PENYEBAB UMUM KEMATIAN MENDADAK PADA KELINCI SEHAT

PENYEBAB UMUM KEMATIAN MENDADAK PADA KELINCI SEHAT


Kelinci domestik biasanya hidup antara sembilan sampai dua belas tahun, meskipun delapan tahun juga umum terjadi. Dengan catatan jika perawatannya baik


Kita semua pasti masih mengingat  hari bahagia ketika kita mendapatkan kelinci sebagai  hewan peliharaan kita. Sayangnya, beberapa kelinci yang kita pelihara tampak sangat sehat mati tanpa alasan yang jelas. Selalu ada penyebab kematian. kelinci terserang  beberapa penyakit, stres, atau cedera.


save jomblo


Kelinci yang baru lahir akan dirawat induk antara 1-14 hari. Mereka mulai makan apa yang induknya makan sekitar tiga minggu dan bisa meninggalkan induk mereka pada usia delapan minggu. Sebagian besar kelinci jantan (bucks) menjadi dwasa secara seksual sekitar empat bulan.
Sebagian besar kelinci berhenti tumbuh antara 18-24 bulan dan kelinci sehat bisa hidup selama 9-12 tahun. Sementara breed kelinci raksasa biasanya tidak akan hidup selama delapan tahun, kelinci standar yang sehat atau mini akan hidup dengan umur yang lebih panjang asalkan dirawat dengan benar. The Holland Lop dan Netherland Lop memiliki umur terpanjang.


Mengapa Kelinci peliharaan  yang Tampak  sehat Tiba-tiba Mati?

Sepuluh Penyebab Kematian  kematian kelinci secara tiba2
Kelinci itu adalah hewan peliharaan dalam ruangan yang tidak bisa menangani suhu di luar ruangan.
Myiasis, atau  belatung lalat
Terluka dan saat penanganan  tidak tepat.
Serangan jantung terkait ketakutan.
Terluka oleh hewan peliharaan lain.
Keguguran
keracunan
Menelan benda tajam.
Kelinci berumur
Kondisi kesehatan buruk


Kelinci peliharaan Harus Tetap di dalam suhu yang sama

Salah satu penyebab kematian mendadak yang paling umum adalah kelinci itu dimaksudkan untuk tinggal di dalam rumah dan tidak dapat mengatasi suhu di luar rumah.
Kelinci memiliki sistem yang halus dan penurunan suhu secara mendadak  bisa membnuh mereka. Jika kelinci diambil dari dataran tinggi yang dingin kemudian dibawa ke dataran rendah yang suhunya relative panas maka kelinci akan mengalami stress

Mangot dan  belatung dari lalat

Banyak pemilik kelinci baru tidak mengetahui adanya belatung  lalat yang mematikan. Hal ini terjadi ketika seekor lalat yang terinfeksi kuman mendarat di kelinci dan meletakkan telur di atasnya. Telur menetas dengan cepat dan benar-benar bisa makan  daging kelinci dan terjadi luka.

Seekor kelinci dengan serangan telur lalat yang  mematikan dicirikan kotor dan berbau busuk. Jika mendeteksi cukup dini, perawatan bisa menyelamatkan kelinci namun umurnya akan lebih pendek dari biasanya.

Cara terbaik untuk mencegah kondisi fatal ini adalah dengan memeriksa kelinci Anda secara teratur dan tetap bersih. Lalat akan datang pada makanan yang baik dan tidah mudah busuk, mangkannya lebih baik mengunakan pellet. Hehe promosi

JANGAN BIARKAN KELINCI DIPEGANG OLEH ANAK KITA YANG USIANYA DIBAWAH 12 TAHUN

Kelinci memiliki tubuh dan tulang yang lunak. Jika tinggal BERMAIN bersama anak kecil, seekor kelinci dapat dengan mudah terluka, mungkin lebih fatal, setelah disalahgunakan oleh anak kecil.
Kelinci sering tidak menyukai anak-anak dan bisa sangat takut pada mereka. Jika anak tidak mengerti pemeliharaan kelinci dengan benar, kelinci bisa melompat sehingga anak tidak bisa menahannya atau melompat ke bawah. Jika kelinci jatuh ke lantai, ini bisa mematahkan tulang punggung atau lehernya. Tulang mereka sangat halus dan mudah pecah. Anak-anak bermain dengan ceria sambil menjerit dan teriak  dapat menyebabkan stres dan kecemasan bagi kelinci. Jika anak berlari ke taman  sambil berteriak-teriak dan beberapa hari kemudian kelinci Anda mati , maka itu adalah salahmu para orang tua. Kelinci dapat mati karena shock dan tidak cocok untuk anak di bawah usia 12 tahun.

Kelinci bisa mati karena  ketakutan

Suara keras bisa menakut-nakuti seekor kelinci sampai menyebabkan serangan jantung. Kelinci bisa mengalami syok dan mati beberapa hari kemudian.
Mungkin seekor kelinci mati ketakutan. Suara keras, seperti kucing, anjing, atau teriakan dapat menyebabkan serangan jantung dan membuat seekor kelinci menjadi shock, menyebabkan kematian mendadak. Beberapa hari kelinci bisa mati seperti ini, dan itu tidak sering terjadi, dan sangat mungkin.

Hewan Peliharaan Lainnya Bisa Membnuh Seekor Kelinci

Kucing, anjing, dan musang memburu binatang dan dengan mudah bisa menangkap dan membnuh kelinci domestik.
Jangan pernah memelihara seekor kelinci jika Anda memiliki anjing agresif, anjing besar, anak anjing muda yang tidak terlatih, musang, atau kucing. kucing adalah binatang liar yang akan memburu, menakut-nakuti, atau melukai kelinci hewan peliharaan kita. Anjing besar dapat dengan mudah menginduksi shock dan serangan jantung. Anak anjing tidak bermaksud nakal, tapi tentu saja, mereka bisa menyakiti atau menakut-nakuti kelinci Anda sampai mati.

Kehamilan mundur atau keguguran

Kelinci betina yang mengalami kehamilan diatas 30 hari mungkin tidak mampu melahirkan maka harus kita bantu dengan hormone oxitoxin. Janin mati bisa menjadi racun di dalam perut induk kelinci dan mengakibatkan kematian.
Terkadang kelinci mengalami keguguran, ada yang sebagian janinjnya keluar dan ada yang masih di dalam perut induknya nak jika umur Janis sudah lebih dari 20 har maka Janis ini akan tidak bisa diserap oleh tubuh induk kelinci dan pada akhirnya akan menjadi toxin  atau racun yang akan membuat kematian pada indukan

Racun yang tertelan yang terdapat pada rumput

pestisida bisa berakibat fatal bagi kelinci domestik. Tanda-tanda keracunan adalah hilangnya nafsu makan dan debit dari mata, mulut, atau anus.

Ada kemungkinan seekor kelinci peliharaan menderita keracunan dan mati dengan sangat cepat. Dan mungkin tidak menunjukkan gejala apapun.



BACA JUGA : MENJADI SEORANG JUTAWAN DENGAN BETERNAK EKLINCI

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.