Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bolehkah kelinci makan bayam

Bolehkah kelinci memakan bayam, daun bayam, akar, batang, atau batang? Saat memberi makan makanan segar kelinci , kita harus memperhatikan kandungan gula dan pati. Bayam tidak termasuk kedalam daftar makanan yang buruk untuk kelinci. Namun, kita harus memberinya makan bayam dalam jumlah kecil karena kandungan asam oksalat yang lebih tinggi. lalu bolehkah kelinci  makan bayam? jawabannya ya tapi bukan yang utama.  ya karena kelinci bisa makan bayam tetapi  mereka harus memakannya dalam jumlah yang lebih kecil daripada sayuran hijau lainnya. Mengapa? Bayam mengandung banyak vitamin dan zat bergizi, tetapi karena kadar oksalat yang lebih tinggi, kita harus membatasi jumlah sayuran ini. sudah taukan efek terlalu banyak oksalat pada kelinci.. ya benar sekali efeknya adalah kelumpuhan..lebih detailnya bisa dibaca pada artikel sebelumnya.

Bolehkah kelinci makan bayam

Baca Juga : Kenapa Kelinci Suka Menggigit
Cuci sayuran bayam sebelum memberi makan kelinci peliharaan kita. bersihkan sayuran dari kotoran, tetapi juga membuang bahan kimia berbahaya dari permukaan daun bayam. Kami sangat merekomendasikan membeli sayuran organik sesering mungkin.Sistem pencernaan kelinci sangat sensitif terhadap pestisida.

beberapa masalah dengan bayam. Asam oksalat akan mengikat kalsium / magnesium / mineral lain secara bersamaan, sehingga akan membuatnya tidak larut didalam darah. Oleh karena itu, mengurangi kemungkinan penggunaannya dalam struktur tulang. Kandungan kalsium mungkin terjebak di kandung kemih dan menyebabkan batu kandung kemih. dan inilah yang menyebabkan terkadang urine kelinci hadi sangat keruh.

Batang dan tangkai tanaman bayam memiliki kandungan serat lebih tinggi daripada daun, oleh karena itu sangat bermanfaat untuk kelinci. Akar memiliki kandungan gula lebih tinggi karena mereka menyimpan energi, jadi lebih baik buang saja akarnya.

Mengapa kandungan oksalat buruk untuk kelinci atau manusia? Bayam adalah sumber besar beta-karoten (provitamin A) yang sangat penting untuk perkembangan tubuh. bayam  juga menyediakan kandungan tinggi vitamin lain (C, E, K dll) dan mineral (Kalsium, Besi, Magnesium, Asam Folat, Kalium dll) yang diperlukan untuk kelinci yang sehat. Namun, selain unsur bermanfaat ini, bayam juga mengandung oksalat, tidak sehat untuk kelinci dalam jumlah yangberlebihan.

Oksalat bukan zat beracun seperti pestisida. Oksalat adalah racun makanan yang terjadi secara alami (asam organik) yang dapat menghambat saluran urin kelinci kita, dan menghasilkan gatal di kulit atau mulut jika dimakan dalam jumlah yang lebih besar. tapi tenang saja tidak usah takut memberikan bayam kekelinci kita dikarenakan manfaatnya leb;ih banyak dari pada bahayanya, asal pemberiannya dalam jumlah yang sedikit saja, akan masih tetap aman.
baca juga obat ampuh untuk mengatasi kelinci sembelit

Jadi, jika kelinci kita makan bayam secara teratur, oksalat bisa menjadi beracun. Ada makanan lain juga, yang mengandung oksalat. Jadi hati-hati jangan memberi mereka makan bersama.
Berikut adalah daftar sayuran hijau ini:

Baca Juga : CHANNEL YOUTUBE RESMI INDUSTRI KELINCI
Rekomendasi pemberian makanan terbaik adalah:

Berikan 3-5 jenis sayuran hijau setiap hari . Jangan memberi makan sayuran yang sama sepanjang waktu setiap minggu. Campurkan. Ragam sayuran adalah kunci supaya kelinci tidak terlalu makan bayam. Perkirakan jumlah sayuran adalah sekitar 1 cangkir sayuran untuk dibagi menjadi beberapa kali makan dalam sehari. Jika suatu hari kita memberi makan bayam terlalu banyak, maka hindarikan bayam  dalam periode waktu berikutnya. Memberi makan bayam kelinci kita seminggu sekali, dua kali paling banyak, sudah cukup.

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa:

bayam muda memiliki oksalat terendah dan pH tertinggi, daun yang lebih tua memiliki oksalat tertinggi dan pH terendah. Namun, penelitian lain menunjukkan sebaliknya. Kita tidak dapat memastikan tingkat oksalat dalam bayam karena dapat bergantung pada berbagai faktor seperti musim atau tanah.

Bagaimana dengan bayam yang dimasak, ya memang jikalau dimaksak kadar oksalatnya akan menghilang akan tetapi Kelinci tidak mampu mencerna makanan matang dengan benar. bagaimanapun juga, kita tidak boleh memberinya makan yang dimasak ke kelinci kita.  kelinci lebih baik makan bayam mentah dan mereka akan menikmatinya jika dalam keadaan mentah

Kelinci kita akan lebih menyukai bayam segar daripada yang layu atau yang kekuningan. Bayam disimpan di tumpukan sama sekali tidak disukai kelinci kecuali kalo mereka lapar. Kelinci sangat sensitif terhadap makanan yang difermentasi. itulah sebabnya saya orang yang menentang makanan fermentasi untuk kelinci.

nah ada pertanyaan bolehkah anakan kelinci makan bayam. Untuk anakan kelinci, waktu yang tepat untuk memperkenalkan sayuran adalah ketika kelinci kecil kita berumur sekitar dua bulan.Sebelum memasukkan segala jenis makanan segar ke kelinci kita, kelinci harus makan rumput //hay kering setidaknya selama dua minggu.
Baca Juga : Ketika Anakan Kekinci Ditinggal Mati Indukannya