Skip to main content

PENGOLAHAN KOTORAN KELINCI UNTUK MENJADI BIOGAS

pengolahan biogas dikarenakan Kotoran kelinci semakin menumpuk dengan semakin bertambahnya jumlah kelinci.


bagaimana cara mengolah kotoran kelinci menjadi biogas??kebanyakan video yang saya tonton di youtube bahan kotoran untuk membuat biogas kebanyakan dari kotoran sapi dan dedaunan, akan tetapi sebetulnya kotoran kelincipun juga bisa di gunakan untuk membuat biogas. dengan menjadi biogas maka kotoran kelinci akan menjadi sumber energi yang bisa di manfaatkan menjadi energi artenatif penganti gas elpiji 3 kg. akan lebih menghemat pengeluaran dapur kita.

bagian kotoran yang sudah diambil gasnya atau sulfur biogas dari kotoran kelinci sangat baik sekali untuk pupuk organik tanaman dan ini sangat menyuburkan sekali, tidak perlu diolah lagi karena posisi pupuknya yang sudah matang siap untuk di aplikasi kan ketanaman.

alat atau bahan yang di perlukan sebelum kita melakukan experimen pembuatan biogas dari kotoran kelinci.
 yang pertama kita siapakan galon air bekas yang sudah tidak terpakai dan juga tutupnya lalu gunakan pisau untuk melubangi tutup sebagai tempat untuk memasang selang, kita bisa mengunakan selang berdiameterr 1cm, kemudian pipa alumunium yang biasa kita pakai untuk membuat tempat minum kelinci.

jika sudah siap semua masukkan air dan juga kotoran kelinci kedalam tabung galon, jangan lupa tambahkan bakteri pengurai yang menghasilkan gas methan, kemudian simpat selama 7 hari jangan lupa untuk menutup selang biar gas tidak bocor. setelah itu bisa kita ujicoba dengan menyalakannya pakai korek api




BACA JUGA : TIPS DAN CARA UNTUK MEMPERBANYAK BAKTERI DARI EM4 PERTANIAN

sumber websitefazairablog