MENANAM JERUK NIPIS DALAM POT SOLUSI BAGI YANG  PUNYA LAHAN SEMPIT

MENANAM JERUK NIPIS DALAM POT SOLUSI BAGI YANG PUNYA LAHAN SEMPIT

Sebenarnya dalam kita menanam tanaman ini bisa dimana saja , di pekarangan, kebun atau halama ruman, akan tetapi karena lahan yang sempit maka menanm jeruk nipis dalam pot atau tambulampot bisa menjadi suatu pilihan yang menarik untuk dicoba. Dengan menanamnya dalam pot maka akan mempermudah kita dalam merawat dan juga memudahkan untuk membuahkannya secara rutin.




Dengan budidaya dalam pot in akan membuat kita tidak keroptan dalah hal perawatan, dan tanaman jeruk nipis ini bisa kita pindahkan kemana saja sesuka hati kita. Ada beberapa tips dalam merawat tanamana jeruk nipis ini dalam pot. Berikut penjelasannya.


Kita harus memulai dengan pemilihan bibit yang baik

Agar proses budidaya jeruk nipis berjalan dengan sukses maka memilih bibit dan menyeleksinya, meilih dengan kualitas yang baik merupakan sesuatu hal yang paling penting. Untuk pemilihan bibit kita harus menggunakan bibit hasil cangkok dari pohony yang bagus dan juga unggul. Dan jangan lupa cangkokan jeruk nipis harus dari pohon yang sudah pernah dibuahkan.

Jenis Pot yang digunakan


Langkah selanjutnya adalah kita harus memilih jenis pot yang akan kita gunakan sebagai wadah untuk tanaman tambulampot kita. Ukuran pot harus kita sesuaikan dengan besar kecilnya tanaman jeruk nipis yang akan kita tanam, kita bisa memakai jenis pot dari planterbag, daya tanahnya kuat juga harganya terjangkau. Sebaiknya kita menggunakan ukuran pot yang agak besar agar akar tanaman bisa mendapatkan ruang untuk berkembang.

Media tanam yang harus kita gunakan

Kemudian kita siapakan media tanam yang terbuat dari campuran tanah, sekam, dan yang pasti kotoran kelinci yang sudah kita ffermentasi samapai siap untuk kita gunakan. Campur ketiga bahan tersebut dengan perbandingan 1 : 1 : 1

Setelah semuanya siap kita bisa memindahkan bibit jeruk yang sudah kita pilih kedalah pakanterbag, caranya dengan membuka polibag pada bibit jeruk nipis, posisikan tanam jeruk ini tegak lurus kemudian kita timbun kembali dengan media tanam. Lalu siram air secukupnya.


Agar kita sukses dalam merawat jeruk nipis ini maka yang sangat penting adalah perawatan. Lakukan penyiraman dan juga pemupukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Sebelum dibuahkan lakukan pemangkasang pada ranting2 yang tidak berguna, setelah itu lakukan pemupukan untuk vase generative, saya biasa mengunakan pupuk cair kelinci yang sudah difermentasi kemudian ditambahkan pupuk mono kalium phospat dan juga pupuk KNO3, dan juga lakukan penyemprotan insektisida saya biasa pakai lannet untuk membasmi ulat pada tanaman jeruk. Dosisnya baca pada kemasan, harga lannet sekitar 10 ribu rupiah.


Taruh tanaman jeruk nipis ini pada lahan yang banyak terkena sinar matahari agar pertumbuhannya semakin cepat. Jika kita banyak mempunyai tambulampot jeruk ini maka jarak peletakan potnya bisa kita beri jarak 2 meter.

BACA JUGA : TIPS MENANAM JERUK NIPIS AGAR CEPAT BERBUAH

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar