Skip to main content

Cara membuat ramuan herbal untuk ayam broiler

Banyak sekali bahan alami yang bisa kita gunakan sebagai jamu alami atau obat herbal guna untuk diperuntukkan bagi menambah daya tahan tubuh pada peternakan ayam pedaging kita. Bahan yang banyak digunakan diantaranya bawang putih dan daun sirih yang kedua bahan tersebut memiliki kandungan antibiotik yang sagat bagus.

jamu fermentasi untuk ayam broiler

Selain dari kedua bahan diatas banyak juga yang mengunakan kunir atau kunyit karena didalam kunyit ada suatu zat senyawa yang bernama curcurmin yang bermanfàat untuk anti microba dan anti radang anti berbagai macam virus. penambahan gula jawa dan temulawah juga bisa ditambahkan sebagai bahan untuk penambah nafsu makan dan meningkatkan stamina pada ayam broiler dikandang.

Tips meramu dan meracik jamu herbal tradisional untuk kesehatan ayam pedaging
*sumber : youtube .com

Sudah banyak para peternak ayam yang menggunakan kunyit sebagai sarana untuk jamu bagi kesehatan ayam. Menurut pengalaman para peternak pengunaan kunyit bisa mengurang dampak bau yang ditimbulkan kotoran ayam. Selain itu kunyit juga bisa kita gunakan sebagai anti hama.

cara membuat jamu fermentasi untuk ayam

Berikut ini cara yang bisa kita lakukan untuk meramu kunyit sebagai ramuan herbal..
Yang pertama kita lakukan adalah cuci kunyit sampai bersih sampai kotoran dan tanahnaya hilang. Bisa langsung kita parut atau dibleder. Dan peras airnya. Bisa kita tambahkan gula jawa dan air kelapa. Lalu bisa kita tambahkan ke air minum ayam

Oh iya jangan terlalu banyak memberikannya. Cukum 3cc saja untuk 1 liter air. Jika terlalu pekat ayam tidak akan meminumya.

Ada juga peternak ayam yang tidak ingin repot bisa mengunakan kunyit dalam bentuk tepung kemudian bisa langsung kita tambahkan kedalam pakan. Atau kangsung dicampurkan kewadah minumnya.

jamu pencegah penyakit ayam

Banyak penelitian yang dilakukan dan hasilnya dengan mengunakan bahan alami sebagi ramuan herbal ternak dapat mengurangi kematian pada ternak ayam yang kita pelihara serta pakan akan lebih efisien. Dan daya tubuh ayam akan meningkat yang membuat ayam tidak mudah terserang berbagai penyakit

Beberapa bahan lain yang bisa kita gunakan dalam membuat ramuan herbal adalah sebagai berikut ini.
Bawah putih, jahe merah, kunyit,daun sirih, lengkuas, temu lawak, dll

Tahap peracikan jamu ayam tradisional ini sangat sederhana. Setelah bahan – bahan Anda kupas dan bersihkan maka bahan jamu dihaluskan atau diblender kemudian disaring untuk diambil sarinya. Selanjutnya sari tersebut Anda tambahkan gula tetes tebu dan dicampur dengan EM4 sebagai mikroba untuk fermentasi. Setelah itu larutan ditambahkan dengan air bersih kemudian Anda aduk sampai larutan merata.

Semua bahan diatas tinggal kita cuci bersih semuanya kita masukkan kedalam blender lalu kita saring dan ambil airnya saya tambahkan gula jawa dan yakult sabagai bakteri probiotik bagi usus ayam.

Bisa kita simpan kedalan derigen kemudian kita tutup dan simpan untuk fermentasi selama 6 hari atau 1 minggu. Setelah 1 minggu maka jamu herbal ini sudah bisa dipakai untuk kita àplikasikan ke ayam baik itu melalui pakan atau air minumnya.

Sekian semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian.
sumber bacalagiblog
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar