Kapan Sebaiknya Membungkus Jambu Air

Kapan Sebaiknya Membungkus Jambu Air


jambu air madu busuk karena salah bungkus-ketika bermaksud untuk membungkus jambu air madu yang sudah mulai agak besar buahnya dengan mengunakan plastic bening namun justru yang terjadi adalah pembusukan pada buah jambu tersebut karena adanya kesalahan saat pembungkusan. Dan banyak sekali kerugian yang harus ditanggung para petani jambu madu ini, kerusakan karena kesalajan pembungkusan ini hampir 30 % merusak kualitas buah. Busuk jambu ini biasanya disebabkan oleh cendawan atau sama seperti penyebab pada penyakit antraknosa uang menyerang buah pada cabai. Ini akibat serangan cendawan Colletotrichum sp. Yang perlu di perhatikan disini adalah kita harus memulai pembungkusan ketika buah dalam keadaan kering, jangan di pagi hari ketika sehabis banyak sekali embun dan jangan melakukan pembungkusan jambu setelah terjadinya hujan atau ketika kita melakukan penyemprotan kabut, cendawan ini akan muncul ketika kondisi buah dalam keadaan lembab, ada satu lagi sebaiknya pembungkusnya diganti dengan bahan dari kain atau kertas, akan tetapi sama saja jika ketika musim hujan maka pembungkus kain ini akan lembab juga jadi bijaklah dalam memilih pembungkus untuk jambu, sesuaikan saja dengan cuaca disekirar kita, jika sedang musim kemarau seperti saat ini kita bisa mengunakan pembungkus dari bahan kertas atau kain, banyak sekali pembungkus buah ini di onlineshop seperti tokopedia dan bukalapak. Jika memakai plastic maka wajib hukumnya untuk melubangi plastic tersebut, ingat jangan telalu lebar melubangi plastiknya, karena dikhawatirkan nanti hama lalat buah bisa masuk dan meletakkkan telurnya didalam jambu dan akan membuat jambu menjadi busuk lagi, pelubangan pada plastic ini hanya untuk mengurangi kelembapan pada jambu yang kita bungkus tadi. Dan melubangnya harus dibagian bawah ya,, bukan di bagian atas karena sama saja air juga akan mengedap dibagian bawah plastic jika yang bawah tidak kita lubangi.


cara pemangkasan daun jambu

O iya jangan lupa juga memotong daun2 yang ada diatas agar tidak terlalu rimbun, tujuannya adalah supaya sinar matahari dapat masuk kesela2 cabang dan akan mengurangi kelembapan yang dapat memicu timbulnya cendawan tersebut.


gambar Kapan Sebaiknya Membungkus Jambu Air


Dan ada lagi penyakit yang sering menyerang pohon jambu adalah penyakit daun  berbintil2. Atau para petani biasanya menyebut penyakit bintil daun. Penyakit ini diakibatkan adanya hama kutu loncat. Biasanya kutu ini loncat dari daun satu kedaun lainnya dan menghisab cairan yang ada didaun sehingga menumbulkan bintil pada daun serupa bisul pada kulit daun atau bintil daun.



hama buah jambu madu

Kutu loncat ini tidak akan menumbulkan penurunan produksi pada buah jambu, akan tetapi jika yang diserang keseluruhan daun pada pohon tersebut maka tentu akan mengurangi produktufitas jambu tersebut. Kutu ini bisanya meletakkan telurnya pada daun dan kemudian telur kan menetas menjadi nimfa yang akan menyerap cairan pada daun secara terus menerus sampai menjadi serangga kutu locat lagi, begitu seterusnya dan akan memulai bertelur kembali ketika sudah dwasa.
baca juga budidaya lele dikolam tanah atau kolam terpal ,mana yang lebih baik
Penangannya memang agak sulit karena nimfa ini berada pada jaringan kulit daun jambu yang tidak akan bisa ditembus oleh insektisida.

cara membungkus jambu madu yang benar

Cara yang paling cepat untuk mengatasi hama ini yauti mencegahnya dan memberikan nutrisi jambu yang baik agar pertumbuhannya semakin baik, serta jika menemukan daun yang berbintil sebaiknya dipotong dan dibakar saja. Jka lahan jambunya banyak bagimana…hahaha…nah itu dia kita harus memantau terus tanaman kita jika terlihat  pengangu tanamn ini di awal2 maka tentu akan mudah mengendalikannya.

Jangan terus2san mengunakan insektisida pada buah jambu nanti hama akan resistan dan pestisida tidak akan mempan lagi nah lalu solusinya bagaimana, kita bisa menggunakan musuh alami kutu loncat yaitu kumbang koksinelidae dan kelompok tabuan dari ordo Hymenoptera sebagai parasitoidnya.  pada prinsipnya semua hama punya musuh alami. Pekebun tinggal memanfaatkannya.

sumber fazairablog

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar