Skip to main content

Apakah Kelinci buta warna atau Bisakah Kelinci Melihat Warna?

Kelinci dikenal karena bidang penglihatan kelinci yang luas yaitu sekitar 360 derajat, berkat mata kelinci yang tinggi, menonjol dan besar. kelinci membantu kelinci melihat pemangsa dari segala arah tanpa harus menoleh.  kelinci memiliki penglihatan yang baik dalam kondisi pencahayaan redup seperti pada senja (fajar dan senja/sore). Namun, lagomorph ini tidak dapat melihat dengan baik dalam cahaya terang atau dalam kegelapan total, yaitu kelinci tidak memiliki penglihatan malam . kelinci dapat melihat benda yang jauh lebih baik sementara kelinci mungkin tidak dapat fokus pada benda di dekat kelinci. misalnya saja kita lempas sesuatu kedekat kelinci dia pasti mencari2 padahal benda yang kita lempar dihadapannya.

gambar Apakah Kelinci buta warna atau Bisakah Kelinci Melihat Warna?

Bagaimana dengan warna? Apakah kelinci dapat merasakan warna biru, kuning, hijau, merah, dan sebagainya dengan cara yang sama seperti manusia atau tidak?

Apakah kelinci melihat warna
Kelinci melihat warna dan kelinci tidak buta warna tetapi memiliki penglihatan warna yang terbatas serta kelinci dapat melihatnya secara berbeda dari manusia. kelinci hanya bisa menbedakan antara gelap dan terang saja. retina vertebrata memiliki sel fotoreseptor yang dikenal sebagai kerucut dan batang. Batang membantu dalam penglihatan scotopic atau melihat dalam kondisi yang memiliki tingkat cahaya rendah seperti di tempat-tempat gelap.

Karena kelinci memiliki kepekaan terhadap warna biru dan hijau, masuk akal untuk menyimpulkan bahwa hewan peliharaan ini sebagian buta warna tetapi tidak sepenuhnya. kesimpulannya kelinci tidak dapat melihat warna seperti yang kita lakukan, dan penglihatannya tidak sebagus pandangan kita karena penglihatannya memiliki resolusi yang buruk karena jumlah fotoreseptor yang lebih rendah dibandingkan manusia.

Namun, kemampuan kelinci untuk mendeteksi gerakan, aroma, gambar, dan suara membantu kelinci dalam mendeteksi pemangsa kelinci. Adaptasi khusus ini membantu kelinci bertahan hidup di alam liar.

sumber bacalebih.id