Skip to main content

Beberapa pestisida yang saya gunakan untuk mengatasi hawa ulat dan wereng saat musim tanam padi

Kerena terjadi serangan hama dilahan padi milik tetangga yang bersebelahan dengan lahan saya maka saya berinisiatif untuk melakukan pencegahan dengan cara penyemprotan menggunakan beberapa insektisida atau racun untuk serangga dan ulat,

Yang pertama saya pakai BESVIDOR 25WP, merupaka racun insetisida yang berbentuk tepung saya gunakan untuk membunuh ulat selain ditanaman padi saya juga gunakan di tanaman jambu madu delli untuk membasmi ulat. bisa juga untuk membasmi wereng coklat dan hama walang sangit pada tanaman padi.


Kemudian saya campurkan dengan pestisida lainnya SPONTAN 400 SL  yang bisa mengatasi pengerek batang pada tanaman padi juga sekalian bisa mengendalaikan hama lalat buah pada tanaman jambu madu delli.


Untuk dosisnya bisa melihat pada kemasannya atau seperti saya dengan 3 sendok BESVIDOR 25WP dan sebanyak 3 tutup botol SPONTAN 400 SL, awalnya campurkan dengan air diember terlebih dahulu lalu aduk sampai merata dan kemudian masukkan kedalam tangki dan tambahkan air sebanyak kapasitas tangki yaitu 14 liter.

Penyemprotan yang  paling baik adalah sekitar jam 8 sampai jam 10 pagi. jangan sampai terlalu siang karena jika waktu sudah terik disiang hari maka wereng coklat akan bersembunyi dan tidak akan terjadi kontak dengan insektisida yang kita semprotkan, nah cara penyemprotan yang baik tidak hanya dari atas saja akan tetapi dari bawah keatas juga perlu dilakukan penyemprotan yaitu dari batang bawah sampai ke atas karena jika sudah terik wereng ini akan menetap pada pangkal batang.