Skip to main content

LANGKAH-LANGKAH UNTUK MEMILIH BIBIT KELINCI YANG BAIK DAN BENAR

Pemilihan induk kelinci yang baik merupakan salah satu penunjang keberhasilan dalam peternak kelinci. Jadi, kita Jangan sampai salah dalam hal ini, kesalahan dalam memilih bibit Kelinci akan mendatangkan kerugian di kemudian hari tidak hanya itu saja penentuan bibit yang baik juga harus kita dukung dengan tata kelola kandang yang baik pula, kandang, saung kelinci dan lain sebagainya.



tujuan kita mengembangkan ternakkelinci adalah agar tercapai bibit ternak kelinci yang unggul dan mampu berkembang biak serta tidak kalah pentingnya berkembang biak dengan cepat agar bisa segera memproduksi daging untuk kebutuhan protein bagi masyarakat.
selain itu hasil bibit yang diseleksi akan mempunyai daya tahan terhadap perubahan cuaca Serta percepatan berat badan atau pertumbuhannya baik.

Bibit kelinci yang baik memiliki beberapa kriteria diantaranya

Ini adalah suatu kebiasaan, jika kita sudah terbiasa maka memilih bibit kelinci yang baik akan terasa mudah.

cara pertama kita lihat penampilan fisik kelinci.

Ciri-ciri fisik kelinci sebagai berikut Harus mempunyai bentuk yang seimbang dengan badan kelinci harus proporsional tidak boleh terlalu besar dan tidak boleh terlalu kecil.
Pada bagian telinga kelinci terutama yang pedaging harus memiliki dan daun telinga yang panjang besar dan lebar

pada mata kelinci harus memiliki ciri seperti mata yang bersih tidak ada selaput dan tidak ada  yang matanya berair yang seperti ini jangan kita pilih.
Pada bagian hidung kelinci harus terlihat bersih tidak boleh ada ingus yang menandakan kelinci pilek,  lihat apakah ada gudik karena biasanya kudis menyerang bagian hidung kelinci.

Badan kelinci pedaging yang dijadikan indukan harus berbentuk punggung memanjang supaya nanti ke depannya bisa memproduksi anakan yang banyak, lihat penjelasan kelinci beranak banyak di post sebelumnya.

Pada bagian ekor harus terlihat bersih dan tidak ada kotoran bekas kotoran mencret dan sebagainya. arah ekor harus ke atas lurus dengan punggung dan tulang belakang.
Pada bagian kaki kelinci harus berbentuk simetris sejajar sesuai dengan badan kelinci.
bulu pada kelinci yang baik berwarna cerah tidak ada bulu yang rontok.

Ada beberapa ciri lain selain yang diterangkan di atas dan ciri ini harus dipenuhi supaya nantinya peternakankelinci berkembang dengan baik,  Untuk induk kelinci minimal harus beranak 8 ekor keatas ini wajib untuk jenis kelinci pedaging paling tidak jumlah anaknya sama dengan jumlah susunya.

Calon pejantan dan induk kelinci
  • untuk indukan tidak boleh terlalu gemuk atau obesitas.
  • Aktif dan lincah.
  • Tidak mempunyai riwayat kanibal, jika sudah pernah melahirkan kali penjual bibit.


untuk pejantan juga tidak boleh terlalu gemuk Alasannya karena kelinci gemuk susah untuk tidak semangat ketika dijodohkan atau dikawinkan  alias letoy.

BACA JUGA : PENYEBAB KEMATIAN KELINCI SECARA TIBA- TIBA


Sumber : kelinci organik