Skip to main content

Makanan yang dianjurkan untuk kelinci agar tumbuh sehat dan panjang umur

Kebanyakan orang berpikir bahwa pelet kelinci diformulasikan khusus untuk kelinci peliharaan, Pelet awalnya diformulasikan sebagai cara yang tapat dan ekonomis untuk membuat pertumbuhan kelinci cepat dan penambahan berat pada kelinci  yang dipelihara untuk tujuan daging dan bulu. Kelinci adalah teman dan sahabat kami dan kami ingin mereka berumur panjang, hidup sehat. Inilah sebabnya mengapa sangat penting bagi kita untuk mempelajari dan memahami kebutuhan makanan mereka.

makanan yang dianjurkan untuk kelinci peliharaan agar tumbuh sehat dan panjang umur

Kelinci memiliki sistem pencernaan yang unik. sistem yang dirancang untuk mengambil energi dan nutrisi dari makanan yang rendah dalam hal nutrisi, sehingga memberikan kelinci makanan tinggi lemak / tinggi protein, kandungan serat yang rendah akan memicu kesehatan pencernaan yang buruk. dan bahkan masa hidup yang lebih pendek. Kelinci yang sehat  mendapatkan pakan yang tepat dan tinggal di dalam rumah kita karena mereka adalah bagian dari keluarga, dan pengalaman kami mereka bisa memiliki masa hidup delapan hingga tiga belas tahun. jika memang tujuannya adalah untuk hewan peliharaan.

GAMBAR MAKANAN YANG DIANJURKAN UNTUK KELINCI AGAR TUMBUH SEHAT DAN PANJANG UMUR
*sumber : pinterest.com

Pencernaan Kelinci

Pencernaan dimulai di mulut. Makanan dihaluskan oleh gigi dan dicampur dengan air liur, yang mengandung protein yang mulai memecah makanan. Ketika makanan ditelan, makanan itu masuk ke lambung dan dicampur dengan asam lambung dan enzim pencernaan, lanjut proses pencernaan. Kemudian bergerak keluar dari lambung ke usus kecil di mana nutrisi diserap ke dalam tubuh, dan kemudian berlanjut ke usus besar di mana partikel makanan diurutkan berdasarkan ukuran. Partikel yang lebih besar dari serat yang tidak dapat dicerna mendorong fragmen yang lebih kecil dari serat yang dapat dicerna mundur ke dalam sekum, yang merupakan kantung tertutup besar yang terletak di persimpangan usus kecil dan besar. Partikel-partikel yang tidak dapat dicerna kemudian dikeluarkan dalam pelet tinja (kotoran biasa) dan cecum memulai proses fermentasi yang akan menghasilkan apa yang biasanya disebut sebagai kotoran malam atau cecotropes, yang akan dikonsumsi seekor kelinci langsung dari anus.  dapat mengetahui perbedaan antara tinja dan cecotrophes yang normal dengan teksturnya yang lembut dan berkilau dan seringkali lebih menyengat baunya.

cecum kelinci terdiri dari campuran protozoa, ragi dan bakteri baik, yang sangat penting untuk menjaga kelinci tetap sehat. Jika sesuatu mengganggu keseimbangan bakteri halus (seperti stres; beberapa antibiotik oral seperti penisilin & obat-obatan terkait; diet tinggi lemak, rendah serat; terlalu banyak karbohidrat, dll.), Bakteri jahat akan mulai tumbuh. Bakteri jahat ini menghasilkan racun yang bisa berbahaya atau fatal bagi kelinci .

melalui cecotropes,  kelinci dapat menyerap nutrisi melalui pencernaan normal  dan vitamin yang terkandung dalam pelet. Beberapa bukti menunjukkan bahwa bakteri dari cecal cecal ini (dicerna ulang) membantu mencerna makanan saat berada di lambung)

Pentingnya Serat dan pakan yang Tepat bagi kelinci


Ketika kelinci diberi makanan yang tidak benar, yang tidak mengandung serat [yang tidak dapat dicerna] yang mencukupi atau karbohidrat yang terlalu tinggi, saluran Gastro-Intestinal (GI) tidak dapat berfungsi dengan baik dan mulai mati, menyebabkan berbagai masalah dari apa yang disebut stasis GI. Stasis GI, jika tidak segera dirawat, dapat menyebabkan kelinci  mati.

Jadi apa sebenarnya stasis GI? Ketika kecepatan material pakan bergerak melalui GI diubah, hal itu dapat memengaruhi seberapa cepat lambung dan sekum kosong. Ketika ini terjadi, kita akan terlihat penurunan dalam nafsu makan.

kalinci mulai kekurangan asupan pakan dan air, dan karena tubuh kelinci masih membutuhkan cairan maka tubh kelinci mengambilnya dari lambung, yang mana akan membuat lambung agak sedikit kering
 lambung akhirnya tidak nyaman dan sering mengandung gas (karena penumpukan bakteri jahat di cecum), dan ini akan membuat kelinci semakin tidak mau makan, menjadi anoreksia, dan mati. Ketika kelinci mati karena stasis GI dan masalah lainnya, hal ini paling sering disebabkan oleh lipidosis hati atau Penyakit Hati berlemak, yang disebabkan oleh racun yang dihasilkan oleh bakteri jahat di sekum.

Bagaimana Saya Akan Tahu kalo Kelinci Saya Mengalami Masalah?


Periksa tinja saat membersihkan alas kandang. Kotoran kelinci harus banyak, bulat seperti kacang polong dan dari ukuran dan bentuk yang seragam. Tidak ada feses atau jauh lebih sedikit dari biasanya, feses yang cacat, atau yang diikat dengan rambut/bulu kelinci.

Sementara penggunaan hairball remedies sebagai pencegah bisa sangat membantu, ada beberapa pertanyaan mengenai seberapa bermanfaat atau berbahaya pemberiannya pada kelinci yang sudah berada di stasis GI. Jika isi usus mengalami dehidrasi parah dan keras. kami biasanya memberikan  obat hairball sekali atau dua kali seminggu sebagai tindakan pencegahan. dan kami kadang-kadang menambah  sayuran harian sedikit dan / atau membilas sayuran tsb sebelum memberikannya untuk memberikan asupanair ke dalam sistem kelinci yang mana dalam sayuran banyak mengandung air.


Pakan Dasar Kelinci
Pelet dan rumput: Untuk kelinci di bawah satu tahun pakan rumput(sebanyak yang mereka mau), segar, serat tinggi (18-20%), protein mid-range (14% - 16%) pelet.


rumput adalah faktor terpenting dalam pakan kelinci. rumput adalah sumber serat utamanya, yang berperan penting dalam menjaga usus agar tetap berfungsi dengan baik. Hay memiliki manfaat tambahan sebagai bahan yang bagus untuk  mengunyah yang diperlukan untuk menjaga kesehatan gigi. Gigi kelinci tumbuh terus menerus sepanjang hidupnya dan penting bagi kami untuk menyediakannya dengan bahan-bahan kunyah yang aman seperti jerami  untuk membantu membuat gigi kelinci tetap rapi.

Sayuran dan Buah: Penting untuk memberi kelinci  variasi sayuran segar setiap hari untuk membantu menyeimbangkan kebutuhan nutrisi dalam makanannya. Untuk membuat Pastikan kelinci  mendapatkan nutrisi yang diperlukan, berikan padanya setidaknya tiga sayuran berbeda setiap hari dan pastikan satu atau lebih mengandung Vitamin A.

Meskipun  kadang-kadang memberi kelinci  sedikit buah , sangat penting bagi kita untuk membatasi asupannya.   Jangan pernah memberi buah pada pakan kelinci secara berkebihan. Terlalu banyak gula dapat membuat kelinci  gemuk, karena kelebihan energi (produk sampingan dari konsumsi gula) dikonversi menjadi - lemak!

Memberi makan kelinci  sejumlah pelet serat tinggi, banyak rumput segar dan beragam sayuran segar setiap hari adalah faktor utama dalam menjaga kelinci  tetap sehat. Ingatlah bahwa keseimbangan waktu sama pentingnya dengan diet kelinci  seperti halnya keseimbangan gizi. Penting untuk membagi pelet dan sayuran di antara waktu makan pagi dan malam, sambil memiliki jerami dan air segar tersedia setiap saat. Dan ingat, olahraga sama pentingnya dengan diet dalam menjaga kelinci (usus) berfungsi dan sehat. Kelinci harus melakukan olahraga kng minimal 3 - 5 jam setiap hari.

Lakukan semua perubahan pola makan secara perlahan. Perubahan cepat pada pola pakan dapat menyebabkan diare atau pertumbuhan berlebih dari bakteri jahat di usus. Perlu diingat juga bahwa kelinci yang berbeda memiliki kebutuhan makanan yang berbeda pula. Kelinci yang lebih muda, kelinci tua, ras yang lebih kecil seperti Dwarf, ras besar seperti Flemish Giant dan kelinci berambut panjang semuanya memiliki kebutuhan yang berbeda dan  harus berkonsultasi dengan para peternak  Kelinci yang lebih pengalaman untuk informasi yang lebih spesifik.