Skip to main content

Bolehkah kelinci memakan terong

Jawabannya adalah boleh, Kelinci hanya bisa makan buah terong dan bukan tanaman (daun, bunga atau batang) karena beracun dan mengandung solanin. terong memiliki karbohidrat, serat makanan, vitamin C, E, K, B kompleks, mineral termasuk kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, mangan, tembaga, kalium, dan lainnya. Semua ini adalah nutrisi berharga untuk kelinci kalian.

Jangan terlalu banyak memberikan terong untuk kelinci cukup 2 kali dalam 1 minggu saja, pastikan terong tersebut bebas dari herbisida atau pestisida dan bersihkan dengan air mengalir sebelum memotongnya menjadi potongan-potongan kecil untuk memudahkan makan.

Hindari memberi terlalu banyak terong pada kelinci kalian meskipun kelinci menyukainya. terong hanya memiliki sedikit serat sedangkan kelinci bergantung pada makanan rendah energi serat tinggi. Oleh karena itu, terong dapat menyebabkan beberapa gangguan perut dengan membebani pencernaan kelinci. Juga, enteritis mungkin terjadi jika kelinci makan makanan yang tinggi akan pati dan gula seperti nasi.

gambar Bolehkah kelinci memakan terong

Selain itu, terong memiliki jumlah karbohidrat yang relatif tinggi yang dapat membuat kelinci kalian menjadi gemuk, sesuatu yang tidak kalian inginkan. Obesitas membuat kelinci kegemukan dan susah untuk dikawinkan dan masih banyak lagi

Pastikan kalian tetap memberikan pakan yang benar yang seharusnya berupa hijauan lebih dari 80%, sayuran hijau untuk lebih dari 75% makanan segar, sementara buah-buahan dan sayuran tidak berdaun harus diberikan sebagai cemilan saja. Jangan lupa untuk menyediakan air minum secara terus menerus. tapi kalo kalian pakai pelet tentu tidak akan seribet ini, ngapain juga di kasih terong toh dalam pelet kelinci nutrisinya udah komplit, tanpa penambahan terong kelinci akan baik baik saja.

sumber bacalebih.id
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar