Skip to main content

Jenis makan kelinci yang rendah kalsium

Kalsium sangat penting bagi kelinci terutama untuk kesehatan tulang dan gigi mereka akan tetapi secara khusus ada beberapa kelinci yang mengalami ganguan saluran air kencing jika pakan yang diberikan mengandung kalsium yang tinggi.

Bagaimana Kelinci Memproses Kalsium

Pada kebanyakan mamalia, kalsium apa pun yang dibutuhkan oleh tubuh diserap saat makanan melewati saluran pencernaan dan sisa kalsium yang tersisa terus diekskresikan sebagai limbah (kotoran). Pada kelinci, semua kalsium diserap melalui saluran pencernaan dan kemudian apa yang tidak diperlukan kemudian diekskresikan melalui ginjal dalam urin.

 *sumber : pixabay.com

Merupakan hal yang normal bagi kelinci sehat untuk memiliki kalsium dalam urinnya, yang dapat membuatnya tampak sedikit keruh dan dapat meninggalkan residu yang kapur ketika mengering. Namun, pada beberapa kelinci, kalsium mengikat bersama untuk membentuk batu, membuat berlumpur di bagian bawah kandung kemih yang sulit untuk dilewati dan membuat urin berwarna putih susu dan bertekstur berpasir. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada kandung kemih dan infeksi saluran kemih yang sering terjadi.

Berapa banyak kalsium yang dibutuhkan kelinci?

Jika kelinci Anda didiagnosis menderita lumpur kandung kemih atau masalah saluran kemih lainnya. Tujuan dari diet pakan rendah kalsium bukanlah untuk menghilangkan kalsium sepenuhnya; kalsium diperlukan untuk berbagai fungsi tubuh termasuk pertumbuhan gigi kelinci normal. jadi kita hanya mengurangi kadar jumlah kalsium saja.

(jumlah harian yang disarankan) kalsium untuk kelinci peliharaan dewasa adalah sekitar 200mg per 1kg berat badan, jadi 500mg untuk kelinci 2,5kg. Sebagian besar kelinci dengan masalah kalsium mengonsumsi makanan yang menyediakan lebih dari data diatas, jadi ketika mixer bahan pakan kelinci pastikan semua bahan kalsium tercampur rata pada bahan baku pelet jangan samapai ada kelinci yang berlebih mengkonsumsi kalsium dalam pelet karena kesalahan mix atau pencampuran.

Pola makan yang sehat untuk kelinci dengan masalah saluran kemih memiliki komponen yang sama dengan kelinci rata-rata - yaitu banyak rumput / jerami, beberapa sayuran segar atau tanaman lain, dan pelet komersial. Untuk kelinci dengan masalah saluran kemih kita hanya perlu memberikan sedikit perhatian pada proporsi makanan ini untuk memastikan kita mendapatkan jumlah kalsium yang tepat dan mengganti beberapa bahan yang sangat tinggi kalsium.

berikut makan kelinci yang rendah akan kalsium


Hay / Rumput
rumput adalah makan yang paling cocok untuk kelinci semua rumput memiliki kandingan nutrisi yang seimbang, termasuk kalsium, untuk memenuhi kebutuhan kalsium. Seperti semua kelinci, kelinci harus makan banyak rumput-rumput atau rumput segar.

Cara terbaik untuk mengurangi jumlah kalsium dalam makanan kelinci Anda adalah mengganti beberapa makanan kering seperti pelet dengan rumput yang lebih banyak atau sayuran hijau. Dengan melakukan ini, jumlah makanan kering dapat dikurangi secara dramatis, misalnya 10 g per 1 kg berat per hari (total 25 g untuk kelinci 2,5 kg) yang akan memberikan 203mg kalsium yang sedikit  per hari.


Sayuran / Tanaman Rendah Kalsium
Sayuran dan tanaman sangat bervariasi dalam kalsium, misalnya dandelion memiliki kandungan kalsium 1,34% dan wortel 0,28%. Namun, sepotong wortel jauh lebih berat daripada daun dandelion sehingga juga penting untuk memperhitungkannya.

Nilai kalsium dalam sayuran juga bisa tampak tinggi dibandingkan dengan pelet, karena mengandung banyak air, misalnya kale dianggap sebagai sayuran kalsium tinggi pada 0,98% sekitar nilai yang sama dengan pelet biasa (0,9%).  Inilah sebabnya mengapa mengganti beberapa pelet dengan makanan segar membantu menurunkan nilai kalsium.

air
Masalah terakhir yang perlu kita perhatikan adalah air. Ada dua cara air berperan dalam diet kelinci dengan masalah kandung kemih dan saluran kemih - asupan air kelinci secara keseluruhan dan pengaruhnya terhadap pembentukan lumpur dan air kandung kemih sebagai sumber kalsium yang potensial.

Asupan air
Asupan air yang tinggi membantu melarutkan urin dan mendorong kelinci Anda untuk mengosongkan kandung kemih mereka sering membantu mencegah penumpukan lumpur. Kelinci akan mengonsumsi air 10-15% dari berat tubuhnya dalam  per hari, yaitu seekor kelinci seberat 2.5kg membutuhkan sekitar 250-375ml air per hari. Air dalam makanan yang mereka makan dan air yang mereka minum dari botol atau mangkuk termasuk dalam jumlah total ini.

Cara terbaik untuk memaksimalkan asupan air adalah memberi makan makanan segar, karena ini memiliki kandungan air yang tinggi yang berkontribusi terhadap asupan air kelinci secara keseluruhan. Ini berarti mengganti sebagian atau semua (rumput kering) dengan rumput segar dan mengganti sebagian ransum pelet dengan sayuran segar dan tanaman lainnya. Ini adalah cara yang lebih alami bagi kelinci untuk terhidrasi; di alam liar kebutuhan air mereka akan dipenuhi dari makan rumput / tanaman segar daripada air minum. Memenuhi kebutuhan air mereka dengan cara ini juga berarti asupan air mereka selalu sebanding dengan asupan makanan (dan kalsium) mereka.

Baca juga : Produsen pelet kelinci  murah dan berkualitas

Sumber : hobikelinci