Skip to main content

PANDUAN MEMELIHARA KELINCI PEDAGING DI RUMAH

Kalian mungkin bertanya mengapa daging kelinci? Saya akan membahas dasar-dasar mengapa saya percaya semua orang harus memelihara kelinci pedaging di rumah.  saya hanya akan menuliskan beberapa alasan mengapa setiap orang harus memelihara kelinci.

MENGAPA KELINCI?


  1. Daging kelinci sangat tinggi protein dan sangat rendah lemak dan kolesterol
  2. mencicipi daging kelinci yang sehat tanpa obat dan hormon
  3. Kelinci mudah dipelihara! bahkan mengerjakan memberikan makan dan minum hanya akan memakan waktu beberapa menit di pagi dan sore hari dan waktu di akhir pekan untuk membersihkan kandang, bahkan anak-anak dapat melakukan pekerjaan ini.
  4. Kelinci dapat dibesarkan di daerah pedesaan dan pedesaan tenang dan bersih tidak ada yang akan tahu Anda memiliki persediaan daging sendiri didalam rumah
  5. Kelinci memiliki tingkat reproduksi tinggi.
  6. daging kelinci mudah dimasak hanya butuh 15 menit kelinci dari kandang ke freezer (atau panggangan) Kelinci bisa dimasak dengan berbagai cara, resep ayam pun bisa diubah menggunakan kelinci sebagai pengganti ayam
  7. Kelinci  akan siap untuk dipotong dalam 8 hingga 12 minggu dengan 50% hingga 65% daging dari berat hidup
  8. Kelinci akan tumbuh dengan baik dan makanan yang tidak bersaing dengan makanan yang ditanam untuk makanan manusia. memelihara kelinci adalah cara murah untuk memasok daging sehat yang baik untuk keluarga Anda
  9. Kelinci memiliki produk sampingan lain yang bagus untuk di jual.. Kotoran terbaik tahu bagi tanaman, kulit yang bagus untuk selimut, topi, sarung tangan dan kerajinan lainnya, 


Kandang Untuk Kelinci

Ada banyak jenis dan model kandang atau kandang. knadang yang dibutuhkan akan tergantung pada iklim, lokasi dan jumlah uang yang Anda miliki. Tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk membangun kandang. Saya melihat beberapa kelinci terbaik yang dibesarkan di kandang terbuat dari kayu bekas dan beberapa kandang bambu. kamu harus membuat kandang yang memungkinkan pemberian makan, penyiraman, dan pembersihan yang mudah. Kandang bersih berarti kelinci bersih! Sebagian besar kandang kelinci terbuat dari kawat, ini memudahkan pembersihan dan lebih tahan lama dibandingkan kandang yang terbuat dari bahan lain. Kawat lantai biasanya 1/2 ″ x 1 ″ dan sisi dan puncaknya adalah 1 ″ x2 ″ kawat. Inilah yang mereka gunakan di sebagian besar kelinci pedaging.

Kandang luar yang paling umum biasanya terbuat dari kayu dan kawat,  Penting untuk membuat kandang yang memiliki perlindungan dari semua predator bahkan anjing dan kucing. Ventilasi yang tepat adalah suatu keharusan ketika kelinci dibesarkan di dalam atau keluar, tetapi pastikan kelinci tidak terkena angin. Kelinci bisa tahan terhadap cuaca dingin  dari pada cuaca panas. Setelah kelinci  mulai tumbuh dewasa, mereka harus dipisahkan untuk memastikan Anda memiliki ruang ekstra.

Kelinci dapat ditampung dan dibesarkan dengan berbagai cara seperti dalam pengaturan koloni,  beberapa kelinci dibiakkan dan dibesarkan dalam kandang atau di padang rumput. Terserah Anda untuk memutuskan bagaimana  ingin memelihara kelinci, periksa peternak lainnya dan bagaimana mereka memelihara kelinci mereka.

Memberi Makan Kelinci-

Memberi makan kelinci mungkin merupakan bagian terpenting dari memelihara kelinci, juga yang paling banyak diperdebatkan. karena Inilah yang mengontrol kesehatan dan kondisi kelinci . Kebanyakan orang yang mulai dengan memelihara  kelinci memberi makan berlebihan pada awalnya karena terlalu bersemngat dang ingin sekali kelincinya cepat besar. Memberi makan sekali sehari sudah cukup, hanya pada kondisi kehamilan kelinci membutuhkan makanan tambahan. Selalu memberi makan pada jadwal rutin, kelinci menjadi terbiasa dengan jadwal makan yang ditetapkan dan akan menjadi gelisah dan gelisah ketika jadwal tidak dijaga.

Pasokan air yang selalu ada adalah suatu keharusan dan harus diubah setiap hari.  Ketika kamu baru pertama kali membeli kelinci  pastikan untuk bertanya pakan apa yang mereka gunakan, cobalah untuk mendapatkan merek pakan yang sama dari toko pakan atau membeli beberapa dari peternak. Jika kamu berencana untuk mengganti merek pelet kelinci, pastikan untuk mencampur beberapa pakahn  baru dengan merek pelet lama selama beberapa minggu sebelum beralih ke pakan  baru sepenuhnya.

Setiap perubahan pola makan kelinci, harus dilakukan perlahan! Pelet kelinci biasanya berwarna coklat tua dan memiliki persyaratan gizi untuk menghasilkan kelinci yang sehat dan pertumbuhan yang sangat baik pada usia muda. . Pelet mudah diberi makan dan membutuhkan lebih sedikit tenaga kerja daripada pemberian pakan alami atau  rumput karena kita harus ngarit.

Rumput kering adalah salah satu item terpenting dalam pakan kelinci, harus diberi makan dalam jumlah yang tidak terbatas. Seekor kelinci yang hanya diberi dosis pelet kelinci komersial tidak mendapatkan serat yang cukup panjang untuk menjaga usus tetap baik, serat rumput yang panjang mendorong makanan melalui usus pada kecepatan yang tepat. Hay juga baik untuk mencegah impaksi usus yang disebabkan oleh rambut yang dicerna.

Sayuran segar membantu menjaga kandungan usus terhidrasi,  Jika kelinci Anda menunjukkan tanda-tanda masalah perut, seperti tinja berlendir, hindari pelet dan sayuran dan beri makan hanya rumput kering  sampai tinja mengeras.

Pakan hijau adalah makanan alami kelinci  kaya akan mineral protein dan vitamin, lunak dan lembut sehingga mudah dicerna.  Kelinci dapat diberi makan banyak jenis sayuran hijau, termasuk kliping rumput, kubis, kangkung, gulma , limbah dari sayuran dari kebun,  pangkasan dari pohon buah-buahan, tanaman merambat ubi jalar dan banyak lagi. Pakan hijau apa pun yang tidak dimakan harus dikeluarkan dari kandang setiap hari.

perkembangbiakan kelinci

Kelinci ukuran sedang  siap berkembang biak ketika mereka mencapai usia 5 hingga 8 bulan  Ketika melihat kelaminnya lembab dan merah muda cerah sampai warna kemerahan sampai ke ujung berarti indukan  siap untuk berkembang biak. Saat siklus berkurang, kelamin menjadi ungu cerah. Kelinci adalah ovulator yang diinduksi, yang berarti ovulasi tidak terjadi sampai kawin yang sebenarnya terjadi. Selalu bawa induk betina ke kandang pejantan.  Rasio satu pejantan untuk setiap 10 betina, pejantan dapat dikawinkan hingga 7 kali seminggu secara efektif. Sang betina biasanya menerima (mengangkat ekornya dan mengangkat ujung belakangnya) jantan akan menaikinya dan kemudian ia akan jatuh ke samping atau bahkan mundur,

Dalam satu menit dia akan segera kembali untuk mengulangi perkawinan. Saya biasanya mengembalikan induk betina ke kandang jantan untuk pembiakan kembali 6 sampai 12 jam setelah kawin pertama.  Waktu kehamilan adalah 29 hingga 32 hari, biasanya tepat pada hari ke 31.

Anda harus memeriksa  kehamilan antara hari ke 10 dan 14 setelah perkawinan. Cara terbaik adalah meraba dengan memeriksa perut bagian bawah induk betina dengan ibu jari dan jari telunjuk memeriksa nodul seukuran kelereng atau disebut juga palpasi pada kelinci. Cara lain adalah membawanya kembali ke kandang pejantan dan jika dia berlarian menggeram dan berusaha menghindari pejantan, dia kemungkinan besar hamil.

Periode kehamilan kelinci 31-32 hari. Kotak sarang harus dimasukkan ke dalam kandang pada hari ke 27 dari saat indukan dikawinkan (ingat catatan perkawinannya). Isi kotak sarang 1/2 hingga 3/4 penuh dengan bahan bersarang seperti  jerami, serutan, daun kering dll. Saya juga menaruh beberapa bahan bersarang di kandang sehingga induk betina dapat mengambil beberapa untuk ditambahkan ke kotak sarangnya. induk betina akan membuat sarangnya dan pada saatnya dia  akan menarik bulu.
 .
Seekor indukan betina hanya merawat dan menyusui anaknya yang masih kecil satu atau dua kali sehari hanya selama 2-5 menit. Jika doe tidak memberi makan mereka, letakkan doe di kotak sarang dan pegang dia sampai anakan mulai menyusu.

anakan kelinci lahir akan tumbuh sangat cepat, dalam waktu sekitar 2 minggu mata mereka akan terbuka dan dalam 3 minggu akan mulai meninggalkan kotak sarang. Anda dapat menyapih anakan dari 4 minggu paling awal dan paling lambat 8 ​​minggu. Sangat penting untuk menjaga indukan dan anakannya tetap pada pakan banyak dan  air segar agar semuanya sehat. Kelinci muda harus berbobot 1,3 kg pada usia 8 minggu.

Sumber : kelincimania


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar