Skip to main content

Tips merawat kelinci di halaman belakang rumah

itulah kelinci hewan mungtil yang sangat bagus untuk menghasilkan sumber daging atau sumber protein bagi keluarga kecil kita. Banyak daging yang dikonsumsi oleh keluarga kecil akan tetapi tidak membutuhjan banyak ruang. Nah mungkin ada yang tertarik juga untuk memelihara kelinci pedaging sebagai sumber protein hewani dirumah, atau mungkin bosan dengan menu protein hewani yang dari daging ungas terus.

10 Tips Merawat Kelinci Daging dikandang

Jika anda tertarik untuk beternak kelinci pedaging maka ada beberapa hal penting untuk merawat dan membutuhkan perhatian yang sangat besar, diantaranya adalah

Selalu bersihkan kandang mereka. Sudah pasti bahwa memelihara kelinci membutuhkan kandang, saya dulu mengunakan kandang koloni untuk memelihara kelinci namun kelemahannya adalah sangat sulut sekali untuk mengendalikannnya dan sulit sekali untuk mngawasi jika terjadi serangan penyakit. Dan juga kandang koloni sangat rentang sekali dengan penyakit koksiodiosis. Maka dari itu kami akhirnya membuat kandang batrai dan menempatkan mereka tersendiri.


Nah jika keputusan yang diambil adalah memelihara kelinci dengan mengunakan kandang batrai maka kebersihan kandang merupaka hal yang sangat harus di perhatikan. Usahakan kotoran kelinci jatuh kebawah agar mudah kita bersihkan.
Terkadang yang masih memakai pakan rumput, rumput ini akan berceceran di bawah kandang yang akan menimbulkan suasana kandang kelinci yang sangat kotor sekali.

selalu amati bagian telinga kelinci

Yang kedua selalu amati bagian telinga kelinci, terkadang penyakit scabies selalu menyerang bagian telinga kelinci. Akan tetapi tidak usah khawatir jika memakai pellet, penyebab scabis pada kelinci biasanya di bawa oleh rumput kedalam kandang, jadi yang tidak memeakai rumput tidak usah khawatir dengan hal ini.
Yang ketiga ada yang menyarankan untuk memeotong kuku kelinci akan tetapi bagli kelinci pedaging hal in9 tidaklah perlu, pemotongan kuku kelinci hanya berlaku untuk jenis kelinci hias saja, kelinci hias sering sekali di gendong oleh pemiliknya maka dari itu kukunya yang tajam wajib hukumnya untuk di potong agar tidak melukai nantinya.

Yang keempat adalah khusus untuk indukan kelinci beri mereka ruanga untuk selonjoran, kenapa .. karena dengan banyak selonjoran maka tulang punggung kelinci akan lurus,, kenapa jika lurus.. maka anakannya akan banyak,, lha kok bisa.. silahkan di baca pada artikel2 sebelumnya.

Oh iya tambahan lagi jika kandang kelinci kamu beralaskan kawat maka beri bambu untuk alas kaki kelinci supaya terhindar dari luka pada kaki kelinci atau biasa di sebut shorehock. Ingat jangan berlaku kejam pada kelinci pedaging walupun nanti tujuan mereka adalah disembelih kita tidak boleh memperlakuknnya seperti peternakan yang ada di luar negeri. Dan ingat kelinci kita besarkan untuk kebutuhan daging dan kelinci harus dalam kondisi sehat pastinya. Alas bamboo juga bertujan untuk mereka melakukan peneratan supaya gigi mereka tidak terus menerus tumbuh.

beri indukan kotak sarang atau kotak untuk beranak

Kemudian yang kelima adalah beri indukan kotak sarang atau kotak untuk beranak, jika kita telah melakukan palpasi dan hasilnya positif maka satu minggu menjelang kelahiran induk kelinci maka segeralah berikan kotak beranak agar kelinci tidak stress. Tidak usah memberi jerami di kotak sarang terlebih dahulu, jerami bisa kita berikan ketika 3 hari menjelang kelahiran induk kelinci. Karena jika kita menaruh jerami di awal, sudah di pastikan akan bercampur dengan kotoran kelinci yang sangat menganggu sekali dan ini akan membuat kelinci beranak di luar kotak beranak.

Yang keenam selalu lindungi kelinci kamu dari serangan para pemangsa, contohnya seperti ular anjaing dan tikut yang memangsa anakan kelinci yang masih kecil. Walaupun kelinci berada didalam kandang wajib hukumnya untuk melindungi mereka dari bahaya yang mengancam kondisi jiwanya, mereka akan stress berat dan akhirnya mati, apapunpun itu yang membuat kelinci stress harus kita hindari.

Kemudian jangan lupa untuk memberikan mereka kebutuhan gisi yang bagus, serta makanan yang lengkap, dengan pellet maka semuanya sudah teratasi maka dari itu selalu g,unakan pellet kelinci jika kita ingin terjun ke peternakan kelinci pedaging.

Nah sellanjutnya adalah ketersedian air yang terus menerus selalu ada sebbaiknya jika memakai pakan pellet maka air minum harus selalu tersedia ini wajib hukumnya, karena jika masih memakai hijauan maka kelinci bisa mengambil kebutuhan airnya dari hijauan tersebut, nah kalo pellet amabul airnya dari mana, maka ketersediaan air sangat penting jika kita memakai pakan pellet kelinci. Apalagi jika kelinci posisi sedang menyusui mereka akan minum banyak sekali air untuk mencukupi kebutuhan air, terkadang dalam satu hari kelinci bisa jabis minum air sebanyak satu liter.,

Kemudaia selanjutnya adalah latihan untuk kelinci kenapa timbul saran seperti ini, agar kelinci tidak kegemukan, lha kitakan tujuan beternak kelinci pedagging untuk di ambil dagingnya tentu jika kelinci gemuk2 ini akan menjadi keuntungan buat kita. Maka saya tidak menyrankan kelinci untuk dilepas supaya mereka berlarian agar sehat. Ini tidaklah perlu dilakukan. Memmang benar untuk kelinci indukan yang kegemukan maka akan terjadi banyak sekali masalah dari kesehatan kelinci sampai kelinci yang susah sekali untuk berproduksi. Akan tetapi tenag saja tidak perlu mereka kita lepas supaya berlarian kesana kemari, ini tentu akan sangat merpotkan sekali jika jumlah indukannya banyak, soluksinya adalah kita tingkatkan saja kadar serat yang ada didalam kandungan pellet kelinci kita, maka dari itu sangat penting sekali untuk bisa formulasi pellet kelinci.

Mungkin ini dulu dari saya, ini hanyalah review dari artikel2 saya sebelumnya, jika mau lebih lengkap silahkan buka post2 saya di tahun lalu.