CARA MENANAM TOMAT DALAM POT AGAR BERBUAH LEBAT

CARA MENANAM TOMAT DALAM POT AGAR BERBUAH LEBAT


cara menanam tomat di pot-ketika kita melihat pagar rumah terbesit di pikiran untuk menanam tomat dengan merambatkan nya ke pagar yang ada di halaman rumah pagar ini akan menjadi rambatan untuk mendukung tanaman tomat yang akan kita tanam ini. tomat dalam pot bisa ditanam di real estate Perumahan, balkon, apartemen atap atau tempat lainnya. tidak harus memiliki pekarangan yang luas untuk menanam tomat ini kalau memang kita akan menanamnya di dalam pot dan bisa diletakkan di mana saja.


cukup ikuti tips berikut ini maka kita sudah bisa memiliki tanaman tomat dalam pot yang akan mengurangi belanja Dapur Kita. pohon tomat dalam pot Coba bayangkan jika kita memiliki deretan tomat dalam pot. usahakan tempat yang agak terhindar dari angin Pilihlah tempat yang bagus untuk meletakkan pot tanaman tomat. usahakan pot tersebut terkena sinar matahari selama 6 jam lebih. kan selang untuk menyirami tomat, dikarenakan tanaman tomat membutuhkan pasokan air yang stabil. janagn meletakkan pot secara berdekatan  supaya daun tidak bergesekan satu dengan yang lainnya. yang akan menyebabkan penyebaran penyakit. 



Pilihlah jenis tomat yang akan kita tanam. secara umum semua jenis tomat sangat bagus ditanam didalam pot. apa itu tomat chery ataupun tomat buah yang ukurannya besar, menanam tomat tidak harus dipot bisa pakai wadah bekas atau kaleng yang penting kita bisa memberi volume tanah yang cukup dan nutrisi yang baik. pilihlah pot yang tepat. jika di awal-awal Emang bibit tomat terlihat sangat kecil sekali, akan tetapi Seiring berjalannya waktu tomat akan tumbuh dan membutuhkan banyak ruangan untuk sistem akar yang kuat.


untuk mendapatkan produksi yang maksimal ukuran pot yang ideal untuk menanam tomat adalah berdiameter 18 inci atau sekitar 35 cm. perlu diketahui juga jika ukuran port yang digunakan terlalu kecil maka akan lebih membutuhkan banyak penyiraman dan pemberian makanan atau nutrisi. pastikan pot yang akan kita pakai memiliki lubang drainase, jadi pastikan untuk melobangi Jika pot tidak ada lubangnya. jangan gunakan wadah Pot dengan warna hitam dikarenakan banyak sekali menahan panas sinar matahari yang  bisa menghangatkan media tanah dalam pot yang akan mengurangi pertumbuhan tanaman. Gunakan media tanam yang subur dan mengandung banyak nutrisi, bisa pakai media kascing atau pupuk dari kotoran cacing dan sebagainya. 




gali lubang yang cukup untuk menanam tanaman tomat dan menutupi dua per tiga batang tomat yang akan mendorong pertumbuhan akar menjadi lebih banyak. Jika sudah tumbuh maka segera tambahkan rambatan  ke pagar. gunakan tali untuk mengikat setiap batang tidak jika tidak memakai pagar maka kita harus menggunakan tajuk untuk menopang tanaman tomat ini. Untuk penyiraman tanaman tomat gunakan gayung saja atau jika ingin secara otomatis maka kita bisa menggunakan driver untuk irigasi air ke dalam pot tanaman tomat. penyiraman merupakan kunci sukses dalam budidaya tomat. tanaman tomat menyukai media yang selalu lembab tetapi tidak jenuh akan air. jika terlalu becek maka akar tanaman akan mati membusuk. 


gunakan tes jari untuk melihat apakah tanaman tomat membutuhkan penyiraman. jika bagian atas kering ketika kita memasukkan jari kedalam media pot maka Inilah saat yang tepat untuk penyiraman tanaman. A ke tanaman tomat ini tingginya sedang menyamai tinggi lutut orang dwasa maka penyiraman harus dilakukan setiap hari. Ini tips yang jarang dilakukan pembudidaya tanaman dalam pot lalu letakkan wadah di bawah pot agar sisa-sisa penyiraman tertampung dan tidak terbuang percuma. ini juga akan menjaga kelembaban jika cuacanya sangat panas. jika menggunakan sistem irigasi tetes maka ini akan memudahkan kita dalam menyiram tanaman tomat ini. bayangkan jika pot tanaman tomat kita banyak tentu ini akan memakan waktu penyiraman. atau jika kita ingin liburan maka sistem irigasi otomatis bisa menjadi solusi., waktu kita tinggal liburan dalam waktu berapa hari. 






Pupuklah tanaman tomatsecara teratur sepanjang musim tanam. kita bisa menggunakan pupuk NPK, KCL dan TSP, tanaman tomat akan tumbuh kuat dan menghasilkan banyak buah yang bagus. jika sudah tidak produksi lagi maka cabut pohon tomat tersebut angkat dan ganti media tanam kemudian kita tanam bibit tomat yang baru lagi. atau kita ingin mengganti tanaman cabe terong atau yang lainnya akan tetapi masih menggunakan pot yang sama.

Selamat menanam... Tumbuhkan kebun di sekitar rumah kita...


sumber fazairablog


Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar