Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perlukah kelinci dimandikan


Kelinci, musang dan kucing, tidak perlu mandi. Kulit mereka sudah kering dan memandikan secara teratur akan membuat kulit mereka lebih kering, yang akan sangat tidak nyaman bagi mereka. Kelinci adalah binatang yang bersih secara alami. Mereka sering merapikan diri.

Selain membersihkan gigi secara teratur untuk mencegah pembentukan bola rambut, kelinci domestik biasanya tidak perlu sering dimandikab. Namun, beberapa pemilik, terutama mereka yang memiliki indera penciuman sensitif atau mereka yang ingin menunjukkan hewan peliharaan mereka dalam kondisi yang bersih mungkin ingin memandikan kelinci mereka secara lebih teratur.

gambar perlukan kelinci dimandikan

jadi bolehkah kelinci kita mandikan, jawabannya adalah Ya, tetapi hanya jika itu benar-benar diperlukan., Kelinci memiliki versi mandi mereka sendiri. Mereka sering menjilat bulu mereka seperti kucing. Jadi  tidak perlu sering-sering memandikan hewan kelinci peliharaan Anda. Selain itu, kelinci memiliki bulu yang sangat halus dan padat dan akan memakan waktu yang cukup lama untuk mengering sendiri. Jadi, setiap kali kelinci Anda basah, bulunya harus dikeringkan secepat mungkin. Namun, kelinci juga sangat sensitif terhadap panas, dan menggunakan alat pengering panas dapat menyebabkan beberapa masalah serius.

nah jika mendesak sekali maka kita sepagai pemelihara harus memandikannya secara hati2, dan biasanya mereka akan berontak hika seluruh badannya terkena air.

Baca Juga : Bolehkah Kelinci Makan Nasi Basi

jika memang terpaksa sekali untuk memandikan kelinci karena bau yang mengaggu maka ajaklah pasanganmu istri atau anggota keluarga untuk memandiakn kelinci, yang jomblo gak usah baper...
hampir semua kelinci tidak akan mau dimandikan, mereka dipastikan akan berontak maka dioperlukan partner untuk memegang kelinci dan satu lagi memandikan kelinci, pasanganmu harus memegang kelinci pada tempat ia dimandikan agar kelincinya gak lompat dan kabur, sementara kamu sendiri fokus untuk memandikannya. gunakan air biasa saja, jangan gunkan air yang hangat dan terlalu dingin. lalu jika sudah selesai gunakan akin lap yang lembut untuk mengeringkan bulu kelinci, dan jangan gunakan shampo untuk manusia pada kelinci, kenapa, proses pembilasan sahmpo pada bulu kelinci sangat sulut sekali, dikhawatirkan jika masih ada sisa shampo pada bulu kelinci, dan kelinci mulai menjilati bulunya sendiri dikhawatirkan sisa shampo akan tertelan dan akan mengakibatkan keracunan pada pencernaan kelinci.

jangan menggunakan bak madi yang dasarnya licin untuk memandikan kelinci, atau jangan merendam kelinci didalam air, apalagi menyiram seluruh badan kelinci dengan air.

Penting untuk memeriksa kuku kelinci peliharaan Anda setidaknya sekali seminggu. Kelinci memiliki kulit yang sensitif, dan memotong kuku-kukunya akan memastikan bahwa dia tidak akan melukai dirinya sendiri atau menyakiti siapa pun dengan kuku-kukunya yang panjang dan tajam.

Bersihkan telinga kelinci secara teratur. Anda dapat menggunakan beberapa larutan pembersih telinga yang tersedia di toko hewan peliharaan. Solusi tersebut akan membantu melarutkan pembentukan lilin dalam telinga. Pastikan untuk membersihkan telinganya dengan hati-hati namun secara menyeluruh.

Dalam mengeringkan kelinci Anda, gunakan handuk saja dan jangan gunakan pengering rambut. Pengering bisa berbahaya jika tidak digunakan dengan benar. pengering bisa membakar hewan peliharaan Anda atau membuatnya stres dan membuatnya shock.

Menjaga kandang kelinci selalu bersih juga penting. Kebersihan yang tepat bukan hanya tentang memandikannya terus atau menyikat bulunya. Mempertahankan habitat yang bersih juga merupakan bagian dari kebersiahan. Secara teratur bersihkan alas kandang karena air kencing kelinci biasanya memiliki bau yang sangat kuat.

Merawat kelinci kesayangan dengan baik berarti mengetahui prosedur kebersihan yang tepat untuknya. dan perlu diingat memandikan kelinci hanya jika benar-benar diperlukan. hanya dalam kondisi mendesak saja..

Baca Juga : Apakah Kelinci Buta Warna Atau Bisakah Kelinci Melihat Warna?