Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TERNAK KELINCI SAMA DENGAN TERNAK UANG

TERNAK KELINCI = TERNAK UANG

Kotoran kelinci pendulang uang Pupuk organic yang sedang banyak dibutuhkan para petani dan pengusaha agribisnis adalah potensi yang sangat luar biasa.
Sebetulnya ane lebih suka dengan kandang yang single dengan tanpa penampung urine yang kotoran dan urine langsung jatuh ketanah.tapi karena urine kelinci mengadung nilai ekonomis juga sebagai pupuk cair organic maka  banyak peternaka kelinci yang mendesign kandang dengan penampung urine.


Tapi kalo ane lebih suka jika langsung jatuh  ketanah, kemudian kita tambahkan sodas/ serbuk gergaji/ limbah baglog jamur/ serbuk sabut kelapa/cocopiet.untuk ditaburkan diatas fases. Ini sanagat membantu mengurangi pengaruh bau pesing urine kelinci atau bau amoniak dari urine kelinci. 

Penggunaan serbuk kayu atau gergai kayu lebih murah karena limbah. Sedangkan cocopiet harus beli, tapi campuran cocopiet dengan  kotoran dan urine kelinci bisa kita packing lansung sebagai media tanam dan bisa kita jual langsung dalam bentuk kemasan ataupun karungan. 
Hasil penjualan ini bisa mengurangi bahkan juga bisa membiayai upah anak kandang, jika kita punya anak kandang.artinya kita sudah mengurangi 10% biaya , dan ini keuntungan buat kita peternak kelinci.

Lalu kemana harus memasarkan yang paling sip adalah ditempat penjual tanaman hias, buat kemasan yang menarik, pasarkan disosial media, mau dipost diblog ini juga boleh, memang blog ini digunakan untuk membantu para peternak kelinci diseluruh Indonesia. Termasuk untuk memasarkan produk turunan dari kelinci, baik itu olahan kelinci ataupun pupuk dari kelinci, kandang peralatan kelinci serta yang lainnya..


Ada idee yang lebih menarik lagi dengan kita menanam banyak jenis sayuran..jika punya banyak lahan kosong tanam berbagai jenis sayuran..salah seorang teman  di karanganyar..menanam sayuran dalam jumlah yang lumayan walaupun sebenarya tidak punya lahan, yang digunakan untuk bercocok tanah adalah pinggiran jalan2 desa dengan diberi berjajar polibag yang berisi sayuran..banyak tetangga yang ikut tertarik ternyata.. akhirnya semakain lama semakin banyak tidak hanya mencukupi kebutuhan dapur tiap2 rumah tangga, ternyata masih sisa untuk bisa dijual..akhirnya ya banyak tukang sayur, biasanya bapak2 tukang sayur pagi2 ambil sayuran di warga tersebut.  Dengan cara  satu rumah sebagai penampung  hasil sayuran dari tetangga tetangganya disetor ketempat pengepul sayuran tsb..


Potensi kulit dan bulu kelinci


Baca Juga : Induk kelinci terus menerus beranak
Di komunitas kami belum ada yang menuju ke fur (bulu/wool)kebanyakan semua kejenis kelinci pedaging, dan bulu kelinci pedaging biasanya sangat kusam. Baru sekedar kerupuk kulit dari kulit kelinci. Rasanya yang luar biasa melebihi rasa kerupuk kulit sapi yang paling berkualitas sekalipun.
Ada lagi ekor kelinci yang digunakan sebagai kerajinan hiasan gantungan kunci, 

Potensi pakan kelinci atau pellet

Pangsa pasAr pellet kelinci sangat luas dan dicari banyak peternak kelinci.kebanyakan yang beredar sekarang adalah jenis pellet untuk kalangan penghobies kelinci yang diperuntukkan untuk jenis2 jenis kelinci kontes.
Untuk pasar pellet kelinci pedaging pasar pelEt sangat terbuaka luas seiring dengan perkembangnya peternak kelinci diindonesia. Juga karena kompor tulisan Saya tentang rumput dipost sebelumnya banyak sekarang peternak kelinci yang beralih kepelet hahahah..
 Ya buklan bermaksud untuk ngompori lha memang kenyataannya seperti itu, dengan pelet segalanya lebih mudah dikontrol. DengNa pelEt kita akan bisa menimbun peElt dalam jangka waktu yang lama.
 Pasar pellet kelinci pedaging terutama di jawa tengah dan jawa timur permintaan dari hari kehari terus meningkat. Coba lihat produsen pellet kelinci ernafeed. Tiap hari produksi pellet terus menerus, sepertinya pesanan pelet kelincinya terus menerus datang.

Gambar erna feed


Jika membutuhkan informasi tentang pellet. Silahkan hubungi ling fb yang ada dibawah gambar pellet keinci diatas. Atau mau membuat pellet kelici sendiri, kemudian mau dipromosikan disini juga boleh… aslkan peletnya satu keilmuan dengan komunitas kami…


Potensi kandang kelinci


Baca Juga : silase pakan alternatif ternak kelinci
Kalu kita bisa buat kandang kelinci yang bagus dari bahan kawat dan bamboo. Kenapa tidak kita jual saja?? Kandang kelinci adalah persoalan yang paling mendasar pagi para peternak kelinci, ingat perkembangan peternakan kelinci harus diawali dengan perkembangan kandangnya dulu baru kemudian kelincinya. Jangan sampai terbalik kalo sampAi terbalik maka celakalah kita. karena over populasi mengakibatkan tingkat kesehatan juga menurun dan ini berakibat  kerugian diambang mata, tadinya kita pikir akan untuk malah buntung.


Kandang yang terbuat dari besi kawat anti karat sangat banyak dicari peternak kelinci, karena biasanya bisa tahan sampai 3-7 tahun, walaupun harganya agak sedikit mahal. Yang membutuhkan kandang galvanis bisa mengontact fb teman saya. Bisa dikirim keseluruh wilayah Indonesia.


Potensi penjualan botol minum kelinci.

Dulu saya menggunakan wadah tempat minum dari batok kelapa yang diberi pengait kawat. Tapi karena seringnya kelinci minum maka sebentar2 habis dan harus mengisi ulang lagi, bikin kita jadi repot karena harus terus mengisi. Jika kelincinya banyak yang paling siip adalah dengan menggunakan nipple untuk minum kelinci, disambung pararel dengan selang dan 1 wadah besar untuk menampung air.ini sangat praktis dan memudahkan pekerjaan kita atau anak kandang. Segera hub produsen nipple untuk minum kelinci dan bisa kita jual didaerah kita masing2.

Potensi penjualan wadah pakan,

Saya biasanya mengunakan wadah pakan dari gerabah. Karena ditempat ane dekat dengan pengrajin gerabahnya jadi bisa mendapatkan dengan harga yang lebih murah.dulu saya juga ngurusi pesanan wadah pakan dari gerabah.tapi karena pekewoh sama anak perawan pengrajin  wadah pakannya sekarang udah enggak lagi..hahaha bisnis kok pekewoh…!!!!jadi jika mau pesan hubungi fb teman ane aje…wkwkw

Membicarakan kelinci dengan segala potensinya tak akn pernah sellesai apalagi diblog ini. Sampai ketemu dipost selanjutnya
Baca Juga : jenis obat obatan untuk kelinci dikandang