci Pembuahan sempurna urutannya :  Bir@hi  K@win R@ngsangan Kelenjar pituitary Kelenjar gonad Hormone gonadropin Folikel pecah  Pembuahan sel telur oleh sperma Hamil/bunting



Jika mandul maka sel reproduksinya yang bermasalah. Maka ini masuk ke kelompok afkir/pedaging Jika majir berarti kegemukan.(lihat gambar rahim kelinci) Solusi untuk mengatasi kegemukan ini adalah modifikasi pakan. Terutama serat kasar.

(Selengkapnya ada di bab nutrisi). Memang tidak terjadi kehamilan, jadi tidak ada perubahan hormonpada tubuh kelinci. Jadi ketika umur bunting sudah 30 hari kelinci tenang- tenang saja tidak ada cirri- cirri mau melahirkan. Jadi ini tugas kita untuk mencari penyebab gagal h*mil, sel reproduksinya yang bermasalah/majir, atau k*win tapi tidak kena..

 Bunting tapi jadwal beranak mundur. Jikalau ananakan sedikit pasti jadwal beranaknya mundur, karena masih terasa longgar dan janin belum terdorong ke ujung uterus.

Pembuahan yang mundur juga menyebabkan jadwal beranak ikut mundur. H*mil semu, cirri- cirinya seperti mencabuti bulu, dan membuat sarang tapi tidak beranak. H@mil semu ini terjadi karena kita mengawinkan kelinci tidak pada puncak bir@hi sehingga rangsangan yang didapat lewat dari 3 hari,

ketika folikelnya pecah, tapi sel spermanya sudah mati karena sel sperma didalam uterus kelinci hanya bertahan hidup salam 3 hari atau 72 jam. Kemudian terjadi perubahan hormone pada kelinci, dimana hormone-hormon bunting dibentuk maka kelinci akan berprilakau layaknya kelinci hamil,


nyabutin bulu,padahal anaknya tidak ada. Inilah yang disebut dengan hamil semu atau pseudo pregnancy  Proses pembuahan yang berkepanjangan, cirinya anakan besarnya tidak sama rata, yang lain sama tapi ada 1 atau 2 yang kecil beda sama temen-temennya.


Proses dimana terjadi rangsangan setelah dik*winkan sampai folikek pecah butuh waktu sekitar 8-10 jam, antra rentan waktu ini tidak boleh adanya ganguan yang menyebabkan kelinci jadi stress dan menganggu jalannya hormone untuk memecah folikel tadi. Palpasi pada kelinci. Untuk memastikan kelinci hamil atau tidak, satu-satunya jalan ya harus dengan palpasi.

Tidak bisa hanya mengandalkan cici-ciri. Karena apa? karena kelinci hamil semupun mempunya tanda tanda yg sama dengan kelinci hamil sungguhan. Jika kita hanya mengandalkan ciri-ciri tadi, kemudian ternyata hamil semu, kemudian karena prediksi kita dia hamil dan porsi pakan kita tambah, maka akan terjadi over konsumsi.

Akibatnya kelinci akan mengalami kelebihan energi yg otomatis akan terjadi penimbunan lemak. Penimbunan lemak ini kalau sudah terjadi di saluran reproduksi akan menyebabkan kelinci susah hamil dan mudah terserang penyakit.


Caranya palpasi adalah mula-mula letakkan kelinci diatas meja dengan kepala menghadap kearah kita. Tangan kanan memegang kelinci dengan cara pegang telinganya dan disatukan dengan tengkuknya, dengan demikian kelinci akan tenang dan tidak berontak.

Pemeriksaan akan dilakukan dengan tangan kiri kita dengan memposisikan jari jempol dan keempat jari lainnya saling berhadapan dengan jarak 4 - 5 cm. Bentuk posisi jari-jari ini dimaksudkan untuk memegang embryo dengan cara merapatkan jempol dengan keempat jari yg lain. Kemudian tangan kiri kita kita masukkan kebawah perut kelinci kira-kira diantara dua paha.

Posisi jari jempol dan keempat jari lainnya kita sodokkan perlahan mengarah keatas sampai mentok, kemudian jari jempol dan keempat jari lainnya berusah mencari/memegang embryo dengan cara merapatkan jari2 tadi. Benjolan akan terasa kira-kira  sebesar buah anggur dan kalau terpegang akan melejit, nggrunjel kesana kemari.

Gerakan tangan kiri ini bisa kita gerakkan kearah depan atau belakang untuk mencari sambil berusaha memegang embryo tadi. Besarnya embryo pada umur 14 hari adalah sebesar buah anggur sehingga tidak mungkin keliru dengan faeces. Berbeda kalau kita palpasi pada umur 7- 8 hari. Embryo masih sebesar faeces.

Tetapi dengan pengalaman kita bisa membedakan mana faeces, mana embryo. Kalau terpegang dan dia tidak lari-lari, maka itu artinya faeces.

Tetapi kalau terpegang kemudian dia lari-lari, melejit kesana-kesini maka itulah embryo. Palpasi itu sebaiknya dilakukan dua kali. Pertama pada umur "sampai 14 hari setelah dik*winkan", kalau positip dilakukan palpasi yg kedua , yaitu hari ke27 - 28 setelah perk*winan.

Palpasi yg kedua ini ditujukan untuk memperkirakan berapa banyak jabang bayi yg ada dalam perut. Semakin banyak maka waktu beranaknya akan mendekati hari ke 30 atau ke 31. Kalau sedikit, kelahiran akan molor, bisa sampai hari ke 34 atau ke 35 tergantung posisi jabang bayinya.

Semakin mendekati vulva berarti semakin mendekati kelahiran, kalau masih ditengah ya berarti masih lama. Ini harus kita lakukan sambil melatih kepekaan kita.Palpasi kedua ini, kelinci tidak perlu kita keluarkan dari kandang supaya menghindari kelinci menjadi stress.

Cukup dari dalam kandang saja, kita pegang kepalanya dengan tangan kanan, tangan kiri kita meraba bagian bawah perut sambil mengamati posisi jabang bayi ysb apakah posisinya sudah dibelakang mendekati vulva atau masih ditengah tengah bagian perut.

Dengan rabaan ini kita bisa merasakan jabang bayinya banyak atau sedikit. Palpasi harus bisa dilakukan umur seminggu. Dan ini bukan hal yang tidak realistis. Sangat realistis dan perlu dilakukan untuk mencegah pembengkakan biaya .

Ketrampilan ini mudah dipelajari, dan bukan hal yg sulit. Hal yang paling penting juga dari hasil palpasi adalah bukan saja mengetahui apakah kelinci bunting atau tidaknya, tetapi apabila kelinci positip bunting, maka porsi pakan harus mulai ditambah porsinya.

Ini penting agar embryo yang akan berkembang menjadi janin tercukupi nutrisinya. Begitu juga si induk. Induk yang tidak mendapat cukup nutrisi, dalam perkembangannya dia tidak akan merasa bunting sehingga secara naluri juga tidak akan siap.

Ini juga yg menjadi sebab mengapa induk tidak mencabuti bulu untuk persiapan kelahiran, karena kelenjar susu juga tidak berkembang sehingga naluri keibuannya juga tidak muncul. Ini yang harus menjadi perhatian kita, mengapa palpasi penting karena bukan saja mengetahui positip bunting tidaknya kelinci,

tetapi juga membantu memunculkan naluri keibuannya.  kesalahan mendasar yg hampir saya jumpai dimana-mana. Palpasi hanya sekedar kepengen tau apakah kelinci kita positip bunting atau tidak. Padahal harus ada tindak lanjutnya.




Kalau positip  porsi pakan harus ditambah secara gradual/sedikit demi sedikit sampai kira-kira 1 1/2 kali porsi biasanya sampai waktu kelahiran, dan ditingkatkan sampai kira-kira 2 kali porsi biasa pada phase menyusui.

Porsi pakan akan meningkat lagi sampai 3 kali porsi biasa pada saat anakan mulai ikut makan. Apabila hasil perk*winan negatip maka harus dilakukan pemantauan masa bir@hinya kembali, sebagai persiapan perk*winan berikutnya.


banyak peternak dlm pemberian pakan masih samarata antara bunting dan tidak bunting, menyusui . Reproduksi pada kelinci Sistim hormonal kelinci itu berbeda dengan sistim hormonal manusia. Hormonnya sama tapi cara bekerjanya tidak persis sama. Pada manusia .. setelah melahirkan akan terbentuk hormon prolaktin yaitu hormon untuk menyusui.

Adanya hormon prolaktin ini akan menekan kerja hormon esterogen dan hormon progesteron. Padahal hormon ini hormon yg mempengaruhi pelepasan sel telur. Jadi Apabila hormon prolakti aktif maka pelepasan sel telur dari indung telur tidak akan terjadi sehingga dalam keadaan menyusui wanita tidak mungkin bisa hamil karena tidak ada sel telur yg bisa siap untuk dibuahi.


Berbeda dengan kelinci. Kelinci ini hewan yang mempunyai keistimewaan dalam hal reproduksinya. Hormon menyusui dan hormon bunting bisa ada dalam waktu yg bersamaan. Jadi dalam kondisi menyusui yang artinya hormon prolaktin sedang tinggi-tinginya, tetapi hormon esterogen dan progesteronpun selalu siap untuk mendorong sel telur berovulasi.

Itulah kehebatan hewan yg satu ini. jadi semua tergantung pada kita, apakah kita mau memanfaatkan kelebihannya atau tidak. 


Batang /Nutrisi 


NUTRISI YANG  DIPERLUKAN KELINCI 


Kebutuhan nutrisi kelinci itu hampir sama dengan kebutuhan nutrisi pada manusia, butuh protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral dan yang tidak kalah pentinnya adalah serat kasar. 

Pengetahuan tentang nutrisi ini kembali lagi ke habbit kelinci apa saja yang dimakan kelinci dialam liar. Secara alami pakan kelinci adalah hijauan. Hijauan secara kwalitas bisa memenuhi semua kebutuhan kelinci. Yang menjadi persoalan adalah jumlah kandungannya yg sangat sedikit, terutama kalori/energi dan proteinnya.

Yg lainnya, lemak, vitamin/mineral dan serat kasar sangatlah cukup. Jadi sebaiknya, pakan kelinci berupa hijauan haruslah diberikan secara adlibitum (selalu tersedia). \Karena hijauan yang dikonsumsi mempunyai nilai energi yg rendah sehingga kelinci akan terus merasa lapar.

Dia akan berhenti makan sementara karena perutnya terasa penuh, tetapi kebutuhan energinya belum tercukupi. Apabila perutnya dirasakan agak longgar maka dia akan makan lagi, begitu seterusnya. Makanya ada pemeo dari orang tua  dulu kalau kelinci itu makannya banyak, tidak berhenti-henti, karena kondisinya memang demikian.

PROTEIN 


Fungsi protein dalam tubuh ternak kelinci sangat banyak yaitu antara lain : Sebagai penyusun drah, enzim, hormone dan zat antibody Sebagai penganti sel/ regenerasi sel Sebagai sumber energy Untuk  pertumbuhan

Berperan dalam pembekuan drah Dll Rumus kimia protein Jenis bahan baku pakan yang berprotein tinggi Ampas tahu Bungkil kedelai Tepung ikan max 2 % Bungkil kopra Dll


SERAT KASAR

Serat  kasar adalah bagian makanan yang tidak dapat dihancurkan oleh enzim- enzim pencernaan. Jadi serat kasar ini tidak ada yang diserap oleh kelinci, tidak ada yang menjadi daging, namun serat ini sangat penting untuk pencernaan kelinci.

Bagian serat ini ada :
Pektin Selulosa Hemiselulosa Lignin


Jenis serat kasar ada 2 yaitu :

Serat terlarut /dapat dicerna Serat tidak terlarut/ tidak dapat dicerna
Misalnya kelinci kita memakan serat sebanyak 10 gram, yang 8 gram bekerja diusus, kemudian yang 2 gram diserap usus kemudian masuk ke peredaran darah bersama asam empedu mengikat lemak dan kolesterol kemudian  dibuang lewat fases. Jadi  masuk 10 gram keluar juga sama 10 gram, tidak ada yang diserap pencernaan kelinci.           


Fungsi serat kasar :

Kenyamanan pencernaan kelinci.
Jadi semakin tinggi kadar serat dalam pakan maka pencernaan akan semakin nyaman. Tetapi daya cerna terhadap pellet akan menurun, yang artinya FCR akan menjadi tinggi.kelinci akan menjadi kurus tidak berbobot. Jika kekurangan serat pencernaanya mulai tidak nyaman dan akhirnya mencret/ diare Batas minimal prosentase serat adalah 11%-12%, sedangkan idealnya adalah 13 % -14 %.

LEMAK

Lemak mempunyai beberapa fungsi yaitu : Cadangan energy Berperan dalam pengatur suhu tubuh Sebagai carrier vitamin ADE & K Dll Kandungan lemak ini berkisar antara 3 % - 5 %.

Dalam pakan kelinci (kecuali yang menggunakan hijauan) sebaiknya kandungan lemak berkisar antara 3 sampai 5 % saja. Jangan kurang dari 3 % dan jangan lebih dari 5%.

Lemak disamping sebagai cadangan energi juga dipakai sebagai penyeimbang metabolisme tubuh. Seperti kita ketahui bahwa vitamin A D E dan K hanya bisa larut didalam lemak. Padahal vitamin D dibutuhkan untuk penyerapan Calsium.

Oleh sebab itu pada phase kelinci bunting kandungan lemak didalam pakan perlu ditingkatkan sampai 5 %. Apabila kandungan lemak kurang, maka vit D akan sulit larut dan penyerapan Calsium akan terganggu, akibatnya berpengaruh pada pembentukan rangka tulang pada janin dan yg sering terjadi adalah pembentukan tulang bonggol dan mangkuk pada kaki belakang yang kurang sempurna.

Hal ini yang sering mengakibatkan kelinci mudah mengalami Hip Dysplasia (gempor/sengkleh). Pada anakan kelinci yang mengalami kekurangan lemak sering timbul gejala "eksema dermatitis", kulit kering, bulu menjadi kusam dan pada akhirnya mengalami kerontokan.

Tetapi kadar lemak tetap tidak boleh melebihi 5% karena bisa menimbulkan masalah. Semua makanan yang diserap oleh usus dan masuk kedalam peredaran darah, baik itu asam amino, lemak yang berupa lipida ataupun glucosa kesemuanya akan didistribusikan oleh hati.

Jadi hatilah yangg bekerja membagi-bagikan asam amino kemasing-masing jaringan dengan identitynya dan begitu juga dengan lemak. Lemak akan didistribusikan sesuai tempat-tempat  yg membutuhkan dengan identitas tertentu.

Apabila serapan lemak ini berlebihan, maka lemak yg menerobos melalui hati tadi tanpa di beri identitas maka akan masuk kedalam jaringan sel, dan celakanya karena tanpa identitas tadi maka si lemak akan dianggap sebagai benda asing oleh zat anti body.

Akan terjadi penyerangan oleh darah putih karena dianggap benda asing tadi. Hasil sekresinya akan berupa nanah.Apabila hal ini berlangsung terus menerus maka akan terjadi abses/pembengkakan jaring dan ini yg tadi dikatakan sebagai bisul.

Karbohidrat


Secara mendasar, fungsi utama dari karbohodrat adalah sumber energi bagi sebagian besar mahluk didunia ini, karena banyak didapat dialam dan harganya relatif murah,jauh lebih murah dari energi yg dihasilkan oleh lemak terlebih lagi dari protein.

Jadi dalam hal memenuhi kebutuhan energi sebaiknya dicukupi dari karbohidrat saja.

Sebagian karbohidrat didalam tubuh akan berada dalam sirkulasi darah sebagai glukosa untuk keperluan energi segera, kebutuhan hidup, gerak dan lain sebagainya,...

....sebagian disimpan sebagai glikogen dalam hati dan jaringan otot dan sebagian diubah menjadi lemak untuk kemudian disimpan dalam jaringan lemak sebagai cadangan energi.


Seekor kelinci yang mengkonsumsi korbohidrat melebihi kebutuhannya,maka kelinci akan menjadi gemuk akibat penumpukan lemak tadi.

Sebaliknya, apabila kekurangan,maka kebutuhan energi akan diambil alih oleh ketersediaan protein. Ini berarti fungsi dari protein yg awalnya dipakai untuk pertumbuhan, sekarang dipakai untuk kebutuhan energi. Dengan demikian pertumbuhan akan menjadi terhambat.

Inilah plus minusnya energi. Kurang salah (kelinci kurang berkembang), kalau lebih kelinci menjadi cepat berlemak yang pada akhirnya kelinci akan menjadi majir karena oviduct/saluran peranakan tersumbat oleh lemak, bisul, abses dan lain sebagainya. Ideal untuk kalori ini adalah 2300- 2500 kkal/kg.

CARA FORMULASI PAKAN KELINCI


RUMUS
NN = BP / BPT X NPB
                               
Keterangan :           
NN      : Nilai nutrisi 
BP       : Jumlah kg bahan
BPT     : Jumlah total kg bahan pakan
NPB    : Nilai nutrisi bahan pakan yang dihitung

 Kita mau membuat pellet dengan bahan jagung, pollar, dedak padi, kulit kacang molase, nah ini kita cari masing- masing kandungan nutrisinya , protein, lemak, serat , dan kalori.