Widget HTML Atas

bolehkah kelinci makan sawi putih

sawi putih merupakan sumber potasium, vitamin dan mineral yang sehat dan kaya akan serat larut dan tidak terlarut yang tidak hanya baik untuk manusia tetapi juga sangat baik untuk kelinci jadi jika ada pertanyaan bolehkah kelinci makan sawi putih jawabannya adalah boleh saja.

sawi putih mengandung sangat banyak sekali serat dan nutrisi yang diperlukan oleh kelinci tetapi dengan catatan harus dikombinasikan dengan rumput atau jenis sayuran lainnya.



sawi putih juga kaya akan vitamin k yang memiliki kandungan kalsium yang rendah yang baik untuk kelinci karena kelinci sangat peka dengan hijauan yang memiliki kalsium yang tinggi, kenapa?? karena kelinci tidak bisa mensintetis kalsium yang tinggi yang terakumulasi dalam tubuh mereka yang selanjutnya kalsium ini akan dibuang oleh ginjal dan pada akhirnya ginjal akan terjadi gangguan dan berlanjut ke kandungan kemih yang membuat urine kelinci berwarna keruh.

lalu pertanyaannya adalah seberapa banyak kita memberikan sawi putih untuk kelinci.

Porsi sawi putih boleh diberikan dalam jumlah banyak akan tetapi harus seimbang atau diberi campuran seperti rumput dan sumber serat yang lainnya terlalu makan banyak sawi putih akan menimbulkan kerusakan pada pencernaannya terutama ginjalnya.

ada sebagian peternakan kelinci yang merekomendasikan setidaknya kelinci itu memakan sayuran yang berbeda setiap harinya tapi mungkin itu sangat susah sekali karena untuk mendapatkan sayuran yang berbeda-beda tiap harinya pasti akan kesulitan kecuali kalau kita dekat dengan pasar.


Baca Juga : Bolehkan Kelinci Makan Daun Lomtoro