Skip to main content

Menejemen Pakan Ayam Bloiler dari DOC sampai Dewasa siap panen

Banyak pera peternaka ayam yang asal asalan dalam pemberian pakan ke ayam pedaging broiler. Penakaran pakan itu penting agar jumlah pakan yang kita berikan ke ayam menjadi terukur dan efisien. Kali ini kita akan membahas pemberian pakan mulai dari fase DOC sampai ayam dewasa dan siap untuk kita panen.

Yang pertama fase DOC antara umur sehari samapai 7hari. Ayam yang sudah menetas kita pindahkan ke ruangan pemanas. Tambahkan air hangat dengan ditambah sedikit larutan gula dan beberapa vitamin untuk menambah daya stamina DOC. Pakan yang bisa kita berikan adalah 1.3 kg untuk 100 anakan DOC. Ini adalah acuan takaran minimal yang mana jumlah tersebut bisa bertambah pada prakteknya karena kondisi kalori pakan dan lingkungan kanfang setiap peternak yang berbeda beda.gunakan pakan yang berbentuk butiran kecil yang khusus untuk DOC. Dan jangan lupa berikan vaksinasi setelah ayam berumur 4 hari.

Fase selanjutnya adalah kita akan menambahkan jumlah pakan sebanyak 3.3 kg untuk 100 ekor ayam ketika sudah berumur 8 hari sampai hari ke 14 atau 2 minggu. Untuk lampu pemanas boleh dikurangi ketika siang hari. Akan tetapu flam vase ini kita harus terus mengawasi.



Menejemen Pakan Ayam Bloiler dari DOC sampai Dewasa siap panen


Fase selanjutnya adakah ketik ayam sudah berumur 2 minggu maka jumlah pakan yang bisa kita berikan adalah sebanyak 4.3kg untuk 100 ekor ayam. Pada umur ini lakukan vaksinasi kembali melalui air minum. Untuk pemanas hanya kita nyalakan saja ketika malam hari dan air sebaiknya diambil saja. Kita berikan air minum ketika ayam benar2 haus saja. Dan pada saat itu kita berikan vaksin agar vaksin bisa diminum ayam sebanyak banyaknya.

Fase selanjutnya adalah ayam sudah berumur 22 hari maka tambahan pakan yang bisa kita berikan adalah berjumlah 6.5 kg untuk 100 ekor selama 8 hari. Ketika sudah berumur 28 hari lakukan penimbangan berat badan ayam. Atau biasanya kita sebut pengambilan sampling jika ayamnkita normal pertumbuhannya maka berat rata2 adalah 1.25 kg. Jangan sampai kita lengah dalam fase ini karena ketika umur segini ayam sudah sangat rentang sekali terhadap penyakit.
Kebutuhan pakan adalah 88 gr per ekor atau 8,8 kg untuk 100 ekor ayam. Pada minggu ini, yang perlu diperhatikan adalah tata laksana lantai kandang. Karena jumlah kotoran yang dikeluarkan sudah tinggi, perlu dilakukan pengadukan dan penambahan alas lantai untuk menjaga lantai tetap kering.. Pada umur 35 hari juga dilakukan sampling penimbangan ayam. Bobot badan dengan pertumbuhan baik mencapai 1,8 - 2 kg. Dengan bobot tersebut, ayam sudah dapat dipanen. 

Pada hari ke 30 puluh kita tambahkan lagi jumlah pakan sebanyak 8.8 kg untuk 100 ekor ayam. Pada fase inibyang palun krusial adalah pengelolaan kotiran ayam yang ada di bawah kandang jangan sampai kondisinya lembab karena ini akan mempengaruhi kesehatan ayam. Pada umur 35 hari sudah kita lakukan sampling atau penimbangan bobot. Bobot yang bagus adalah 1.8 kg sampai 2 kg. Sebetulnya bobot segini ayam sudah dapat kita panen ajantetapi jika ingin mendapatkan bobot yang lebih tinggi maka fase sealanjutnya adalah ketika umur 36 hari

Jumlah pakan yang di berikan pada fase ini adalah sama seperti sebelumnya sekitar 9 kg samapai ayam berumue 42 hari dan rata2 bobotnya adalah 2.25 kg..bobot segini sudah sangat bagus sekali untuk kita panen.




Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar