Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TIPS DAN CARA MEMILIH INDUK UNTUK KELINCI PEDAGING

TIPS DAN CARA MEMILIH INDUK UNTUK KELINCI PEDAGING


Yang paling baik memang mencetak induk kelinci sendiri, mencetak kelinci yang beranak banyak, tapi jika belum bisa ya berikut ini tips memilih induk ternak kelinci pedaging.
Bagaimana cara seleksi bibit.bibit ternak kelinci pedaging yang baik adalahmempunyai postur yang memungkinkan beranak banyak. Jadi postur2 ternak kelinci hias untuk kontes harus kita hapus dari pikiran kita.




Baca Juga : Cara menekan angka kematian anakan kelinci pada masa sapih
Kelinci berpostur panjang ( long body) cari saja pada peternak kelinci yang pakai pakan full rumput.. apa kelinci yang long body tidak ada di peternakan kelinci yang full pellet, ya tentu saja ada.. para peternak yang sudah paham dengan cara membentuk induk kelinci yang long body pastinya mereka sudah paham bagimana mendesign pellet yang sama seperti kadar kandungan rumput. 

Syukur2 ketemu kelinci yang suka selonjoran.pas kita angkat kita kembalikan kekandang lagi, langsung selonjoran..lebih baik lagi jika gak bisa possing.. bisa dipastikan pasti beranak banyak nantinya..

Kemudian dari ras kelinci yang pertumbuhan bobotnya cepat. Kalo diibaratkan ayam maka yang akan kita gunakan untuk lari kepedaging adalah jenis ayam potong. Kelinci pun juga sama yang akan kita gunakan dari ras kelinci yang jepar besr pertumbuhan bobot badannya.
Baca Juga : Induk kelinci terus menerus beranak


Kalau kita mau beternak kelinci pedaging, seharusnya kita buang jauh2 pikiran2 kita tentang kelinci2 kontes. Karena untuk ternak kelinci pedaging, hanya ada dua kriteria yg harus dipenuhi yaitu beranak banyak dan cepat besar. Jadi ngga usah mempersoalkan apakah jnis nz kek, fg kek, purebreed ...silangan dsb.... karena hanya 2 kriteria itu tadi yg menjadi acuan.

Masih banyak yg beranggapan bahwa ternak kelinci pedaging harus purebreed... harus jenis tertentu. Anggapan demikian itu sudah kuno... karena di negara2 maju tidak ada satupun yg menggunakan satu jenis breed... semua sudah hybrid... persilangan dua atau tiga jenis kelinci...


Dan cirri lainya. Yang seperti ini kita akan lebih bisa mendalami lebih mendalam dari pengalaman.
Baca Juga : Ternak kelinci sama dengan ternak uang