PILIH ORGANIK ORGANIK ATAU KIMIA MANAKAH YANG AMAN

PILIH ORGANIK ORGANIK ATAU KIMIA MANAKAH YANG AMAN

Anggapan Orang Bahwa Kalau Organik Itu Aman

Setau saya organik adalah dimana prosesnya tdk mempergunakan kimia sintetis namun kimia alami dan salah satu tujuannya agar saat dikonsumsi ataupun diolah oleh alam tdk terjadi endapan residu yg sulit / tdk dapat diurai shg memperkecil adanya polutan lingkungan ..
Sebenernya begini... bahwa semua yg ada dibumi ini semuanya ya zat/unsur ataupun senyawa kimia. Justru dia ada jauh sebelum ada ilmu kimia itu sendiri. Pada zaman baheula.. ada anggapan bahwa senyawa2 kimia itu terbagi menjadi dua golongan besar... yaitu senyawa2 yg berasal mahluk hidup dan yg berasal dari benda mati atau material mati.


Senyawa yg berasal dari mahluk hidup baik itu dari manusia, tumbuhan atau hewan disebut sebagai "senyawa organik" . Dan selain dari itu... dikelompokkan sebagai "senyawa anorganik". Istilah itulah yg sampai sekarang masih dipergunakan oleh sebagian orang awam... padahal istilah itu sekarang sudah bergeser karena adanya penemuan2 yg dianggap sudah tidak cocok dengan istilah organik tadi.

Perubahan ini diawali ketika seorang ahli kimia berkebangsaan Jerman bernama Frederich Wohler pada tahun 1828 membuat Urea dari Perak Sianat (AgOCN) direaksikan dengan Amonium Clorida (NH4Cl) dan terbentuklah Amonium Sianat (NH4OCN) dan Perak Clorida (AgCl). Dari Amonium Sianat yg didapat, kemudian diuapkan atau dihilangkan kandungan airnya maka terbentuklah zat yg disebut Urea yg rumus kimianya (NH2)2CO. Padahal sebelum itu urea itu biasa dibuat dengan mengektrasikan ginjal sapi.

 Jadi yg awalnya urea terbuat dari hewan yg nota bene adalah senyawa organik... ternyata bisa dibuat dari bahan2 anorganik. Nah sejak itulah laboratorium2 banyak membuat senyawa2 organik dari bahan anorganik, dan sejak itulah istilah senyawa organik adalah senyawa yg berasal dari makluk hidup dirasakan sudah tidak cocok lagi.

walaupun menyangkut soal kimia. Sengaja saya membuat intisarinya saja agar mudah dipakai sebagai pegangan... jangan salah kaprah seperti anggapan orang bahwa kalau organik itu aman... tidak berbahaya. Padahal kita tau bahwa banyak racun2 tumbuhan bahkan bisa ular sekalipun itu termasuk senyawa organik. Jadi soal bahaya tidaknya itu bukan sepenuhnya karena dia senyawa organik atau bukan, tetapi karena memang sifatnya yg berbahaya bagi kesehatan mahluk hidup.

BACA JUGA : TIPS DAN CARA MEMBUAT PELET KELINCI SENDIRI SKALA KECIL

LIKE  FANS PAGE KAMI…===>>untuk update artikel baru blog ini klik saja
Gabung  GROUP INDUSTRI KELINCI
Rugi kalau gak JOIN, tinggal KLIK saja ===>>>



Group tempat berkumpulnya para SESEPUH KELINCI
belajar dan sharing tentangKELINCI PEDAGING, produk olahannya dan usaha turunan dari ternak kelinci

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar