INGAT JANGAN SAMPAI KITA TERTIPU SEBELUM KITA MEMBELI KENALI CIRI CIRI DARI KELINCI DUTCH

INGAT JANGAN SAMPAI KITA TERTIPU SEBELUM KITA MEMBELI KENALI CIRI CIRI DARI KELINCI DUTCH


Buat para pecinta kelinci diseluruh Indonesia dan dunia , mungkin para bule juga baca blog di artikel ini. Tidak sedikit mungkin diantara kita yang pernah tertipu ketika membeli kelinci, saat bertransaksi ternyata kelinci yang kita beli jenisnya bukan apa yang dikatakan penjual, kita terkena mulut manis penjual kelinci. Pas sampai dirumah kita baru menyesali apa yang sudah terjadi..nasi telah menjadi bubur kacang ijo..

Beda lagi kalo kita sebagai calon pembeli sudah memiliki bekal informasi dan pengetahuan tentang sesuatu yang akan kita beli, tentu hal ini tidak akan terjadi. Coba deh kita belajar dulu ras2 kelinci yang ada diindonesia.

Ane bakal mencoba untuk mencari informasi mengenai jenis-jenis kelinci yang saat ini sangat banyak kita kenal dalam ras perkelincian di Indonesia.

Kita mulai dari kelinci jenis DUTCH


kelinci dutch



Kelinci jenis ini dulunya dikenal dengan nama nenek moyangnya holander rabbit. Kok ada kata holandnya kayak nama toko kue holand bakery haha. Ya karena memang  kelinci dutch ini di temukan oleh penemunya pastinya dinegara holand sono. Holand itu dimana ya..dieropa mblo…

Kelinci ini populer dinegara asalnya pada tahun sekitar 1864.  Tahun segitu dinegara kita mungkin masih dalam penjajahan VOC. Nah setelah tahun2 tersebut kelinci dutch ini mulai menyebar keseluruh dunia. Kelinci dutch ini jenis kelinci yang mudah untuk dipelihara. Para peternak atau breeder banyak memperhatikan dan mulai menjaga dan menyempurnakan bentuk tubuh kelinci  agar keindahanya semakin terjaga.

Kelinci dutch mempunyai ciri2 fisik diantaranya

kelinci dengan kaki belakang yang sangat kuat, memiliki telingga yang berdiri tegak seta bentuk postur tubuh yang tidak terlalu kecil, itulah jenis kelinci dutch. Ciri yang paling utama adalah kelinci ini memiliki warna putih yang menutupi area sekitaran leher sebagai warna dasar kelinci itu sendiri. Kelinci ini sangat populer dikalangan pecinta kelinci.

Lama hidup kelinci ini sekitar 5 tahunan jika kita pelihara dengan baik serta memiliki bobot tubuh antara 2- 2,5 kg. sama seperti kelinci lainnya kelinci ini memiliki masa bunting selama 30 hari.  Dan masa untuk penyapihan anaknya paling baik kira 2 umur 45 hari.

Tentu saja kelinci dutch ini sangat cocok sekali dijadikan sebagai hewan peliharaan. Memiliki tingkat social yang tinggi dan mempunyai kelincahan yang sangat energik. Dan gampang untuk kita latih.

Pada saat kita ingin menangkap kelinci, kelinci memiliki rasa ketakutan secara alami, tidak sama seperti anjing dan juga kucing. Jadi agar bisa menyesuakan diri maka berikan beberapa waktu untuk beradaptasi  dengan lingkungan sekitar.

Kelinci sangat gampang sekali untuk terkejut. Ya ini merupakan respons alami kelinci, karena memang kelinci pada habitat liarnya merupakan makanan bagi hewan pemangsa, jadi posisikan dengan betul saat kita hendak mengangkat kelinci jadi kelinci akan merasa aman tidak kaget kemudian berontak yang mengakibatkan cidera.

Cirri cirri umum kelinci dutch

Maksudnya tipe adalah dikenal sebagai perpaduan kesempurnaan dari bentuk tubuh dengan kombinasi penampilan bagian-bagian tubuh yang lain yang mempunyai keharmonisan dan keseimbangan yang baik. Dan biasanya yang sungguh terperhatikan adalah dari kesempurnaan bulu dan mata.

Bentuk badan kelinci dutch

Bentuk tubuh kelinci ini dibagian belakang  seperti berbentuk membulat, dengan tubuh yang padat
Jika kita melihat bagian belakangnya maka bagian punggung mempunyai  bagian yang agak meninggi jika kita lihat dari pinggang.

Pada bagian atas. Punggung kelinci akan berbentuk seperti membulat dan ukurannya sangat besar dan meluasa pada bagian paha. Pada bagian pinggulnya kelinci ini kaki belakangnya dan juga pinggang bisa menyentuh alas kandang, serta tidak ada tulang yang menonjol yang akan merusak keindahan pada kelinci dutch ini.

Kepala pada kelinci dutch

Kalo kita bisa melihat bentuk kepala kelinci yang bagus adalah kepalanya berbentuk bulat penuh, dan tidak berbentuk seperti pada buah pir. Yang mana ada sedikit monyong di area mulutnya. Bentuk ukuran lehernya pendek seolah2 sedang menyatu dengan punggungnya.

Bentuk telingga pada kelinci dutch

Daun telinga kelinci ini yang baik harus pendek gemuk yang ditumbuhi bulu halus yang merata pada bagian telingga serta berdiri tegak. Telinga kelinci harus meiliki ukuran yang proporsional dengan kepala dan juga badan kelinci tersebut.

Pada bagian mata kelinci.

mata kelinci harus telihat jernih dan juga bersih, warna kornea pada mata kelinci harus sama pada kedua bola matanya, coklat usang merupakan warna yang umum pada bola mata kelinci ini. Tapi untuk kelinci dutch yang berwarna biru makan bola matanya kan mengikuti warna seperti warna biru keabu2an. Akan tetapi yang lebih penting mata kelinci harus terlihat tidak gelap.

Pada bagian kaki kelinci

kaki kelinci harus meiliki bentuk yang lurus serta ukuran harus seimbang dengan bentuk tubuhnya, tungkai kaki juga harus sama seperti itu. Dan yang paling penting adalah kukunya harus putih bersih.

Pada bagian bulu kelinci dutch

padat dan pendek mencirikan jenis bulu pada  kelinci ini. Jika kita usap maka jika bulu kelinci dutch bagus posisinya akan kembali seperti semula. Bulu ini harus menutupi semua bagian pada tubuh kelinci.  Kita juga harus melihat garis batas, warnanya pasti bersih kecerahan.

Semoga temen2 akan terbantu setelah membaca artikel ini. semoga kalian bisa berpikir kembali dan mempertimbangkan jika ada penjual yang menawari kelinci jenis ini, sehingga mendapatkan harga kelinci yang pas sesuai dengan kualitas.

BACA JUGA : CARA MEMILIH BIBIT KELINCI YANG BAIK




Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar