Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bakteri yang digunakan untuk membuat pupuk organik cair

Bakteri yang digunakan untuk membuat pupuk organik cair-Microganisme dalam tanah sangat penting sekali unbtuk kelangsungan hidup tanaman. Microganisme dalam tanah akan banyakbkitabjumpai pada sistem perakaran tanaman.

Dimana disitu ada akar tanaman nah disitulah banyak microganisme tanah yang membantu proses penyuburan dan pelapukan bahan bahan organik yang ada didalam tanah. Sebagian microganisme tanah hanya bisa dilihat dengan microcope karena ukuran mereka yang sangat kecil.

 Banyak sekali yang mengembangkan microganisme atau bakteri tanah ini ya salah satunya karena fungsinya yang bisa membantu kesuburan tanah.

gambar Bakteri yang digunakan untuk membuat pupuk organik cair

Maka dari itu banyak pupuk cair organik didalamnya pasti terdapat banyak kandungan bakteri yang bermanfaat bagi kesubiran tanah.

Contohnya adalah mikroba pelarut phosphat. Kemudian mikroba sebagai penambat nitrogen diudara yang besimbiosis dengan tanaman azola kemudian mikroba selulosa yang ada pada pencernaan rayap. Didekat perakaran tanaman juga akan kita temui banyak bakteri pelarut phospat. Mereka bisa bespesies bekteri dan juga sebagai jamur.


Tugas fungsi utama mereka adalah melarutkan phospat yang berbentuk anorganik agar bisa diserap oleh akar tanaman.diantaranya adalah pseudomonas.aspergilus.bacilius.escherchia. bakteri bakteri ini akan mengjasilkan asam2 organik yang akan mengkonversi trikalsiumphosphat menjadi monokalsium phospahat agar lebih mudah diserap oleh tanaman. Jika kita ingin mengunakan bakteri ini. trik untuk membuahkan jambu madu delli

Kita bisa memakai em4 pertania. Dalam em4 pertanian didalamnya terdapat kandungan bakteri bakteri yang kami sebutkan tadi. Jangan lupa sebelum mengaplikasikanya kedalam tambulampot tanaman jambu madu. Terlebih dahulu kita aktifkan bakterinya dengan menambahkan larutan gula dan diamkan selama sehari. Jika kita ingin mengambil bakteri tersebut dari alam maka kita bisa ambil dari perakaran sekitar akar bambu yang rimbun.


Kemudian dari tanaman azolla dan perakaran tanaman enceng gondok. Tingal menambahkan air kelapa dan gula merah maka microganisme yang kita tangkap dari alam sudah siap kita gunakan untuk diaplikasikan ke tanah.


Baca Juga : Pupuk organik cair manfaat dan fungsi