Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa yang harus dilakukan ketika kelinci sembelit

Kenapa kelinci bisa mengalami sembelit-Kelinci memiliki saluran pencernaan yang sangat sensitif dan kelinci peliharaan dapat terkena sembelit jika sistem pencernaan mereka tidak seimbang. sembelit dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani secepat mungkin. sembelit  pada kelinci dapat disebabkan oleh stres, penyakit, penyumbatan usus atau masalah gigi, tetapi kelinci peliharaan sering menjadi sembelit ketika mereka tidak diberi diet atau asupan nutrisi yang tepat.

Gejala kelinci sembelit diantaranya adalah
kelinci tidak makan, sangat sedikit atau tidak ada kotoran yang dikeluarkan, kelinci duduk membungkuk, perut bengkak. Kelinci bisa menjadi sembelit ketika ada kotoran keras yang sulit dikeluarkan kelinci. Ada risiko sembelit lebih tinggi ketika kelinci berkeliaran karena saat mereka membersihkan diri, mereka menelan rambut atau bulu mereka atau temannya yang masuk ke saluran usus mereka dan kadang-kadang membentuk penyumbatan. Karena itu, kelinci yang sedang moulting atau ganti bulu  harus sering disikat untuk menghilangkan rambut dan bulu mereka.

Apa yang harus dilakukan ketika kelinci sembelit

Sembelit umumnya dapat dicegah dengan memberi makan makanan yang benar dari 80% rumput yang mengandung serat. karena kandungan serat yang tinggi membuat pencernaan kelinci berjalan lancar. rumput atau hijauan memberikan tekanan yang membuat benda bergerak melalui saluran gastrointestinal (GI). kebutuhan air yang tepat juga penting, jadi pastikan mereka memiliki cukup air untuk diminum
Baca juga beberapa faktor kenapa indukan kelinci tidak menyusui anakannya

Jika kelinci  membungkuk karena kesakitan, kemudian berhenti makan, dan  mengeluarkan tinja kecil yang keras atau tidak mengeluarkan kotoran sama sekali dalam 12 jam atau lebih, ia mungkin mengalami sembelit. maka segera lakukan langkah berikut ini, yang pertama bawa kedokter..hehe..

Jika kelinci tidak dibawa ke dokter hewan segera, maka keluarkan makanan pelet kelinci atau remukkan dan campur dengan air ke dalam bubur, beri makan lebih banyak rumput dan sayuran segar dan pastikan kelinci minum banyak air segar. Jangan memberi makan buah karena terlalu manis dan keras pada sistem pencernaan  mereka. Wortel juga mengandung terlalu banyak gula dan dapat menyebabkan masalahnya akan menjadi tambah parah.

Cara terbaik untuk menghindari kondisi yang sering mematikan ini adalah memastikan kelinci memiliki pola makan kaya serat,minum air bersih, dan memakan berbagai macam sayuran. Hindari makanan bertepung seperti roti, kue.

Diet yang sehat dari rumput, pelet dan bermacam-macam sayuran yang aman untuk kelinci seharusnya menjaga pencernaan usus tetap berfungsi dengan baik.

lha wong kelincinya gak doyan makan lha kok diberi hijauan, ya jelas gak dimakan doong...!itu berarti kadar sembelitnya sudah akut, segera cari buah nanas blender lalu peras airnya dan segera minumkan ke kelinci.




Bagi teman2 kelinci yang masih kesulitan dalam hal menghitung kebutuhan nutrisi dalam pembuatan pelet kelinci. kalian bisa mengunjungi channel youtube industri kelinci TV

Alamat Channel youtube : http://bit.ly/ChannelIndustriKelinci