CARA SIMPLE DAN PRAKTIS  UNTUK MERAWAT DAN MEMELIHARA ANAKAN KELINCI YANG BARU SAJA LAHIR

CARA SIMPLE DAN PRAKTIS UNTUK MERAWAT DAN MEMELIHARA ANAKAN KELINCI YANG BARU SAJA LAHIR



Cara Simple Dan Praktis  Untuk Merawat Dan Memelihara Anakan Kelinci Yang Baru Saja Lahir


Seperti hewan pengerat lain, kelinci termasuk hewan yang produktif perkembangbiakannya begitu  cepat. Dalam 1 tahun kelinci betina mampu bunting 5 kali dengan jumlah bayi kelinci yang cukup banyak yaitu antara 5 – 15 ekor pada satu kelahiran. Kelinci indukan tampaknya juga sangat berpengalaman dalam cara merawat bayi kelinci yang dilahirkan. Terbukti setiap kelahiran  jarang ada bayi kelinci itu mati.



Metode perawatan bayi kelinci  oleh indukan kelinci terjadi secara alami. induk kelinci  benar-benar mampu memberikan perlindungan sekaligus merawat anak kelinci tanpa campur tangan manusia. Namun untuk peternak juga harus memahami tips perawatan bayi kelinci untuk melakukan penyelamatan dalam kasus hal-hal yang tidak diinginkan.

Keunikan induk kelinci

Ada banyak hal-hal penting yang perlu Anda ketahui terkait sifat kelinci. Berbeda dari binatang lain yang selalu menjaga sarang setiap kali setelah melahirkan, dengan demikian memang kelinci tidak terlihat selalu dengan bayi mereka. Ini tidak berarti bahwa induk tidak peduli dengan bayinya namun bertujuan untuk menjaga anak sehingga tidak terlalu menarik perhatian predator.

pemangsa paling umum pada bayi kelinci adalah tikus. karena itu bagi peternak harus mencari bagaimana dapat membuat kandang kelinci  ditempatkan di lokasi yang aman. aman dari predator terutama tikus.


kelinci juga menyusui anak2nya,pola ini juga termasuk cara induk kelinci merawat anak2nya.induk  biasanya memberikan kelinci susu bayinya di tengah malam dan dini hari (sekitar jam 3) pada hari pertama. Proses yang unik dari menyusui bayi kelinci ini tidak lebih dari 5 menit. Malah hari-hari lain intensitas menyusui justru semakin berkurang. Induk kelinci tidak akan terganggu karena satu hal yang alami.

Binatang kelinci  termasuk  cinta kebersihan. Begitu juga dengan induk kelinci ini biasanya juga rajin membersihkan bayinya dengan cara menjilati bagian pusar ke bagian belakang tubuh bayi. Ini adalah stimulan cukup baik untuk perkembangan bayi.

perawatan bayi kelinci secara praktis

Untuk memastikan anak kelinci dirawat dengan benar kita bisa melakukan pengecekan. Bangun pagi dan kemudian lihat kelinci raba perut dan lembut. Jika perut kelinci bayi merasa hangat maka dipastikan induk mengurus bayi dengan benar.perut anakan kelinci baru disusui ibunya.

Jika tidak yakin kita bisa memastikan dengan menimbang anak kelinci. Tidak perlu khawatir tentang memegang kelinci, karena biasanya kelinci yang kurang peduli dengan bau-bauan yang tersisa setelah bayi dipegang.

Setelah selesai,catat berat bayi berat kelinci dan kemudian bandingkan dengan hasil timbangan hari berikutnya. Jika ada berat badan hingga 25 gram tentu bayi kelinci memang disusui ibunya.



Banyak orang berkata kelinci termasuk kanibal hewan yang suka makan anaknya sendiri. Asumsi ini kurang tepat. Kasus kanibalisme pada kelinci ini sangat jarang. Jika kasus induk kelinci makan anaknya, itu adalah karena anak kelinci dianggap tidak lagi mampu bertahan. Dan ini adalah kondisi alami.

Meskipun induk kelinci mampu mengurus bayi kelinci nya dengan cara alami, kita juga perlu untuk mengetahui bagaimana untuk merawat bayi kelinci, terutama jika induk kelinci masih stres pasca melahirkan. Perlu diingat, setelah induk kelinci melahirkan memang rentan stres. Dalam kondisi seperti itu, kita harus memberikan makanan yang dia suka sehingga agresifitasnya dapat ditekan.

Ketika anakan kelinci baru lahir, mereka tidak memiliki bulu sementara matanya juga belum mampu membuka. Salah satu fungsi bulu kelinci tersebut adalah memberikan kehangatan. Jadi karena bayi kelinci tidak memiliki bulu begitu kita harus memperhatikan kondisi suhu nestbox.


Kita tidakboleh menempatkan anakan kelincikelinci ditempat yang dingin dan basah. Jadi kandang atau kotak tempat kelinci diletakkan juga harus diperhatikan. Memberikan rumput di bagian bawah kotak sehingga kelinci bayi kondisi hangat. Alas dapat berupa kain, jerami atau bahan lain yang nyaman.

Cara merawat bayi kelinci ini tidaklah sulit. Selain itu, hingga usia 3 minggu bayi kelinci hanya mengkonsumsi susu induknya. Ketika memasuki usia 19-25 hari bayi kelinci baru mulai belajar menggigit dan mencari makan bersama induknya. Ketika kelinci berusia 35 hari kita sudah dapat memberikan makanan tambahan dalam bentuk konsentrat untuk memenuhi kebutuhan gizi kelinci.

FazairaBlog

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar