Skip to main content

Keunggulan pupuk organik nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman

Keunggulan pupuk organik nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman Pupuk organik atau kompos yaitu pupuk yang banyak mengandung nitrogen sebagai sumber utama dalam tanah dan sangat baik untuk memperbaiki sifat fisik tanah. Pupuk organik akan diubah oleh microganisme,jamur, dan bakteri menjadi humus dan menjadi bahan organik tanah yang akan mudah diserap oleh akar tanaman. Pupuk organik kaya sekali akan nutrisi untuk tanaman.

gambar Keunggulan pupuk organik nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman

Banyak sekali manfaat yang didapat jika kita mengunakan pupuk organik ini diantaranya adalah mebingkatkan aktifikatas microganisme dalam tanah. Meningkatkan daya simpan air.dan memperbaiki kimia dalam tanah. Pupuk organik sangat mebyerap air.itulah kenapa jika kita memberikan pupuk organik maka kita akan jarang untuk menyirami tanaman. Penyimpanan air ini terjadi pada tanah yang berpori pori dan kemudian air akan berguna untuk menjaga kelembapan pada media tambulampot tanaman kita. Dan yang pasti tanaman akan terhindar dari kekeringan akibat kita lupa untuk menyiraminya.
Pupuk organik juga banyak mengandung bakteri sebagai pengkomposan bahan yang dapat didaur ulang. Bakteri ini sangat baik karena mampu berkembang biak dengan cepat pada tanah dan juga mampu untuk senangtisa menjaga kelembapan tanah. Nah aktifitas bakteri ini juga akan menyediakan nutrisi dalam tanah yang akan langsung bisa diserap oleh akar tanaman.
Pupuk organik sangat kaya dengan berbagai nutrisi baik makro maupun mikro yang diperlukan oleh tanaman. Unsur makro diantaranya adalah nitrogen,pospor, dan kalium dan lainya. Sedangkan unsur mikro adalah unsur yang dibutuhkan tanaman namun jumlahnya hanya sedikit. Antara lain adalah besi , mangan, seng, dan lainya. Pupuk organik mempunyai sifat yang berbeda dengan pupuk kimia pupuk ini mampu mengemburkan tanah walaupun tanah itu bersifat padat sekalipun seperti tanah liat.
Pupuk ini juga dapat memperbaiki kondisi tanah yang berpasir dan tanah lembung.pada tanah lempung pupuk organik akan membentuk banyak sekali pori pori sehingga tanah akan menjadi lebih gembur.