Skip to main content

Manfaat Baking Soda dan Aplikasinya Pada Tanaman

baking soda adalah sejenis bahan yang memiliki banyak zat. fungsi utamanya adalah sebagai pengembang makanan apalagi, ada zat tertentu di dalamnya baking soda yang dapat digunakan untuk mendukung kelancaran penanaman
Fungsi baking soda berikut dapat diterapkan ke tanaman

1. daun pembersih
daun adalah dapur tanaman. Di sinilah proses fotosintesis berlangsung, Untuk menjaga daun sehat, gunakan baking soda yang telah dilarutkan dalam air kemudian digosok ke daun menggunakan kain lembut perlahan.


 12 Manfaat Baking Soda dan Aplikasinya Pada Tanaman
2. pupuk tanaman
tambahkan 1 sendok makan baking soda, 1/2 sendok makan amonia dan 1 sendok teh garam larutkan bahan dalam 1 galon air, tuangkan pada tanaman yang kurang berkembang sebanyak 1 liter.
Cairan ini berfungsi sebagai pupuk untuk tanaman yang kurang berkembang/kerdil
sampai perlahan-lahan akan berkembang

3. menghilangkan bau kompos
meskipun pada dasarnya kompos yang sudah jadi tidak mengeluarkan bau tetapi ada saatnya ketika kompos memancarkan k bau yang tidak menyenangkan etika dihirup, menggunakan baking soda dan cukup taburi di kompos untuk menghilangkan bau

4.mengusir siput/keong sawah
taburi soda kue di sekitar tanaman untuk menangkal dari hama perusak tanaman

5.merangsang bunga tanaman untuk mekar
larutkan satu sendok makan baking soda ke dalam 2 liter air dan tuangkan ke tanaman berbunga
\
6. menstimulasi rasa manis pada tanaman tomat
taburkan sedikit baking soda di pangkalan dari tanaman tomat. baking soda akan diserap di dalam tanah dan mengurangi keasaman tanaman tomat sehingga tomat akan terasa lebih manis.

7. uji tingkat pH tanah
jika lokasi tempat menanam tanaman tingkat keasaman tinggi, taburi baking soda di atasnya jumlahnya disesuaikan dengan tingkat pH tanah pada lahan terbatas sebagai percobaan.

8. sebagai fungisida untuk mencegah pertumbuhan jamur daun.
kitadapat menggunakan baking soda melarutkan 1 sendok teh baking soda dalam 1 liter air lalu semprotkan pada permukaan daun sangat efektif diterapkan di kebun sayur, pohon buah dan tanaman merambat.


9. buat kesegaran bunganya lebih lama setelah memetik bunga,
beri 1 sendok teh baking soda ke wadah atau pot bunga dengan cara ini akan membuat kesegaran bunga lebih panjang

10. membunuh ulat
untuk membunuh ulat, campurkan tepung dan baking soda pada daun yang terkena ulat bulu akan segera mati jika mereka memakannya daun yang telah ditaburi dengan campuran baking soda.

11.mempercepat pembungaan
pada tanaman tanaman hias seperti pinonea dan geranium nantinya lebih indah jika mereka memiliki lebih banyak bunga, akan sangat sulit jika kita bergantung pada cara alami. menggunakan baking soda untuk merangsang pembungaan tanaman hias Anda tentu akan lebih menguntungkan.

12.baking soda sebagai bahan pembuatan herbisida
baking soda sangat ampuh untuk dimanfaatkan sebagai pembunuh gulma dan lumut, penggunaannya sangat mudah kita hanya perlu langsung memercikkan soda kue agar tanaman terkena larutan tsb, atau bis apakai spray.
dijamin dalam beberapa hari gulma dan lumut juga akan hilang seketika
itulah beberapa fungsi dan manfaat dari baking soda untuk tanaman
lalu bagaimana cara mengaplikasikannya?
baca juga tanda2 ikan lele akan sakit
ambil baking soda 1 sendok teh campuran rata dalam 1 liter air beri sedikit sabun cuci piring itu bertujuan untuk menempelkan pestisida sehingga hama jangan terbang dan mudah menempel pada tanaman lalu oleskan ke tanaman dengan menyemprotnya
menyemprotkan semut pada terong untuk menyemprotkan ulat di tanaman lada. jadi kawan, sangat mudah menerapkan baking soda untuk tanaman, kan?
jadi jangan ragu untuk menggunakan baking soda untuk merawat tanaman
jangan lupa share artikel ini..
semoga berhasil..

baca juga cara membuat pestisida alami berbahan bawang putih sumber blogfazaira