Skip to main content

Jadwal penyemprotan pestisida pada tanaman cabai keriting

Cabai keriting biasanya bibit berasal dari thailand yang kondisi iklimnya berbeda dengan diindonesia. Maka dari itu bibit cabai import biasanya perlu adaptasi dengan iklim diindonesia.

Penyemprotan pada cabai hibrida sangat penting dilakukan. Namun penyemprotan tidak harus dilakukan dengan cara rutin dan terjadwal. Sebaiknya penyemprotan pestisida kita lakukan bila kita menemukan serangan hama pada lahan. Jadi seringlah menengok lahan setiap hari dan amati perkembangannya jika terjadi serangan hama baik itu ulat.trips dan lainya maka segera lakukan penyemprotan.
Penyemprotan tanaman juga harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan pun harus sesuai dengan waktu,konsentrasi dan sasaran. Bila pada lahan belum terjadi serangan hama maka kenapa harus dilakukan penyemprotan?

*sumber: youtube.com

Jika kita melakukan penyemprotan terlalu sering maka ini akan terjadi pemborosan dan mubazir. Musuh alami hama juga akan mati karenanya lakukan penyemprotan dengan bijak jangan sampai membuat hama menjadi kebal terhadap pestisida jikankita sering melakukan penyemprotan.
Pada penyemprotan tahap awal memang akan terlihat semua hama mati akan tetapi jika kita teliti lagi maka ada sebagian hama yang masih mampu bertahan dan bisa menurunkan strain yang berbeda yang kebal dengan pestisida. Semakain disemprot maka hama akan semakin kebal. Dan akhirnya hama tersebut akan sulit sekali dikendalikan walaupun dosis pestisida kita tingkatkan.