Skip to main content

cara mudah mengatasi daun jambu yang bolong atau berlubang

Ada yang suka dengan buah jambu air, ya buah yang satu ini kaya akan kandungan air didalamnya berbagai macam jenis vareitesnya pula akan tetapi kali ini kita tidak akan membahas tentang berbagai macam varietas jambu air, namun yang akan kita bahas disini adalah masalah yang sering dihadapi para pemilik jambu air baik itu tambulampot atu pun yang ditanam dengan langsung ketanah yaitu masalah pada daunnya yang terkadang kita temukan dalam kondisi tidak utuh atau bolong2, banyak penyebab kenapa daun jambu yang kita pelihara bisa berlubang dan seperti kurang enak untuk dipandang, diantaranya adalah penyebab yang paling umum biasanya dimakan ulat, terkadang juga ada seranggan seperti belalang yang suka memakan daun jambu yang masih muda. nah jikalau kita sudah memutuskan untuk menanam jambu air baik itu untuk tujuan komersil atau untuk kesukaan atau hobby saja maka sewajarnya nih kita juga harus berusaha merawatnya dengan sunguh2 dan dengan sepenuh hati. dan kita juga harus siap dengan segala resiko yang akan menyerang tanaman jambu kesayangan kita. memang sih jika masih sedikit yang menyerang daun tanaman jambu kita maka terkadang efeknya tidak akan terlihat dan belum mempengaruhi produktifitas pada buahnya, namun jikalau terus dibiarkan lama2 akan menjadi banyak daun yang tyerserang oleh ulat daun ini, dan pastinya produktifitas stomata untuk memasak unsur hara dari tanah akan terganggu, maka proses fotosintesis dau juga akan tergangu dan nutrisi untuk tanaman juga pasti kan berkuranga, dan yang pasti akan mempengaruhi produktifitas tanaman jambu air kita kedepannya. bisa-bisa tidak akan berbuah kedepannya.



ada juga jenis hama lain yang suka menyuntikkan telur2 pada daun jambu dan meninggalkan telur2nya didalam daun dambu dan inilah yang menyebabkan daun jambu seperti terdapat bintil2 atau bentol2 atau kutil2 begitu, nah telur ini akan menetas dan kemudian akan menyerap nutrisi dari tanaman jambu kita sampai akhirnya menjadi kempompong kembali dan menjadi serangan dewasa, hama jenis ini agak sulit kita kendalikan karena posisinya yang berada di bawag daun yang pastinya ketika kita semprotkan pestisida maka akan sulit sekali mengenainya, karena pisisinya yang memang sembunyi bisa dikatakan sembunyi di lapisan2 daun jambu, cara mengatasinya yang paling efektif adalah pencegahan sedini mungkin jika kita menemukan gejala seperti diatas kita langsung melakukan tindakan prefentif dengan memotong daunnya dan segera membakarnya, atau bisa kita kubur.

jika hamanya hanya jenis  ulat saja maka pestisida baik itu yang organik atau kimia saja sudah sangat baik untuk mengatasinya, dan jika belalang musuh tanaman kita maka sebaiknya penyemprotan dilakukan disore harinya, kenapa karena sering kali kita temui daun jambu ketika masih sore terlihat masih sangat bagus tanpa ada bekas bolong-bolongnya akan tetapi pas pagi hari kita cek sudah berubah menjadi bolong maka ini mengindikasikan bahwa hama tanaman yang menyerang jambu kita aktif pada malam hari maka dari itu kita lakukan penyemrotan di sore harinya, naha semoga tips berikut ini bermanfaat ya . oh iya untuk melihat berbagai ramua resep untuk pestisida organik yang bisa mengatasi hama ulat ini bisa dilihat pada postingan sebelumnnya,m kalo pakai pestisida asaya biasa menggunakan lannet atu decis, untuk dosisnya bisa disesuaikan dengan yang ada pada kemasan, o iya janaga lupa mengunakan masker saat melakukan penyemrotaan walaun terkadang sangat dianggap sepele oleh para petani-petani kita tapi yakinlah lat pelindung saat kita menyemprotkan bahan kimia entah itu pestisida atau obat yang lainnya tentu kan sangat bermanfaat bagi kesehatan kita nanti kedepannya. sekian dulu dari saya dan sampai jumpa pada atikel salanjutnya...

selamat berkebun...

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar