Skip to main content

Mengatasi heat stres ayam broiler

Heat stress adalah momok yang sangat menekutkan bagi para peternak ayam dikarenakan tingkat kematian karena  heat stress ini sangat tinggi sekali maka dari itu para peternak ayam broiler selalu menjaga suhu kandangnya agar tetap stabil, heat stress adalah gejala yang di timbulkan karena kondisi tubuh ayam yang meningkan dikarenakan karena pengaruh suhu lingkungan sekitar.

jika masalah heat stress ini tidak segera ditangani dengan cepat maka kemungkinan seluruh koloni ayam dalm kandang akan mengalami kematian masal dan ini akan merugikan peternak secara keselurunhan, kematian ayam akan dimulai dari jenis ayam yang menpunyai bulu yang tebal dan banyak.

gambar Mengatasi heat stres ayam broiler


tanda ayam terserang heat stress adalah ditandai dengann ciri sebagai berikut ini yaitu mulut ayam selau terbuka seperti megap2 dan ayam selalu mengepak-ngepakkan sayapnya.

yang perlu digaris bawahi adalah pada suhu berapa sebaiknya untuk memelihara ayam, atau ayam itu bisa berkembang dengan baik di kondisi suhu berapa derajat celcius, nah untuk mengetahui kondisi ini maka kita harus mencermati perilaku ayam setia kita berada didalam kandang, amatilah apakah ayam sudah mengalami heat stress dan bisanya suhu datas 28 derajat C ini sudah bisa membuat ayam mengalami heat stress.

banyak sekali faktor yang menyebabkan suhu ayam menjadi tinggi yang pertama karena proses metabolisme nutrisi makanan yang berada di dalam pencernaan si ayam tersebut, apalagi dengan adanya laju metabolisme yang sangat tinggi pada ayam broiler menyebabkan pertambahan bobotnya semakain banyak yang mana juga akan menyebabkan energi panas dalam tubuhnya meningkat dan akan menyebar ke lingkungan sekitar ayam berada. yang mengalami hal seperti ini biasanya ayam yang berumur dibawah 20 hari.

 faktor lainnya yang menyebabkan heat stress adalah tingginya suhu didalam kandang karena sinar terik matahari pada musim kemarau yang menyebabkan suhu kandang meningkat secara drastis, maka secara ilmiah ayam akan sering membuka mulutnya untuk menetralkan suhu tubuhnya.

kondisi ayam yang mengumpul entah itu karena berebut pakan atau berebut minum, kondisi ini tentu juga akan membuat suhu ayam akan semak]in meningkat dikarenakan berdesakan yanga kan menguragi kadar oksigen dan suhu disekitar ayam akan meningkat.

sirkulasi udara yang kurang baik, jadi usahakan saat membangun kandang ayam harus dihitung bagaimjana udara bisa mengalir dengan baik, supaya tidak membuat kandang menjadi panas dan pengap karena kadar oksigen yang menurun.

banyak akaibat dari heat stress ini dan yang paling paras adalah kematian massal. ayam mungkin akan mengalami dehidrasi karena suhu yang meningkat. ayam sering mengap- atau sering membuka mulutnya ini adalah reaksi alami ayam untuk menguragi suhu panas yang ada pada tubuhnya. jika dengan penyesuaian diatas suhu ayam masih tinggi maka ayam otomatis tidak akan mampu bertahan dan akhirnya akan mati dengan kejang-kejang. ayam akan mengalami pertumbuhan yang lambat karena pertambahan suhu akan membuat ayam menjadi malas untuk makan.

penanganan yang isa dilakukan adalah dengan menyediakan banyak aiir minum yang selalu tersedia, berikan ayaqm cairan elektrolit agar bisa menjaga PH, hal ini akan menjaga tekanan darah menjadi normal jika tekanan darah tinggi karena suhu yang tinggi maka ayam akan bisa mati mendadak, dengan memperlancar sirkulasi udara bisa dengan menambahkan blower, dan juga tambahkan multivitamin pada minumannya.

ada sebagian tips jika untuk membuat kandang agar mengurangi suhu pada kandang bahan atap kandang bisa mengunakan asbes atau genting dari tanah yang paling bagus, ketinggian kandang dari tanah yang paling bagus adalah 6 meter, gunakan blower agar sirkulasi udara berjalan dengan bagus dan suhu udara tidak akan panas dan lembab. kepadatan kandang yang bagus adalah 10 ekor per  m2, jika dengan cara diatas suhu kandang masih tinggi maka gunakan hujan buatan yang kita pasang denga paralon diatas kandang maka hal ini otomatis akan mengurangi suhu kandang secara instan,








Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar